Cara Mudah Mencari Niche Relevan Untuk Blog Anda

Anda boleh saja membangun blog yang membahas berbagai masalah. Itu berarti Anda membangun sebuah blog yang generalis atau gado-gado. Namun sebaiknya --ini sekedar saran-- Anda memilih bidang tertentu untuk Anda kuasai secara mendalam, misalnya membuat blog dengan tema khusus seperti online marketing, gaya hidup, teknologi, kecantikan, kulinerpolitik, lingkungan dan sebagainya. Dengan demikian tulisan pada blog Anda akan mendalam, memiliki kualitas memadai.

Cara Mudah Membangun Blog Niche

Penentuan bidang spesialis juga memudahkan kita dalam memilih niche blog atau artikel di media-media yang akan kita baca, telaah dan kliping.

Menentukan niche blog sesuai bidang spesialisasi dapat mengacu pada bidang apa yang kita kuasai secara akademis. Seorang pakar di bidang Internet Marketing akan dengan mudah menentukan spesialisasinya di bidang Internet Marketing. Demikian juga dengan  arsitek bisa dengan mudah mengisi konten blog-nya dengan masalah arsitektur dan seterusnya.

Biasanya Akun Anda akan mendapat "proses approval" yang sangat cepat dari Tim Google Adsense jika blog Anda memiliki kualitas konten lebih lanjut tentang Teknologi Informasi, Lifestyle, Internet Marketing, Bisnis, Hukum, Travel dan Media Sosial. 

Jika merasa tidak menguasai bidang apa pun secara khusus dan mendalam, tentukanlah sekarang juga, lalu pelajari dasar-dasar teoritisnya. Penuhi perpustakaan pribadi Anda dengan buku-buku dan artikel atau berita seputar itu. Misalnya Anda akan membangun sebuah blog tentang ekonomi, maka pertama-tama Anda harus menguasai dasar-dasar ilmu ekonmi dan membaca sebanyak mungkin buku atau artikel dan berita ekonomi.

Demikian juga jika ingin membuat blog masalah agama (Islam), Anda harus menguasai --minimal dasar-dasar Agama Islam--  sejarah Islam, ruang lingkup ajaran Islam, istilah-istilah dalam al-Quran dan Hadis, minimal khatam alQuran dan rutin mengikuti majelis-majelis taklim untuk menambah wawasan yang lebih luas.

Lihat juga