4 Hal Mengapa Blog Harus Dibackup

Yang dimaksud dengan backup blog adalah membuat data cadangan blog dan menyimpannya di tempat lain dengan aman di mana data hasil backup tersebut dapat direstore kembali apa bila suatu saat dibutuhkan. Pertanyaannya mengapa dan bagaimana cara backup blog dengan mudah?

Alasan dan Cara Backup Blog Dengan Mudah

Seiring berjalannya waktu,  aktivitas blogging (walau tidak dapat dikatakan kompleks) hari demi hari akan membuat blog berkembang sedemikian rupa. Kita tidak memiliki jaminan apapun tentang penyimpanan data online secara permanen. Jadi tanpa melakukan backup artinya Anda telah mengambil resiko kehilangan data secara tidak terduga.

Adapun beberapa kejadian penyebab blog terhapus dan hilang tanpa bisa direstore kembali dijelaskan berikut ini.

Google Penalty

Sebelumnya Google menghukum sebuah blog dengan mendegradasi peringkat halaman atau menghapusnya dari halaman hasil pencarian. Tapi kini Google menghapus blog tanpa peringatan terlebih dahulu sebagai bentuk hukuman kepada pemiliknya. Umumnya dilakukan pada aktivitas spam, praktek Black Hat SEO atau menyalin konten dari Blog lain. Jadi backup data blog segera agar waktu yang telah dihabiskan untuk membangun blog tersebut serta jerih payah Anda tidak sia-sia.

Serangan Hacker

Aktivas hacking oleh Hacker selalu aktif mengintip kelemahan blog Anda dan akan menyerang begitu mereka punya peluang. Sebagian besar blog dengan peringkat lebih tinggi disebabkan aktivitas hacking oleh Hacker, oleh sebab itulah blog harus dibackup.

Server Crash

Jika menggunakan hosting berbayar jangan pernah berfikir bahwa data blog Anda aman. Karena crash pada server dapat terjadi kapan saja dan Anda akan kehilangan semua data-data sekaligus. Ada beberapa server web hosting menyediakan layanan hosting gratis namun tidak menyediakan layanan backup data. Oleh karena itu backup data blog adalah langkah paling bijak.

Serangan Virus dan Malware

Serangan virus dan malware sangat berbahaya bagi blog karena Google akan menghapus blog yang terindikasi terkena serangan Malware. Biasanya terjadi pada saat menginstall kode baru atau script ke dalam blog misalnya script tambahan seperti script Random Post dan lain sebagainya. Sebagai contoh jika blog terinfeksi malware maka itu artinya Anda sedang menghadapi masalah besar. Kalaupun menghapus script tambahan sebagai penyebab, dan berhasil menghapus malware dari blog biasanya blog terlanjur terinfeksi kode-kode tertentu dan biasanya terinfeksi pula oleh program afiliasi iklan yang terhubung dengan server-server afiliasi iklan lainnya. Bila hal ini terjadi dapat dipastikan Google akan menghapus blog tersebut. Jadi backup blog Anda segera.

Cara Backup Blogspot

Kita dapat melakukan backup data-data blog dengan dua cara mudah dan sederhana.

Backup Blog dengan Tool Blog

1. Login ke akun Blogger dan buka Dashboard Blogger
2. Klik Setting lalu klik other Tab
3. Klik pada Export Blog selanjutnya file XML Blog akan disimpan

Alasan dan Cara Backup Blog

Backup Blog Melalui Google Takeout Service

Google telah memperkenalkan layanan Google Takeout  dimana kita dapat membuat backup untuk blog dengan mudah. Untuk membuat backup blog dengan Google Takeout lakukan langkah-langkah berikut:

1. Buka http://google.com/takeout dan log in dengan menggunakan akun Google Anda.
2. Kini klik Choose Services pada bagian atas.
3. Di bawah Select a Service pilih Blogger
4. Kini klik button Create Archieve

Alasan dan Cara Backup Blog Dengan Mudah


Dengan layanan Google Takeout Anda dapat dengan mudah memilah data-data blog ke dalam beberapa bagian, misalnya blog, gambar, Google Plus, You Tube dan masih banyak lagi.

Semoga dengan artikel ini dapat membantu membackup data-data blog yang memungkinkan untuk direstore kembali bila kelak dibutuhkan. Jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk memberi feed back dalam kolom komentar di bawah.

Lihat juga Download Gambar Gratis Untuk Blog