10+ Cara Memaksimalkan Kinerja HP Android untuk Main Game Berat

Hallo sobat seoblog, pada kesempatan ini admin seo akan membahas salah satu hal yang menarik yaitu Tips Cara Memaksimalkan Kinerja HP Android untuk Main Game Berat serta menaikkan FPS .

Bermain game di ponsel adalah cara yang bagus untuk menghabiskan waktu terhubung dengan teman-teman dari seluruh dunia. 

Satu hal yang diinginkan setiap pengguna adalah pengalaman bermain game yang lebih baik di Android karena terkadang perangkat cenderung lag, yang dapat merusak kesenangan bermain game. 

Nah kebetulan dsini kami akan membahas beberapa cara untuk Kamu dapat meningkatkan kinerja hp untuk memainkan game di Android Kamu lebih lancer dan anti lag.

Cara Memaksimalkan Kinerja HP Android untuk Main Game Berat Tanpa Lag

Cara Memaksimalkan Kinerja HP Android untuk Main Game Berat

Artikel lainnya:

Hapus Data dan Cache Aplikasi

Data cache, dalam istilah sederhana, adalah detail yang disimpan komputer/smartphone Kamu saat Kamu mengunjungi beberapa situs web atau aplikasi. Biasanya berisi data yang tidak diperlukan tetapi memakan ruang dan secara bersamaan, yang berkontribusi pada perlambatan ponsel Kamu. 

Pembersihan data cache secara teratur dapat menghasilkan pengalaman bermain game yang lebih baik karena file sampah dibersihkan. Tip ini sangat membantu dalam meningkatkan pengalaman bermain game di perangkat Android.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Kamu dapat menghapus data yang di-cache untuk memungkinkan aplikasi Android Kamu berjalan lebih cepat.

  • Langkah satu: Buka Pengaturan, lalu klik opsi Penyimpanan.
  • Langkah kedua: Klik Data Cached, dan hapus untuk semua aplikasi.

Note: Kamu juga dapat menggunakan opsi Kelola Aplikasi untuk menghapus data cache secara individual untuk setiap aplikasi.

Nonaktifkan dan Uninstal Aplikasi Bawaan yang Tidak Penting

Ada beberapa aplikasi di perangkat Android Kamu yang terintegrasi. Kamu tidak dapat mencopot atau menghapus aplikasi ini. Bahkan kill task tidak akan mematikan menjalankan aplikasi ini di latar belakang. 

Aplikasi bawaan mengambil banyak memori dan dapat menyebabkan ponsel Kamu berjalan lebih lambat. Kamu dapat menonaktifkan aplikasi bloatware tersebut untuk meningkatkan pengalaman bermain game.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini, Kamu dapat menonaktifkan aplikasi bloatware yang tidak perlu dan meningkatkan kinerja game di Android.

  • Langkah satu: Buka opsi Baterai dan Performa di ponsel Kamu.
  • Langkah dua: Lalu pergi ke Penggunaan Daya, dan akan ada daftar aplikasi dan persentase baterai yang sedang dikonsumsi.
  • Langkah ketiga: Klik pada aplikasi yang ingin Kamu cegah agar tidak berjalan di latar belakang dan kemudian klik Force Stop. Ini akan menghentikannya berjalan di latar belakang dan menghabiskan baterai.
  • Langkah empat: Klik Nonaktifkan, dan itu akan menonaktifkan aplikasi dan mencegahnya bekerja, dan itu akan dihapus dari laci aplikasi.

Aktifkan Rendering GPU

Untuk Cara Memaksimalkan Kinerja HP untuk Main Game Berat kalian juga bisa mencobamengaktifkan rendering GPU yang mana alih-alih CPU, GPU akan melakukan pekerjaan yang terkait dengan grafik.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Kamu ambil untuk memungkinkan rendering GPU di perangkat Kamu.

  • Buka opsi Pengaturan untuk Opsi Pengembang yang ada di perangkat Kamu.
  • Jika Kamu tidak memiliki opsi Pengembang di perangkat Kamu, buka Tentang ponsel dan klik 5 hingga 7 kali pada Nomor Pembuatan.
  • Kemudian Kamu akan melihat pesan pop-up yang mengatakan, “Kamu adalah pengembang sekarang.”
  • Kembali ke Pengaturan dan lihat Opsi Pengembang.
  • Klik di atasnya dan pergi ke Accelerated Rendering in Hardware. Ubah pengaturan rendering ke Force GPU.

Kurangi Animasi

Dengan mengurangi jumlah animasi, serta transisi, Kamu dapat Memaksimalkan Kinerja HP untuk Main Game Berat di Android. Perangkat Android biasanya menampilkan animasi saat beralih antar aplikasi atau menjelajah. 

Ini bisa menjadi alasan di balik kelambatan Android Kamu selama bermain game dan kinerjanya secara keseluruhan. Kamu dapat menonaktifkan animasi untuk meningkatkan pengalaman bermain game di Android. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, animasi tersebut dapat dinonaktifkan.

Catatan: Ikuti 4 langkah pertama Rendering GPU.

Kemudian, dengan mengetuk Skala Animasi Transisi sekarang, Kamu dapat mematikannya atau menurunkannya.

Hindari Penggunaan Wallpaper dan Widget Live

Widget dan wallpaper hidup menghabiskan banyak memori dan menyebabkan ponsel menjadi lambat dan lambat. 

Membuat layar beranda Kamu bersih dari wallpaper dan Live widget adalah semua yang perlu Kamu lakukan. Ini adalah salah satu cara paling efektif untuk Memaksimalkan Kinerja HP untuk Main Game Berat di Android Kamu.

Instal Aplikasi Game Booster dan Hapus Background App

game booster android

Satu-satunya fungsi Kill task adalah menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Ada suatu masa ketika diasumsikan bahwa kill task dapat meningkatkan cadangan baterai dan dapat menghasilkan kinerja android yang optimal.

Tapi hari ini, Android telah disempurnakan sejauh dapat menjalankan aplikasi latar belakang tanpa banyak mempengaruhi output perangkat Kamu. Menggunakan kill task untuk mem-boot aplikasi dapat menghabiskan lebih banyak baterai dari ponsel Kamu saat Kamu memaksa aplikasi untuk dimatikan berulang kali.

Selain itu, Android akan secara otomatis menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang yang sudah lama tidak digunakan atau mengganggu kelancaran pengoperasian ponsel. Kelemahan utama menggunakan kill task game adalah Kamu dapat melewatkan pesan dan peringatan penting.

Aplikasi tersebut hanya akan mengganggu layanan latar belakang saat Kamu bermain. Aplikasi penguat permainan membantu memastikan Kamu tidak melewatkan pesan penting dan pembaruan setiap hari. 

Aplikasi ini membantu mengoptimalkan penggunaan RAM, CPU , dan baterai yang meningkatkan pengalaman bermain game Kamu di Android. 

Ini membantu mengurangi kelambatan dan meningkatkan komputer untuk menghasilkan kinerja maksimal untuk bermain game. Play Store memiliki banyak sekali aplikasi game booster yang dapat meningkatkan pengalaman bermain game Kamu.

Artikel lainnya:

Update Os Sistem

Untuk memiliki pengalaman bermain game yang lebih baik di Android, penting untuk memperbarui sistem operasi Android Kamu secara teratur. Di ponsel android, ada pembaruan aplikasi reguler yang tersedia, dan memperbaruinya berarti Kamu mendapatkan hasil yang lebih cepat dan lebih baik.

Ini membantu untuk memperbaiki bug dan masalah panas yang sangat umum selama sesi permainan yang panjang. Namun, sebelum memperbarui sistem, telusuri ulasan online karena pembaruan ini mungkin jarang memiliki bug yang akan memperlambat kinerja dan membuat ponsel Kamu terlalu panas.

Dengan mengikuti langkah-langkah dasar tersebut, Kamu dapat memperbarui sistem operasi Android Kamu.

  • Langkah satu: Buka opsi Pengaturan perangkat Android Kamu, dan klik Tentang ponsel.
  • Langkah dua: Klik tombol Perbarui pada perangkat dan periksa apakah ada peningkatan.
  • Langkah ketiga: Jika pembaruan tersedia, klik Unduh Pembaruan, dan Kamu akan mengunduh pembaruan perangkat lunak ke perangkat Kamu.
  • Langkah Empat: Sekarang, klik instal untuk menginstal pembaruan perangkat lunak.
  • Langkah Lima: Setelah mengklik install, perangkat Kamu akan meminta izin untuk reboot, izinkan perangkat Kamu untuk reboot dan perangkat Kamu akan diperbarui.

Catatan: Pastikan ponsel Kamu memiliki cukup ruang dan baterai untuk mengunduh pembaruan dengan mudah sebelum memperbarui sistem Android Kamu.

Update Versi Game

Hal lain yang dapat membantu Kamu mendapatkan pengalaman bermain game yang ditingkatkan adalah memperbarui game secara berkala. Pengembang secara berkala memperbaiki bug dan kesalahan yang mungkin ditemukan di aplikasi. Namun, sebelum memutakhirkan, periksa ulasan pengguna karena dilakukan secara online untuk memastikan tidak ada gangguan dalam pembaruan.

Reset Pengaturan Pabrik

Factory Reset mengembalikan ponsel Kamu ke keadaan dan pengaturan aslinya. Dengan kata lain, Kamu membuat ponsel Kamu seperti baru saat Kamu membelinya. 

Ini mengatur ulang semua pengaturan dan menghapus semua data yang disimpan di ponsel Kamu. Namun, jika Kamu telah memesan data secara online atau di komputer lain, reset pabrik seharusnya hanya dilihat sebagai opsi untuk meningkatkan pengalaman bermain game.

Langkah-langkah berikut akan membantu Kamu mengembalikan Ponsel Android Kamu ke pengaturan pabrik/default.

  • Buka Pengaturan dan pergi ke Tentang telepon.
  • Klik opsi Backup & Reset dan klik opsi Factory Reset
  • Itu harus ditunjukkan apakah seluruh sistem akan dibersihkan, atau hanya pengaturannya.
  • Klik Hapus Semuanya dan Konfirmasi.

Instal Custom ROM

custom rom gaming nusantara project

Pabrikan menyediakan semua perangkat Android dengan sistem operasi bawaan. Ini dikenal sebagai ROM stok. Fungsi yang dilakukan oleh ROM stok ini dapat membatasi, karena pabrikan memodifikasinya. Namun demikian, ROM pada perangkat Android Kamu dapat dimodifikasi dan sepenuhnya akan mengubah cara sistem Kamu beroperasi.

Kode dasar untuk ROM Android adalah kode sumber terbuka yang dapat diubah sesuai dengan kebutuhan pengembang. Kamu dapat menyesuaikan ROM Kamu sendiri yang akan berkontribusi pada peningkatan pengalaman bermain game di Android. Gamer dan pengembang inti yang bersemangat mengembangkan Custom, yang dapat diakses dengan mudah.

Namun, ROM khusus juga dapat menyebabkan bricking. Ini berarti komputer Kamu bisa rusak secara permanen dan berfungsi sebaik batu bata. Karena itu garansi Kamu juga dapat dibatalkan. Trik seperti Overclocking dan Memasang ROM kustom memiliki kelebihan jika berhasil, tetapi jika terjadi kesalahan, itu juga dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan.

Lakukan Overclocking

Overclocking Android adalah salah satu cara untuk meningkatkan kinerja perangkat Android. Ini berarti Kamu memanfaatkan sistem Kamu sebaik-baiknya dengan meningkatkan frekuensi CPU Kamu sebagai lawan dari apa yang direkomendasikan pabrikan. 

Dengan kata lain, jika CPU Kamu berjalan pada 1,5 GHz, maka Kamu mendorongnya untuk berjalan pada 2 GHz, memastikan pengalaman bermain game yang lebih cepat dan lebih baik.

Overclocking adalah cara yang efektif untuk mempercepat perangkat Android Kamu; itu tidak cukup direkomendasikan. Pertimbangkan overclocking sebagai pilihan terakhir Kamu karena dapat menyebabkan garansi Android Kamu dibatalkan, dan jika terjadi kesalahan, itu akan menyebabkan ponsel rusak total. 

Kalian bisa melakukan dengan mengikuti Cara Overclock Hp Android Untuk Meningkatkan Performa Maksimal CPU di seoblog.id

Sebagai tambahan, bahkan jika Kamu berhasil melakukan overclock perangkat Kamu, itu akan mengurangi masa pakai baterai Kamu hingga 15-20 persen saat Kamu meningkatkan kecepatan CPU Android Kamu. Perlu rooting juga. Silakan dan cari apakah Kamu suka bermain game, tetapi ingatlah semua kekurangannya sebelum Kamu melakukannya.

Semua trik dan tips ini dicoba dan diuji. Mereka akan membantu meningkatkan pengalaman bermain game Kamu di Android. Namun demikian, pertahankan opsi seperti overclocking, reboot, dan menginstal ROM khusus sebagai opsi terakhir Kamu karena dapat menyebabkan kerusakan permanen pada perangkat Kamu.