Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca (No SIM) dan Tidak ada Layanan Anti Ribet

Apakah kalian sedang mengalami masalah dengan kartu sim yang tidak terbaca atau tidak ada layanan? pastinya kesel dong? Nah jangan bingung, coba ikuti langkah Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca, Tidak ada Layanan Anti Ribet ala seoblog.id berikut ini.

Kartu SIM adalah bagian terpenting dari ponsel kita. Tanpa itu, kita tidak akan dapat memanfaatkan tujuan penggunaan ponsel, yaitu untuk melakukan dan menerima panggilan.. 

Selain itu juga kita tidak dapat terhubung ke internet dengan jaringan seluler. Dan pastinya sangat kesal jika smartphone Android kita tidak dapat mendeteksi kartu SIM.

Kamu mungkin mengalami pesan kesalahan seperti “Tidak ada kartu SIM” atau “Kartu SIM tidak terdeteksi” di perangkat kamu meskipun kartu SIM dimasukkan ke perangkat kamu. Percaya atau tidak, ini adalah masalah yang cukup umum dan dapat diselesaikan dengan mudah. 

Pada artikel ini, kita akan melalui serangkaian langkah yang dapat kamu ambil untuk memperbaiki kesalahan yang mengganggu ini. Jangan kehilangan harapan jika beberapa yang pertama tidak berhasil; kami memiliki banyak pilihan lain yang tersisa bagi kamu untuk terus mencoba.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca (NO SIM) Di Android

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca, No SIM

Artikel menarik lainnya:

1. Nyalakan Ulang Perangkat Kamu

Cara Pertama untuk Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca adalah dengan menggunakan solusi sederhana dan efektif untuk banyak masalah di Android yakni dengan matikan perangkat kamu dan hidupkan kembali atau gunakan opsi reboot. 

Yang perlu kamu lakukan hanyalah menekan lama tombol daya hingga menu daya muncul, lalu ketuk tombol reboot. 

Setelah telepon dihidupkan ulang, periksa apakah masalahnya telah teratasi atau belum. jika belum ikuti langkah selanjutnya.

2. Lepas Baterai dan Pasang Kembali

Memang hal ini tidak mungkin dilakukan di sebagian besar perangkat karena baterainya tidak dapat dilepas. Namun, jika kamu dapat melepas baterai di ponsel Kamu, maka kamu dapat mencoba ini. Cukup matikan perangkat kamu dan keluarkan baterai lalu pasang kembali.

Nyalakan kembali ponsel kamu dan periksa apakah kartu SIM mulai berfungsi dengan baik dan kamu dapat mengatasi kesalahan Tidak ada kartu SIM yang terdeteksi di Android.

3. Sesuaikan Kartu SIM Kamu

Mungkin karena beberapa alasan kartu SIM tidak pas dan karena alasan ini, perangkat kamu tidak dapat mendeteksi kartu. Solusinya sangat sederhana, kamu hanya perlu mengeluarkan kartu SIM dari baki SIM dan memasangnya kembali dengan benar.

Kamu juga dapat membersihkan kartu SIM dengan kain kering untuk menghilangkan partikel debu pada pin kontak.

Jika perangkat kamu sudah tua maka karena longgar menjadi penyebab kartu SIM tidak pas. kamu dapat mencoba menggunakan selembar kertas atau selotip untuk memastikan bahwa kartu SIM terpasang erat di slotnya.

4. Pilih Operator Seluler/Jaringan Secara Manual

Biasanya, smartphone Android secara otomatis mendeteksi kartu SIM dan terhubung ke opsi jaringan terbaik yang tersedia. Namun, jika kamu menghadapi masalah SIM/jaringan yang tidak terdeteksi, kamu dapat mencoba memilihnya secara manual. Untuk melakukan ini secara sederhana:

  • Buka Pengaturan telepon kamu.
  • Pilih Nirkabel dan jaringan .
  • Kemudian klik Jaringan Seluler .
  • Ketuk opsi Operator .
  • Alihkan opsi Otomatis untuk mematikannya.

Kemudian ponsel kamu akan mulai mencari jaringan yang tersedia dan menampilkan daftar jaringan di wilayah kamu. Klik salah satu yang cocok dengan perusahaan Operator kamu dan pilih kecepatan terbaik yang tersedia (sebaiknya 4G).

5. Pasang kartu SIM di ponsel lain

Untuk memastikan bahwa masalahnya bukan pada telepon kamu tetapi dengan kartu SIM Kamu, kamu dapat meletakkan kartu SIM di beberapa telepon lain dan melihat apakah itu terdeteksi. 

Jika kamu melihat masalah yang sama di perangkat lain, maka kartu SIM kamu telah rusak dan kemudian saatnya untuk mendapatkan yang baru.

cara mengatasi No Sim

Artikel lainnya:

6. Beralih Mode Pesawat

Solusi Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca lainnya adalah dengan mengaktifkan mode pesawat terbang dan kemudian mematikannya kembali dalam waktu singkat. Ini pada dasarnya mengatur ulang seluruh pusat penerimaan jaringan telepon kamu. 

Ponsel kamu kemudian akan secara otomatis mencari jaringan seluler. Ini adalah teknik sederhana yang terbukti cukup efektif dalam berbagai kesempatan. Cukup seret ke bawah dari panel notifikasi untuk mengakses menu cepat dan klik simbol pesawat.

7. Hubungi CS Provider

Terkadang ketika kartu SIM sudah lama digunakan, itu tidak lagi berfungsi dengan baik. Kadang-kadang perusahaan operator itu sendiri menarik kartu SIM lama dan menghentikan dukungan. Ada kemungkinan bahwa kamu menghadapi “Tidak ada kartu SIM yang terdeteksi ” karena alasan ini. 

Perusahaan sendiri telah mematikan koneksi jaringan aktif untuk SIM kamu. Dalam situasi ini, kamu perlu menghubungi layanan pelanggan. kamu dapat pergi ke toko terdekat untuk operator kamu dan bertanya kepada mereka tentang SIM kamu.

kamu bisa mendapatkan SIM baru sekaligus tetap menggunakan nomor yang sama, mentransfer data di kartu SIM Kamu, dan juga melanjutkan paket jaringan yang ada.

8. Jalankan perangkat dalam Safe Mode

Mungkin saja masalahnya disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga yang telah kamu instal di ponsel kamu. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan menjalankan perangkat dalam mode Aman. 

Dalam mode aman, hanya aplikasi sistem bawaan bawaan yang diizinkan untuk berjalan. Jika perangkat kamu dapat mendeteksi SIM dalam mode aman maka itu berarti masalahnya disebabkan oleh beberapa aplikasi pihak ketiga yang telah kamu instal di ponsel kamu. 

Untuk memulai ulang perangkat dalam mode Aman, ikuti langkah-langkah sederhana ini.

  • Tekan dan tahan tombol daya hingga kamu melihat menu daya di layar kamu .
  • Kemudian lanjutkan menekan tombol daya sampai kamu melihat pop-up yang meminta kamu untuk reboot dalam mode aman.
  • Klik oke dan perangkat akan reboot dan restart dalam mode aman .
  • Kemudian periksa apakah kartu SIM kamu terdeteksi oleh telepon kamu.
kartu sim tidak terdeteksi di HP

9. Ganti Kartu SIM

Smartphone modern telah mengurangi ukuran dari kartu SIM mereka. Ini berarti kamu harus mengurangi ukuran kartu SIM standar menjadi mikro atau nano tergantung kebutuhan. 

SIM yang dirampingkan menghilangkan area plastik ekstra di sekitar pelat emas. Ada kemungkinan bahwa saat memotong kartu SIM secara manual, kamu entah bagaimana merusak pelat emasnya. 

Hal ini mengakibatkan kartu SIM menjadi rusak dan tidak dapat digunakan. Dalam hal ini, yang dapat kamu lakukan hanyalah mendapatkan kartu SIM baru dan kemudian mendapatkan nomor yang sama yang di-porting ke kartu baru ini.

10. Lakukan Reset Pabrik di Ponsel Kamu

Cara terakhir Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca yang dapat kamu coba jika semua metode di atas gagal. Jika tidak ada yang berhasil, kamu dapat mencoba mengatur ulang telepon kamu ke pengaturan pabrik dan melihat apakah itu menyelesaikan masalah. 

Memilih reset pabrik akan menghapus semua aplikasi Kamu, datanya, dan juga data lain seperti foto, video, dan musik dari ponsel kamu. 

Karena alasan ini, disarankan agar kamu membuat cadangan sebelum melakukan reset pabrik. Sebagian besar ponsel meminta kamu untuk mencadangkan data saat kamu mencoba menyetel ulang ponsel ke setelan pabrik.

Kamu dapat menggunakan alat bawaan untuk mencadangkan atau melakukannya secara manual, pilihan ada di tangan kamu.

  • Buka Pengaturan telepon kamu.
  • Ketuk pada tab Sistem .
  • Kemudian jika kamu belum mencadangkan data Kamu, klik opsi Cadangkan data kamu untuk menyimpan data kamu di Google Drive.
  • Setelah itu klik tab Reset .
  • Kemudian klik opsi Reset Phone .

Artikel Seoblog lainnya:

Dan itulah akhir dari tutorial cara mengatasi masalah ini, tetapi kami harap kemudian kamu dapat  Memperbaiki masalah kartu sim yang tidak terdeteksi Di Android menggunakan langkah-langkah yang tercantum di atas. 

Selamat mencoba dan Semoga masalah kalian teratasi ya. Terimakasih.