Page Level Ads Iklan Adsense Khusus Perangkat Mobile

Page Level ads merupakan jenis iklan baru Adsense untuk perangkat mobile kini tersedia di setiap akun Google Adsense. Page Level ads mempunyai dua format berbeda, Vignette Ads dan Anchor Ads. Dengan hadirnya fitur baru ini, setiap publisher sudah dapat menggunakan ke dua jenis format iklan Adsense yang berbeda di halaman situs mereka.

Page Level Ads Iklan Adsense Khusus Perangkat Mobile

Jenis iklan ini walau sudah dapat digunakan oleh setiap publisher namun masih dalam tahap beta. Belum ada rilis resmi dari Google demikian juga tidak ada halaman komunitas resmi di Google+ ataupun di Blog Adsense.

Apakah Google belum begitu yakin dengan jenis iklan ini? Atau mereka mungkin masih khawatir jika seseorang dapat saja membobol penggunaan jenis iklan ini.

Lihat juga Persiapan Sebelum Mendaftar Adsense

Apa itu Page Level Ads?

Page Level Ads merupakan jenis format iklan yang deperuntukkan khusus untuk meningkatkan pendapatan melalui perangkat mobile.

Format iklan ini merupakan iklan tambahan dan tidak diperhitungkan dari jumlah maksimum unit iklan normal  yang dibolehkan untuk ditayangkan yaitu hanya 3 unit iklan, atau dengan kata lain menambah unit iklan ini pada blog atau situs yang sudah memasang 3 unit iklan tidak dianggap sebagai pelanggaran.

Secara teori iklan ini akan membantu publisher untuk meningkatkan penghasilan melalui lalu-lintas perangkat mobile tanpa harus mengubah setting yang sudah ada.

Jenis iklan ini dapat Anda lihat pada menu sidebar kiri yang terpisah dari konten unit iklan lama yang umum digunakan.

Anda dapat mengakses jenis iklan Page Level Ads ini melalui My Ads yang terletak pada Top Navigation dan di bawah sub menu Content di  menu sebelah kiri.



Terlihat notifikasi beta pada menu tersebut, mungkin saja fitur ini masih dalam tahap ekseperimen dan siapa tahu pula fitur ini suatu saat akan dihapus? Tidak ada yang tahu. Masalahnya adalah apakah publisher sudah dapat mengoptimasi format iklan jenis ini? Belum ada jawaban hingga kini.

Ada 2 jenis iklan tersedia:
  1. Anchor/overlay ads
  2. Vignette ads

Anda boleh tidak mengaktifkan ke dua jenis iklan ini, atau hanya mengaktifkan satu saja atau bahkan mengaktifkan kedua-duanya. Merubah setting iklan tidak akan berefek apa-apa bagi situs Anda. Dan jika ingin mengaktifkan iklan ini, disediakan kode iklan untuk disisipkan ke situs.

Berikut penjelasan ke dua jenis iklan ini:

Anchor/overlay ads

Awalnya saya mengira dengan jenis iklan ini AdSense akan menggabungkan iklan anchor - yaitu iklan yang menempel pada bagian bawah halaman - dengan iklan overlay yang menutupi seluruh layar.

Namun ternyata secara teknis iklan anchor ini hanya akan tampil di bagian bawah halaman secara overlay bukan tampil dengan menutupi seluruh halaman layar.

Asense Anchor/overlay ads



Setalah mencoba implementasi jenis iklan ini saya mendapati hasilnya, peningkatan pendapatan sampai dengan 200%.

Baca juga Daftar Kata Kunci Mahal Adsense

Vignette ads

Sejak dulu istilah-istilah yang digunakan dalam komunitas iklan tidak pernah konsisten sehingga kadang kala sering menimbulkan kebingungan. Seperti halnya nama untuk jenis iklan baru ini, dikenal juga sebagai  “Interstitial Ads” atau Iklan Vinyet.

Iklan ini akan muncul ketika user mengklik sebuah link dan sebelum halaman berikutnya ditampilkan bukannya ketika user membuka halaman. Berbeda dengan Anchor Ads iklan ini tampil menutupi seluruh halaman layar pada perangkat mobile, namun user dapat melewati iklan ini kapan saja dengan mudah.

Adsense Vignette ads


Ada beberapa hal dari iklan ini dimana Adsense memastikan bahwa kehadiran iklan ini di halaman layar tidak akan mengganggu pengguna, sebagai berikut:

  • iklan tidak akan muncul dengan tiba-tiba, melainkan hanya jika keseluruhan halaman berhasil dimuat
  • iklan tidak akan muncul setiap kali link diklik
  • iklan tidak akan muncul untuk link yang tidak mengarah ke halaman berikutnya atau
  • link-fitur seperti link "Logout"
  • iklan dengan mudah dapat ditutup

Melihat laporan iklan Page Level Ads

Untuk melihat laporan iklan Page Level ads Anda dapat mengikuti tips berikut:

Buka halaman Permormance reports, pada menu utama pilih Ad Behavior sebagai pilihan jenis laporan iklan. Kemudian pada kolom Filter pilih Anchor ads / Overlay yang tercantum dalam tabel daftar pilihan filter laporan.

Baca juga Ukuran Iklan Google Adsense Pengeruk Dollar

Beberapa Masaalah Dengan Iklan Page Level Ads

Setelah melakukan beberapa kali testing, dapat dikatakan integrasi jenis iklan Page Level Ads sangat mudah dilakukan. Namun saat pertama kali kita ingin melihat tampilan iklan saya menyangka iklan ini tidak berfungsi.

Iklan baru benar-benar muncul ketika saya mengulir (scroling down) halaman ke bawa hingga akhir posting halaman. Mungkin saja kejadiannya akan berbeda pada situs-situs lain, hal ini berdasarkan deskripsi yang muncul dalam iklan.
Shown by AdSense at optimal times to help increase revenue and provide a good user experience
Kesimpulannya bahwa iklan Page Level Ads tidak akan segera tampil ketika halaman dibuka ataupun dimuat. 

Tidak bekerja pada semua perangkat mobile

Tidak semua perangkat mobile dapat menampilkan Page Level ads, merujuk kepada kepada panduan Page Level ads ada beberapa browser yang tidak mendukung iklan jenis ini:

  • tidak berjalan di Firefox atau Opera Mini perangkat Android
  • hanya berjalan pada iOS 5 dan versi lebih tinggi juga pada Safari dan Chrome
  • iklan tetap tidak didukung oleh setiap Windows Phone, iklan Vignette hanya di Internet Explorer mobile dan Windows 8

Berikut beberapa masalah lainnya:

  • hanya bekerja pada mode portrait (jika Anda memegang perangkat secara vertikal)
  • hanya bekerja pada perangkat antara 320 dan 420 pixel
  • hanya bekerja jika Anda memperbesar (zoom) halaman

Isu-isu ini menunjukkan bahwa teknis pelaksanaan iklan tersebut jauh dari optimal dan mungkin ini menjadi alasan mengapa AdSense membutuhkan waktu begitu lama untuk peluncurannya.

Cara Menggunakan Page Level Ads

Jika Anda belum mengaktifkan Page Level Ads disarankan untuk segera mengaktifkan jenis iklan ini, karena memang layak untuk dicoba.

Berikut langkah-langkah sederhana bagaimana cara menggunakan Page Level Ads di template blogspot:
  1. Login ke Akun Adsense
  2. Buka My Ads > Content > Page-level ads lalu aktifkan jenis iklan Page-level ads yang ingin digunakan boleh mengaktifkan ke dua-duanya Anchor/overlay ads dan Vignette ads 
  3. Scroll down  ke Add the code for Page-level ads to your pages section dan klik pada tombol biru Get code
  4. Copy kode dalam text area
  5. Jangan lupa parse kode iklan terlebih dahulu sebelum memasangnya ke dalam template blogspot.
  6. Simpan template Anda
AdSense juga menyediakan tes untuk memeriksa apakah iklan bekerja dengan baik. Buka AdSense Help untuk mempelajari lebih lanjut tentang hal ini.

Baca juga Mencekal Iklan Murah di Google Adsense

Penutup

Memasang Page-level ads iklan adsense khusus perangkat mobile merupakan langkah penting untuk meningkatkan penghasilan Adsense melalui konten mobile. Namun saya kurang yakin jika format jenis iklan ini dapat bekerja optimal. Mengingat konversi lalu lintas seluler menjadi penjualan atau tindakan lain seperti halnya di desktop masih sulit dilakukan.

Umumnya para pengiklan sangat memahami hal ini, oleh karena itu mereka masih tidak ingin memasang harga yang mereka bayar untuk format jenis iklan ini seperti halnya desktop.

Kesimpulannya Page Level ads mungkin masih membutuhkan jangka waktu lama untuk dapat berfungsi optimal sama seperti format jenis iklan untuk desktop.

Info dari teman-teman yang berhasil menguangkan lalu lintas mobile, umumnya mereka menyebutkan bahwa peningkatan penghasilan melalui iklan Adsense mobile ini tidak begitu besar.