10 URL Penting Wajib Diketahui Setiap Pengguna Google

Google menyimpan semua informasi berkaitan dengan aktivitas Anda di internet. Sebagai pengguna tentu kita ingin mengetahui di mana Google menyimpan dan apa saja yang Google ketahui tentang semua informasi diri pribadi kita.

Apa saja yang diketahui Google tentang aktivitas Anda ketika mengunjungi sebuah situs? Apa saja minat Anda yang berhasil dideterminasi Google?

Di mana Google menyimpan daftar kata yang kita ketikkan di kolom pencarian Google? Di mana kita dapat memperoleh informasi daftar iklan Google yang paling menarik minat kita?


Ada beberapa link penting disediakan Google agar informasi-informasi seperti disebutkan di atas dapat diakses oleh pengguna Google masing-masing. Berikut 10 URL penting wajib diketahui setiap pengguna Google.

10 URL penting wajib diketahui setiap pengguna Google.

Google menyimpan segala sesuatu informasi berkaitan aktivitas pengguna secara private yang akan membuka segala sesuatu yang diketahui Google. Di mana informasi tersebut tersimpan di suatu tempat secara diam-diam di dashboard akun Google Anda yang mungkin akan mengungkapkan informasi detail tentang Anda yang disebut-sebut hanya diketahui oleh Google. Berikut penjelasannya:

1. Mencari Handphone Hilang

Kehilangan Handphone? Jangan panik. Jika perangkat Anda berbasis Android dan terhubung ke Internet Anda dapat menggunakan Google Device Manager untuk menemukan kembali Handphone tersebut. Anda dapat membunyikan nada panggilan atau bahkan dapat menghapus semua konten dalam Handphone secara remote. Anda juga dapat menemukan IMEI Number dari Handphone yang hilang itu melalui Akun Google Anda.

google.com/android/devicemanager

2. Keamanan Akun Google

Khawatir Akun Google Anda sudah digunakan atau dihack seseorang? Buka activity report untuk melihat log dari setiap perangkat yang terhubung ke Akun Google Anda. Anda juga dapat mengetahui IP Address berikut perkiraan lokasinya. Sayangnya Anda tidak dapat melakukan logout secara remote .

myaccount.google.com/security

3. Mencegah Akun Diblokir Google

Anda diwajibkan untuk login ke Akun Google minimal setiap 9 bulan sekali atau akun Anda akan diblokir oleh Google merujuk kepada kebijakan mereka. Bagi Anda yang memiliki satu akun saja mungkin tidak begitu menjadi masalah. Lain halnya jika memiliki beberapa akun sekaligus. Bisa saja Anda lupa dengan salah satu akun tersebut. Untuk mengatasinya Anda dapat men-setup sebuah akun utama sebagai secondary account yang dapat dipercaya. Dengan demikian Google akan mengirimkan Anda reminder (peringatan) setiap beberapa bulan untuk login ke akun tersebut.

www.google.com/settings/account/inactive

4. History Pencarian Google

Google dan Youtube merekam semua aktivitas pencarian yang Anda ketikkan di kolom pencarian mereka. Google menyimpan setiap iklan Google yang Anda klik pada beberapa situs web yang Anda kunjungi, berikut setiap Video Youtube yang pernah Anda tonton. Jika Anda seorang pengguna Google Now, Anda juga dapat melihat semua log pencarian Audio.

history.google.com (Google searches)
history.google.com/history/audio (Voice searches)
youtube.com/feed/history (YouTube searches and watched videos)

5. Membuat Akun Baru dengan Email yang Ada.

Buat akun baru menggunakan akun Email yang sedang digunakan. Proses sign-up tetap seperti cara reguler menggunakan @gmai..com akun Google milik Anda namun dengan link URL khusus. Anda dapat menggunakan akun email lain sebagai Username.

accounts.google.com/SignUpWithoutGmail

6. History Perpindahan Lokasi Handphone Anda di Google Maps

Handphone Android atau Google Maps merekam setiap perpindahan dari satu area ke area yang lain, dan seberapa cepat perpindahan tersebut terjadi. Apakah Anda bergerak dan jika ya, seberapa cepat pergerakan Anda, dapat dilihat melalui link ini. Anda dapat melacak riwayat lokasi saat ini di Google Maps. Anda memiliki opsi untuk mengeksport data ini ke dalam file format KML yang dapat ditampilkan di Google Eart atau bahkan di Google Drive.

google.com/maps/timeline

7. Melaporkan Pembajakan Konten

Jika Anda menemukan konten Anda muncul di situs lain Anda dapat menggunakan link ini untuk melaporkan/komplain DMCA kepada Google agar konten tersebut segera dihapus dari hasil pencarian Google. Google memiliki wizard sederhana untuk mengajukan klain atas konten Anda dan Tool ini dapat digunakan untuk meminta Google menhghapus sebuah situs yang mencuri konten Anda di halaman hasil pencarian Google.

support.google.com/legal

8. Backup Semua Data Anda dari Google

Anda dapat dengan mudah mengekspor semua data-data Anda dari Google Ecosystem. Anda dapat mendownload semua data Anda seperti Google Photos, contacts, Gmail Messages, dan bahkan video-video Youtube Anda. Berikut adalah link URL halaman untuk mendownload data-data Anda.

www.google.com/takeout

9. Melacak Informasi Minat Anda yang tersimpan di Google

Google membuat dan menyimpan informasi profil diri Anda berdasarkan situs yang Anda kunjungi, menebak usia, jenis kelamin dan kepentingan kemudian menggunakan data ini untuk menyajikan iklan yang lebih relevan. Gunakan URL ini untuk mengetahui bagaimana Google melihat Anda di web.

www.google.com/settings/ads

10. Melacak daftar Username dan Password

Google menyimpan daftar username dan password yang telah Anda ketik di Google Chrome atau Android untuk login ke berbagai website. Google bahkan memiliki sebuah situs web di mana Anda dapat melihat semua password tersebut dalam fomat teks biasa.

passwords.google.com

Lihat juga:
7 Hal Penting Tentang SEO Yang Tidak Anda Ketahui