6 Topik Teratas Google Trend Indonesia Tahun 2016

Google rilis tren pencarian Indonesia (Year in Search 2016) untuk tahun 2016 ini, Rabu, 14/12/2016. Ada 6 topik teratas Google Trend Indonesia tahun 2016 ini paling banyak dicari, meliputi pnelusuran peristiwa, tokoh, atau berita yang menciptakan tren penelusuran paling tinggi oleh pengguna Google di Indonesia dalam satu tahun terakhir ini.

Topik Teratas di Google Trend Indonesia Tahun 2016

Tahun lalu peringkat keyword paling atas ada di seputar bisnis daring dengan "batu akik" dan "kue cubit", sementara tahun 2016 ini tren pencarian lebih beragam mulai dari topik yang masih hangat dalam ingatan karena terjadi baru-baru ini. Sebut saja demo 4 November atau kerap disebut “411”, gempa di Aceh, serta Donald Trump yang bulan lalu terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat, menggantikan Barrack Obama.

Managing Director Google Indonesia, Tony Keusgen, saat dijumpai KompasTekno di The Gunawarman, Jakarta. menyebutkan “Tahun ini orang-orang Indonesia lebih banyak ingin tahu soal beragam perspektif dari peristiwa-peristiwa yang terjadi,” Rabu (14/12/2016),

Tren Penelusuran dibagi ke dalam 16 kategori, dengan daftar utama posisi paling atas pencarian secara urut diisi oleh Pokémon GO, Gerhana Matahari, Timnas Indonesia, Gempa Aceh, Donald Trump, Mukidi, Demo 4 November, Rio Haryanto, Jessica Kumala Wongso dan Joey Alexander.

Selengkapnya, berikut 6 topik teratas di Google Trend Indonesia tahun 2016 ini yang paling banyak mengundang rasa penasaran pengguna internet di kolom pencarian Google Indonesia. Sayangnya pihak Google agak tertutup mengenai berapa jumlah data pencarian “keyword” tersebut, tetapi Google merilist 6 topik teratas di Google Trend Indonesia tahun 2016. Berikut urutan dari mulai yang terbanyak atau terpopuler hingga yang lebih sedikit.

1. Pokemon Go

Game yang dikembangkan Niantic Labs ini sempat menjadi fenomena dunia ketika diluncurkan pada Juli lalu. Sebulan setelahnya, pada Agustus 2016, Pokemon Go resmi hadir di Indonesia dan mendapat antusiasme tinggi. Google pun menobatkan Pokemon Go sebagai topik paling populer sepanjang 2016.

2. Gerhana matahari

Pada 9 Maret lalu, gerhana matahari total melintas di sebagian besar wilayah Indonesia. Peta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa kota besar pertama yang dilalui gerhana matahari ini adalah Kota Palembang.

Peristiwa langka ini menjadi obrolan masyarakat di ranah maya dan nyata, lokal maupun mancanegara. Banyak turis yang berdatangan ke kota-kota lintasan gerhana matahari di Indonesia. Topik ini menjadi yang terpopuler kedua di Google Indonesia sepanjang 2016.

3. Timnas Indonesia

Pencarian soal Timnas Indonesia menjadi populer di kolom pencarian Google selama Olimpiade musim panas di Rio de Janeiro pada Agusus lalu. Terlebih lagi, tim ganda campuran Owi-Butet berhasil meraih medali emas untuk Indonesia.

Kata kunci tersebut kembali dicari selama ajang AFF yang masih berlangsung. Netizen berbondong-bondong mencari tahu berita terbaru soal tim sepak bola kebanggaan Tanah Air melalui Google.

4. Gempa Aceh

Pada 7 Desember lalu, gempa besar kembali terjadi di Aceh. Kali ini bermagnitudo 6,5 dan menewaskan setidaknya 25 orang. Tak kurang dari 26 orang luka berat dan beberapa tempat ibadah serta ruko roboh. Peristiwa ini ramai diperbincangkan di internet dan dicari tahu melalui mesin pencari Google.

5. Donald Trump

Presiden Amerika Serikat terpilih Donald Trump mencatat fenomena tersendiri di internet. Pernyataan-pernyataan kontroversialnya berhasil mengusik rasa ingin tahu netizen terkait apa saja yang berkaitan dengan dirinya.

6. Mukidi

Agustus lalu, ranah maya dibuat heboh dengan nama Mukidi. Kala itu, hampir semua konten berbau humor disisipi tokoh Mukidi.

Penelusuran untuk “Timnas Indonesia” menempati peringkat ke-3, meningkat pada saat pertandingan Olimpiade Rio 2016 dan Piala AFF 2016. Hal yang sama juga terjadi saat masyarakat Indonesia menunjukkan dukungannya untuk Rio Haryanto dan Joey Alexander.

Mencari perspektif. Saat demo 4 November dan tragedi bom Sarinah, orang Indonesia menelusuri “alasan untuk demo 4 november” hingga “siapa pelaku bom Sarinah”.

Gerhana matahari berada di posisi ke-2 dengan tren pencarian “cara shalat gerhana” hampir sama tingginya dengan “kapan gerhana matahari” dan “cara melihat gerhana matahari.”

Pokémon GO dan Donald Trump tak hanya mengisi daftar 10 pencarian terpopuler di Indonesia, tetapi juga secara global.

Google melihat tren penelusuran dari ponsel dan kasus Jessica Kumala Wongso menjadi penelusuran tertinggi yang dilakukan dari ponsel.

Penelusuran “dekat sini” dan “dekat saya” juga menjadi tren baru di tahun ini, dengan orang Indonesia mencari “salon dekat sini” hingga “restoran yang masih buka dekat sini”.

Google juga merilis video Year in Search 2016 untuk memudahkan orang melihat kilas balik tren dan peristiwa yang paling menangkap perhatian masyarakat, baik di Indonesia maupun dunia.

Seperti tahun 2015 lalu topik teratas Google Trend Indonesia tahun 2016 ini juga dapat dijadikan cerminan sebagai gambaran dan perencanaan penerapan SEO tahun 2017 mendatang. Dan sepertinya tren pencarian tahun 2017 mendatang akan semakin meningkat pada topik politik khususnya Pilkada DKI 2017 dan pilkada serentak di seluruh tanah air.

Lihat juga Pencarian Terpopuler Google Trends Indonesia Saat Ini