Cara Meningkatkan Traffic Blog. Begini Aturannya

Meningkatkan traffic blog adalah syarat mutlak agar blog tetap eksis, apa lagi di tengah persaingan yang semakin ketat dewasa ini.

Dan salah satu cara meningkatkan traffic berkualitas ke blog adalah dengan mendominasi SEO.

Meningkatkan Traffic Blog di Tahun 2017

Ada satu hal yang patut diperhatikan jika ingin mendominasi SEO dan tetap eksis di tahun 2017 ini, yaitu Google Trust, blog harus memiliki kepercayaan Google.

Jika hal ini tidak ada, dipastikan blog Anda tidak akan muncul di halaman pertama SERPs.

Sebaliknya jika sebuah blog sudah memiliki kepercayaan Google  tidak ada yang dapat menghalangi Anda untuk menempati halaman pertama hasil pencarian.

Bagaimana meningkatkan traffic blog di tahun 2017 ini? Apakah mekanismenya masih sama dengan tahun 2016 lalu?

Berikut ini sepintas aturan-aturan dasar untuk meningkatkan traffic blog dan tetap eksis di tahun 2017 ini:

Aturan # 1: Raih kepercayaan Google

Dalam konteks ini, memahami tentang komponen dasar dari kepercayaan Google itu suatu keharusan.

Umur blog: Google memperhitungkan usia serta isi dari sebuah situs dalam databasenya. Sebuah situs web baru, pendatang baru tidak akan mendapat ranking SERP tinggi. Google memperhitungkan kinerja dan konsistensi selama periode waktu yang wajar.

Otoritas Profile: Google bergantung pada backlink sehat yang menunjukkan otoritas profile Anda. Google akan percaya jika sebuah blog memiliki kualitas link yang berasal dari situs dengan konten berkualitas tinggi dan keragaman yang baik di seluruh web.

Konten: Bagi Google, konten adalah komponen terpenting yang menjadi dasar pertimbangan untuk memprioritaskan sebuah blog.

Jika ingin ditambatkan ke algoritma relevansi Google, berkonsentrasi pada apa yang ditulis, panjang, konten sangat menarik dan kata kunci relevan adalah suatu hal yang amat penting.

Hindari artikel terlalu singkat, duplikasi atau isi yang berputar-putar.

Aturan # 2 Ingat Umur Website Lebih Penting Daripada Tampilan

Google sangat tidak peduli apakah sebuah blog memiliki tampilan menarik atau tidak. Bagi Google konsistensi mengelola blog selama jangka waktu tertentu adalah lebih penting.

Jika situs tidak cukup umur, dipastikan tidak akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi meskipun, ia memiliki sejumlah backlink yang relatif bagus, walau loading blog sangat cepat, tampilan menarik dan mudah dinavigasi.

Perlu dipahami juga bahwa semua aktivitas Anda dalam menjalankan blog juga diamati oleh Google, apakah ketika sedang login, semua dianalisis dan dinilai oleh Google.

Aturan # 3: Kualitas Lebih Penting dari Kuantitas

Ketika melakukan sesuatu di Blog, penting diingat bahwa kualitas akan selalu mengalahkan kuantitas terhadap semua yang Anda lakukan.

Jangan terfokus kepada seberapa banyak membuat konten, sebaliknya, lebih baik berkonsentrasi kepada bagaimana membuat konten berkualitas tinggi dengan cara yang benar dan rutin melakukannya setiap minggu.

Google hanya tertarik pada konten berkualitas baik dan tidak pada seberapa banyak konten yang Anda buat.

Aturan # 4: Konten Akan Selamanya Menjadi Raja

Konten yang menjadi fondasi situs akan selalu menjadi raja. Peringkat blog akan menurun secara drastis jika konten Anda tidak memenuhi syarat-syarat dasar SEO.

Google ingin selalu menyajikan konten berkualitas dan terbaik kepada penggunanya.

Fakta yang sering terjadi adalah hanya konten-konten berkualitas dan viral yang sering dishare oleh orang di media-media sosial maupun email.

Semua kita pasti tertarik untuk berbagi sesuatu yang dapat memberikan nilai dan manfaat yang nyata.

Anda harus fokus pada kualitas konten karena komponen inilah yang paling penting dalam optimasi mesin pencari.

Konten harus mudah dipahami, dapat membantu pengunjung mengatasi masalah mereka atau setidaknya dapat secara efektif menjawab pertanyaan mereka.

Konten besar dan berkualitas jika disusun dengan baik dapat memberikan lompatan besar pula di peringkat SERP dan kita dituntut untuk selalu konsisten.

Anda tidak bisa hadir dengan konten yang luar biasa bagus dalam minggu ini, kemudian menghasilkan konten biasa-biasa saja minggu depannya.

Selanjutnya tidak mau repot-repot untuk membuat apa-apa minggu berikutnya. Anda tidak dapat mengharapkan peringkat yang baik seperti itu.

Aturan # 5: Desain Blog Haruslah Mobile Friendly

Jika desain website Anda saat ini belum  mobile friendly atau sulit untuk dinavigasi, loading yang lambat pada perangkat mobile, bersiap-siaplah untuk kehilangan pengunjung.

Penelusuran melalui perangkat mobile saat ini sudah melampaui penelusuran desktop.

Ingat Google saat ini sangat fokus pada pengguna perangkat mobile. Hal ini dapat dilihat dari sikap Google yang menunjukkan preferensi untuk situs mobile friendly dengan meluncurkan AMP (Accelerated Ponsel Pages).

Jika blog Anda hadir dengan mengutamakan desain mobile friendly, Anda sudah sesuai dengan keinginan Google.

Penutup

Aturan-aturan yang dibahas di atas hanyalah dasar untuk keberhasilan SEO sebuah situs. Masih ada faktor-faktor lain yang dapat membantu meningkatkan kualitas SEO Anda. Namun dengan mengikuti aturan-aturan dasar ini dapat dipastikan blog Anda secara bertahap akan bergerak naik ke peringkat yang lebih baik.

Jika dipenuhi akan sangat membantu meningkatkan traffic blog dan mendominasi SEO di tahun 2017 ini. Namun yang perlu diingat adalah hasil ini tidak akan diperoleh dalam waktu sekejap dan secara ajaib terjadi dalam waktu semalam. Dibutuhkan usaha secara terus menerus dalam mengelola blog Anda. Demikian yang dapat saya tulis kali ini selanjutnya silakan Anda tambahkan.

Lihat juga 3 Situs Forum Tempat Belajar SEO Gratis