Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan SEO Friendly

Menulis artikel yang baik dan SEO friendly memerlukan keterampilan yang baik pula agar artikel menarik untuk dipublikasikan, mudah dibaca dan artikel muncul di halaman pertama hasil pencarian Google.

Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan SEO Friendly

Mengekspresikan pikiran secara lisan itu mudah tapi menulis artikel agar "mudah dipahami" itu cukup sulit.

Menulis artikel di situs atau blog membutuhkan keterampilan ekstra dibandingkan menulis artikel pada umumnya.

Anda harus mempertimbangkan dua aspek saat menulis artikel blog: Pembaca (manusia) dan Mesin Pencari (bot).

1. Aspek Pembaca

Berbeda di masa lalu, untuk mengejar peringkat yang baik di mesin pencari, orang sering mengabaikan aspek pembaca (human aspect).

Dulu orientasi menulis artikel bukan manusia, tetapi untuk mesin. Tak jarang artikel tampak aneh dan tidak menarik ketika dibaca.

Saat ini artikel yang baik dan SEO friendly menurut Google adalah artikel yang human-friendly.

Google menggunakan perilaku manusia untuk menentukan peringkat sebuah halaman situs (panduanim.com)

Maksudnya apa?

Google dapat mendeteksi seberapa banyak konten dibaca, berapa banyak sebuah konten dishare atau direkomendasikan orang, dan seberapa lama sebuah artikel dibaca, apakah pengunjung situs menutup halaman artikel dengan cepat?

Dari informasi inilah Google menentukan peringkat sebuah halaman situs.

Google hanya memberi peringkat dan traffic pada situs Anda jika memiliki konten berkualitas tinggi

Kualitas konten: Sama seperti produk dan layanan, kualitas dalam posting blog juga penting. Kualitas akan membawa pembaca berkunjung kembali.

Konten yang Relevan: Relevansi penting karena hanya pembaca yang relevan yang akan membaca artikel Anda.

Konten Organik: Konten asli meningkatkan jumlah pembaca. Pembaca menyukai informasi baru dengan gaya baru.

2. Karakteristik Artikel SEO Friendly

Dua cara untuk menjangkau pembaca online: pertama kirimi mereka tautan langsung ke artikel; kedua optimasi artikel Anda agar muncul dalam 10 besar halaman pertama hasil pencarian Google.

Sedangkan disini kita hanya akan mengulas yang kedua yaitu "cara menulis artikel yang baik dan SEO Friendly".

Berikut gambaran halaman yang sempurna untuk artikel SEO friendly untu blog atau situs.

Halaman Beranda Untuk Blog | SEOBlog.id
[Image: coschedule.com]

Semakin banyak pengunjung yang datang dari mesin pencari semakin banyak pula search engine yang akan memberi peringkat kepada Anda di halaman hasil pencarian.

Ya, persentase tertinggi traffic situs berasal dari Google. Tapi jangan berharap traffic tinggi dari Google dengan kualitas konten ala kadarnya.

Tidak ada cara lain... Kualitas adalah pokok bahasan dalam artikel ini.

Inilah pertanyaan yang ingin saya jawab:

Bagaimana kita tahu bahwa Google menginginkan konten berkualitas tinggi?

Bagaimana cara agar situs Anda memiliki konten berkualitas?

Bagaimana Google menampilkan preferensi untuk konten berkualitas?

3. Cara Google menampilkan preferensi untuk konten berkualitas

Quality Guidelines dari Google adalah satu-satunya cara terpenting yang dapat dijadikan pedoman untuk memenuhi standar tersebut.

Lihat video berikut:



Berikut daftar yang dilarang Google dan harus dihindari:
  • Auto Generate Content (AGC)
  • Membuat halaman yang berbeda ketika dilihat pengunjung atau search engines (cloaking).
  • Apakah artikel saya berguna bagi pengunjung?
  • Tukar menukar link dengan website atau blog lain yang isinya tidak relevan dengan situs Anda (link schemes).
  • Menggunakan tool otomatis untuk submit page
  • Menyembunyikan teks atau link (kecil sekali atau warnanya sama dengan background)
  • Cloaking atau sneaky redirect.
  • Menggunakan submit otomatis ke search engines.
  • Mengisi halaman dengan keywords yang tidak relevant.
  • Membuat halaman, subdomain, atau domain dengan isi yang sama persis.
  • Menyisipkan halaman dengan program jahat yang ditujukan untuk phising, menginstall virus, trojan, atau badware lain.
  • Halaman Doorway yang hanya dibuat untuk search engines.
  • Membuat halaman yang hanya berisi program afiliasi dengan sedikit atau tidak ada isi yang original.
  • Membuat halaman program afiliasi namun situs Anda tidak memiliki nilai tambah.
  • Content Scrapped atau hasil plagiat atau copy paste.

Berikut yang dianjurkan Google:
  • Memantau situs Anda dari aktivitas hacking dan menghapus konten yang diretas secepat mungkin apabila muncul
  • Mencegah dan menghapus spam buatan pengguna di situs Anda

Cara agar situs Anda Google Friendly, lihat penjelasan Google tentang fitur tambahan untuk konten berkualitas

Tips:

  • Sediakan konten berkualitas tinggi, terutama halaman utama/beranda. Inilah satu-satunya hal paling penting dilakukan. 
  • Jika artikel bermanfaat, akan menarik banyak pengunjung dan menarik perhatian para webmaster untuk me-link ke situs Anda. 
  • Tulislah artikel secara jelas dan akurat menggambarkan topik Anda. Lakukan riset kata kunci yang paling banyak dicari pengguna dan sertakan kata kunci tersebut di situs Anda.

Berikut cara menulis artikel yang baik dan SEO fiendly agar cepat terindex Google :

4. Cara Menulis Artikel yang Baik dan SEO Friendly

Pastikan untuk menulis artikel dengan baik, menarik, dan informatif serta mempresentasikan sudut pandang baru pada topik tertentu.

Keterkaitan yang baik di awal artikel dengan informasi berguna dalam artikel akan membuat pengunjung ingin terus membaca.

Artikel Anda harus bermanfaat, menghibur, atau dengan kata lain artikel merupakan sesuatu yang sangat bernilai dan mengandung kebaruan informasi.

Artikel ditulis dengan tata bahasa yang baik dan berkualitas agar menarik lebih banyak lalu lintas, yang berarti juga pembaca akan banyak mengunjungi situs Anda.

Dengan demikian akan membuat artikel lebih menarik bagi orang-orang yang ingin membuat backlink ke situs Anda.

1. Riset Terhadap Topik Yang Akan Anda Tulis

Lakukan riset dan pelajari topik artikel yang akan Anda tulis.

Hal ini penting dilakukan jika Anda tidak menguasai seutuhnya topik artikel yang Anda tulis.

Anggap saja Anda telah memutuskan sebuah Topik, Langkah selanjutnya adalah Riset Kata Kunci.

Sekarang lakukan riset terhadap topik Anda sebanyak yang Anda bisa.

Riset ini akan memberi pandangan yang lebih luas tentang topik tersebut.

Dengan demikian Anda dapat menghasilkan konten yang berkualitas, yang membuat pengunjung cenderung membaca lebih banyak dan betah berlama-lama di halaman Anda, dan akhirnya mesin pencari akan memberi peringkat yang lebih baik pada link Anda di hasil pencarian.
  • Riset kata kunci, yang akan Anda gunakan dalam artikel.
  • Teliti informasi penting yang berkaitan dengan topik.
  • Fakta dan figur riset terkait dengan topik Anda.

Untuk tahapan ini silahkan baca Riset Kata Kunci Dan Analisa Peluang di Halaman Pencarian Untuk Pemula

Kemudian lanjutkan ke tahapan berikut ini.

2. Riset Kata Kunci (Keyword)

Setelah menentukan topik artikel, selanjutnya fokus untuk memilih kata kunci atau keyword.

Kata kunci adalah aspek paling penting untuk menulis artikel SEO.

Gunakan tool riset kata kunci  untuk menganalisa kata kunci mana yang paling banyak dicari dan relevan dengan topik.

Google Keyword Planner adalah tool gratis terbaik untuk riset kata kunci, tool ini dapat digunakan untuk mengetahui kata kunci mana yang memiliki tingkat pencarian paling banyak dan competitif.

Riset kata kunci dengan Google Keyword Planner | SEOBlog.id


Sebenarnya Google Keyword Planner digunakan untuk riset kata kunci pemasangan iklan di Google Adwords.

Kita juga dapat menggunakan halaman Google Search untuk mendapatkan saran kata kunci yang lebih bervariasi.

Caranya ketik frasa keyword di kolom pencarian, lalu biarkan Google menyarankan kata kunci yang berbeda. Lihat gambar berikut:

Riset Kata Kunci di Halaman Pencarian Google | SEOBlogid

Kata kunci yang berisi 3 atau 4 kata dengan arti yang lengkap disebut Long Tail Keywords; Misalnya, Bisnis Online Tanpa Modal adalah Long Tail Keyword yang menawarkan informasi lengkap.

  • Mesin pencari lebih memilih kata kunci ini karena mudah mengenali topik artikel.
  • Pastikan kata kunci yang dipilih dalam jumlah kata yang relevan, tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu panjang.
  • Kepadatan rata-rata Kata Kunci adalah 1,5% sampai 2%. Artinya, jika postingan anda mengandung 1000 kata, kata kunci harus disertakan sekitar 15 sampai 20 kali.Tip: Penggunaan kata kunci yang berlebihan akan membuat artikel Anda diabaikan Google.
  • Penggunaan LSI (Latent Semantic Indexing) bagus untuk artikel blog. LSI adalah sinonim kata kunci utama. LSI memiliki dua keuntungan: Pertama mesin pencari akan memberi peringkat tinggi kepada artikel yang menggunakan LSI dan kedua kepadatan kata kunci tetap dapat terkendali.

Tip: Kata kunci harus ditambahkan dalam judul, di setiap judul utama, satu atau dua kali di subpos (tergantung pada jumlah subpos), paragraf pengantar, isi posting blog, dan kesimpulan, akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini.

3. Menentukan Judul Artikel

Ingat judul artikel komponen utama yang ditampilkan dihasil pencarian.

Tulis judul artikel yang dapat menarik perhatian dan mengundang klik.

Judul harus spesifik untuk kueri penelusuran.

Contohnya jika topik artikel Anda tentang proses upload video YouTube, judul artikel Anda sebaiknya "Cara Upload Video Youtube Tanpa Ribet", dari pada "Upload Video YouTube"

Judul dimulai dengan kata ganti interogatif seperti Cara, Apa, Siapa, dan Mengapa adalah judul yang dapat menarik perhatian dan mengundang klik.

Judul-judul ini mencerminkan pertanyaan langsung terhadap topik artikel blog. Misalnya, Judul dimulai dengan angka juga dapat menarik minat pembaca.

Judul harus berisi Kata Kunci yang dipilih untuk topik. Misalnya, topik Anda adalah tentang mendapatkan uang secara online. Kata kunci ideal adalah "Ide Marketing Online". Judulnya bisa jadi "Top 10 Ide marketing Online Terbaik Yang Belum Anda Tahu"

Panjang judul harus dalam 55-65 huruf. Judul yang terlalu panjang tidak akan ditampilkan secara lengkap di laman pencarian Google.

Jika pembaca tidak melihat judul secara utuh bagaimana dia bisa tahu bahwa judul ini berisi informasi yang dia cari?

4. Membuat Outline/Kerangka Artikel

Riset untuk topik artikel telah dilakukan, informasi telah dikumpulkan, kini saatnya menyusun kerangka untuk artikel Anda.

Struktur Artikel Untuk SEO

Tiga bagian utama struktur pos: Pendahuluan, Isi, dan Kesimpulan.

Kita akan bahas satu per satu

a. Bagian Pendahuluan
Tidakkah Anda ingin setiap orang mengklik salah satu artikel Anda membacanya dari awal sampai akhir dan tidak dapat mengalihkan perhatian mereka dari layar?

Untuk melakukan hal ini, Anda harus menulis sebuah artikel mahakarya untuk posting blog Anda.

Penadahuluan atau Pengantar bagian sangat penting dari setiap tulisan. Pengantar memiliki satu tujuan utama: untuk menarik pengunjung membaca keseluruhan artikel.

Jika Anda gagal dalam hal ini, pembaca Anda tidak akan menggulir ke bawah.

Pengantar memiliki informasi lengkap tentang artikel tersebut. Yaitu gambaran tentang seluruh isi artikel.

Ada beberapa cara untuk menulis baris pengantar:
  • Ajukan Pertanyaan: Ini adalah cara mudah untuk menarik perhatian pembaca. Biarkan mereka membaca keseluruhan posting untuk mengetahui jawabannya.
  • Buat sebuah Cerita: Cerita menciptakan minat pembaca. Temukan cerita menarik yang terkait dengan topik.
  • Quote: Pembaca menyukai kutipan inspirasional. Gunakan kutipan inspirasional untuk memulai posting blog.
  • Fakta dan Angka: Bagikan fakta dan gambar yang terkait.
  • Pentingnya Artikel: Jelaskan betapa pentingnya artikel Anda. Semua orang menginginkan informasi baru danpenting. Setiap pembaca akan bertanya "apa untungnya mereka membaca artikel Anda?"

b. Bagian Isi
Bagian isi adalah bagian utama dari sebuah artikel. Bagian ini wajib anda buat sedemikian rupa dengan menggunakan kalimat atau kata yang berkesinambungan satu sama lain.

Isi menjadi sangat penting untuk diperhatikan, karena disini titik klimaks sebuah artikel yang sedang anda buat.

Anda harus meracik isi artikel dengan sesempurna mungkin, sehingga benar-benar pas dan enak dibaca dari awal hingga akhir.

Jika Anda kurang menguasai tentang topik yang Anda tulis lakukan kembali riset terhadap topik.

Ekspresikan pemikiran, pembelajaran, dan pengalaman Anda.

Tuliskan setiap kemungkinan informasi yang Anda yakini bisa menjadi tambahan yang bagus untuk pengetahuan pembaca.

c. Bagian Kesimpulan / Penutup
Tuliskan kata akhir pada bagian ini.

Bagian penutup bisa dibilang sebagai hasil akhir yang menunjukan bahwa artikel anda sudah selesai dibuat.  Mengintip 2 bagian penting dalam penutup artikel akan sangat membantu anda  untuk memberikan sentuhan yang bisa menuntaskan pembahasan yang sudah anda kupas.

Dalam bagian penutup biasanya berisi poin-poin yang sudah dijabarkan pada bagian artikel sebelumnya.

Saat pembaca tiba pada bagian ini, secara tidak langsung mereka akan memberikan penilaian artikel secara keseluruhan.

Penutup terkait dengan pendahuluan. Jika Anda telah mengajukan pertanyaan, pastikan Anda telah menjawabnya.

Jika Anda telah menulis cerita, pastikan akhir ceritanya juga sudah diceritakan.

Artikel SEO friendly membutuhkan keterlibatan pembaca. Keterlibatan pembaca akan terlihat saat pembaca berkomentar di pos, berdebat dengan penulis atau memberikan jawabannya.

Ajukan satu pertanyaan di akhir setiap artikel untuk melibatkan pembaca dan undang mereka untuk memberikan pemikiran mereka tentang topik tersebut.

Semakin banyak pembaca berkomentar dan berbagi, kemungkinan munculnya posting blog pada pencarian teratas akan meningkat.

5. Gunakan Tag (H1, H2, H3, H4)

Para pembaca lebih menghargai sebuah situs jika mereka dapat membaca sebuah artikel dengan mudah.

Hal ini juga akan menjadi pengingat bagi mereka, karena sebagian besar orang menelusuri sebuah situs kadang hanya untuk membaca artikel di Internet.

Membuat sub heading sangat membantu pembaca dan mesin pencari jika artikel dibagi ke dalam beberapa bagian.

Itulah sebabnya membagi artikel kedalam bagian-bagian tertentu dengan Sub Heading akan membuat sebuah halaman web tetap berada di halaman hasil pencarian mesin pencari dalam jangka waktu lama.

Menggunakan tag judul adalah cara yang baik untuk melibatkan pembaca untuk artikel Anda.

Cara Menggunakan Tag Judul Dalam Artikel | SEOBlog.id

Untuk membuat artikel SEO friendly, gunakan H1, H2, H3, dan seterusnya. Crawler mesin pencari akan lebih mudah dan cepat untuk menangkap maksud kata-kata melalui judul.

H1, H2, H3 ... H6 memiliki peran masing-masing.

Semakin banyak sub-sub dalam sebuah artikel semakin besar kesempatan untuk muncul di halaman pencarian Google. Jangan lupa gunakan kata kunci untuk setiap sub artikel.

4. Panjang Artikel

"Panjang artikel" adalah topik yang menarik untuk dibahas. Setiap orang memiliki pendapat berbeda tentang berapa jumlah kata ideal untuk sebuah artikel SEO Friendly.

Namun Anda perlu tahu yang satu ini...

Jangan memperpanjang artikel blog tanpa alasan apapun dan jangan menulis artikel singkat yang dapat mengabaikan informasi yang relevan.

Tulis sesuai kebutuhan topik Anda. Artikel paling sedikit harus berisi 300 kata.

Para ahli mengatakan bahwa posting yang memiliki kata di atas 2000 kata memiliki pembaca yang bagus tapi jangan lupakan 2 aspek utama yaitu aspek manusia dan mesin pencari:
  • Pengunjung membaca artikel rata-rata 3-4 menit. (Untuk itu, buat postingan Anda sekitar 1000 sampai 1500 kata)
  • Rasio pentalan (bounce rate) menjadi tinggi saat pembaca beralih terlalu cepat. (Untuk itu, buat postingan Anda sekitar 2000 sampai 2500 kata)

Rata-rata Panjang Artikel Yang Sering Muncul di Laman Pertama Google | SEOBlog.id
Rata-rata Panjang Artikel Yang Sering Muncul di Laman Pertama Google | SEOBlog.id

Tampaknya memang cukup sulit untuk mengelola kedua aspek ini sekaligus, dan saya menyarankan agar menulis artikel blog secara alami.

Jangan buat artikel terlalu panjang tanpa alasan apapun dan jangan abaikan informasi penting hanya untuk membuat artikel anda singkat.

5. Sisipkan Link ke Situs Otoritas Yang Relevan

Sisipkan link ke situs otoritas yang relevan dengan topik yang Anda tulis. Tambahkan tag rel='dofollow' dalam link tersebut.

Anda tidak usah khawatir ranking situs Anda akan jatuh karena memberi link keluar semacam ini.

Selama link eksternal ke web-web otoritas tetap relevan dengan topik artikel, maka link eksternal ini malah akan mendongkrak peringkat Anda di laman pencarian Google.

Hal ini karena situs web Anda menjadi pintu gerbang bagi spider Google untuk merayapi situs-situs besar tersebut.

Tentu Google juga menilai web Anda adalah web yang baik karena selalu mereferensikan web-web yang sudah tepercaya.

Di lain pihak External Link juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang lebih akurat.

6. Penempatan Kata Kunci Pada Artikel

Ketika menulis artikel pastikan untuk meletakkan kata kunci dan penempatan hyperlink di dalam teks, hal ini untuk memudahkan spider mengindeks halaman web.

Inilah yang membedakan artikel biasa dengan artikel SEO friendly.

Keyword adalah kata kunci atau frasa, akan digunakan oleh orang-orang untuk mencari informasi mengenai topik yang Anda tulis. Sebagai contoh, frasa untuk artikel "souvenir" dapat berupa "toko souvenir" atau "toko souvenir pernikahan" sementara kata kuncinya dapat berupa "souvenir" atau " cinderamata".

Kata kunci sebuah artikel sangat penting, karena semua frasa yang telah Anda daftarkan sangat memudahkan pembuatan metadata halaman artikel tersebut, yang merupakan bagian dari kode HTML. Hal ini akan memudahkan spider merayapi dan mengindeks halaman situs blog Anda.

Kata kunci yang berhasil didaftarkan oleh "spider" akan dikirim ke setiap halaman di Internet. Spider "merayapi" seluruh halaman web dan situs, dan menganalisa seberapa baik kualitas sebuah artikel.

Salah satu cara spider merayapi halaman sebuah web adalah dengan "mendaftarkan" keyword dan frasa kunci untuk menentukan topik sebuah halaman web, spider juga mendeteksi seberapa sering setiap keyword atau frasa digunakan.

Dengan demikian spider dapat menentukan kualitas sebuah artikel seperti, apakah artikel tersebut menggunakan tata bahasa yang benar?

Spider juga dapat menentukan jenis hyperlink inbound maupun outbound. Hyperlink merupakan sebuah link diarahkan ke halaman lain relevan maupun tidak relevan.

Berikut cara meletakkan kata kunci yang benar di dalam artikel

a. Menempatkan kata kunci pada judul artikel
Judul artikel merupakan bagian penting dan efektif dalam artikel SEO. Mesin pencari seperti Google menaruh perhatian yang amat besar pada judul sebuah artikel dan judul sebuah blog. Itulah sebabnya mengapa kata kunci sangat penting diletakkan pada bagian judul.

Disarankan untuk menempatkan kata kunci pada bagian awal atau kata pertama pada judul artikel. Dan lebih baik lagi jika judul artikel itu adalah kata kunci itu sendiri.

Buatlah judul setiap artikel yang unik dan akurat. Berikan judul artikel yang menarik yaitu dengan tata bahasa yang benar dan tidak menyertakan tanda baca seperti tanda tanya, koma, titik, tanda sambung dan lain sebagainya.

b. Menempatkan kata kunci pada URL halaman
Cara membuat URL halaman yang benar adalah dengan membuatnya sesingkat mungkin. Hindari membuat URL halaman yang terlalu panjang yang dapat menyulitkan orang untuk mengingat halaman blog Anda. Tempatkan kata kunci di dalamnya.

Prinsipnya sama juga dengan membuat judul artikel, idealnya adalah URL artikel itu merupakan kata kunci itu sendiri.

c. Menempatkan kata kunci dalam artikel
Masukkan kata kunci ke dalam artikel minimal 3 buah atau sesuaikan dengan panjang artikel yang Anda buat. Idealnya diletakkan pada paragraf pertama, pertengahan dan pada paragraph terakhir dari artikel Anda.

Hindari menggunakan kata kunci berlebihan dalam artikel. Penggunaan yang berlebihan dalam artikel benar-benar akan berdampak negatif untuk mesin pencari.

Selingi kalimat-kalimat dalam artikel dengan bahasa alami dan tidak terlalu banyak menggunakan kata kunci atau frasa kunci. Kepadatan kata kunci disarankan adalah 1-3%.

Jika memungkinkan buat kata kunci dan frasa kunci dalam format huruf tebal atau huruf miring.

Jangan terlalu sering menggunakan kata kunci karena Google akan menganggap Anda melesakkan kata kunci.

Jangan sekali-kali melakukan hal-hal konyol yang dapat membuat blog Anda dicuekin Google. Sebaiknya tempatkan frasa kunci pada kata-kata ke 155 sampai dengan kata ke 200.

d. Menempatkan kata kunci pada Sub Heading.
Pilah artikel kedalam beberapa paragraf pendek dengan memberikan subheader. Menggunakan "kata kunci paling utama" dan frasa kunci pada bagian pembuka artikel sebanyak mungkin, sebaiknya ditempatan dalam kalimat pertama dan di paragraf pertama.

7. Buat Meta Description Dengan Benar

Meta description tidak akan berpengaruh pada peringkat di mesin pencari.

Namun teks yang dimasukkan ke dalam meta description akan terlihat di halaman hasil pencarian, dan menjadi acuan kedua bagi pengguna untuk berkunjung ke situs Anda setelah judul artikel.

Oleh Karena itu buatlah teks dalam meta description dapat mewakili isi keseluruhan artikel yang bersangkutan.

8. Sertakan hyperlink Dalam Artikel

Hyperlink adalah link ke halaman lain atau halaman web lain yang relevan dengan topik artikel.

Anda dapat menyorot kata atau frasa dan menambahkan link web yang ingin ditautkan.

Pastikan setiap link ke suatau halaman atau situs web menawarkan informasi relevan dan berkualitas serta navigasi yang mudah.

9. Bangun Backlink dan Bagikan Artikel Anda

Link merupakan pintu gerbang bagi Google untuk menjelajahi konten Anda.

Pastikan Anda mendistribusikan link-link yang berisi konten Anda ke berbagai website atau blog termasuk pula jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Tumblr dan lain-lain yang mendorong jaringan pertemanan Anda untuk membagikan kembali link-link tersebut kepada kolega mereka.

Penutup

Pastikan Anda mengunakan tata bahasa yang baik dan benar dalam artikel dan tidak ada kesalahan ejaan.

Selingi kalimat-kalimat dalam artikel Anda dengan bahasa alami dan tidak terlalu banyak menggunakan kata kunci atau frasa kunci. Kepadatan kata kunci disarankan adalah 1-3%.

Penempatan kata kunci terbaik dalam menulis artikel adalah pada judul dan pada kalimat pertama dengan huruf tebal atau italic.

Ini bermanfaat untuk menekankan kata kunci berpengaruh pada algoritma Google ketika spider melakukan perayapan pada halaman situs. Kemudian sebagai selingan cobalah buat kalimat pertama dengan pertanyaan.

Sebagaimana pada kalimat pertama demikian pula pada kalimat terakhir, tambahkan frasa dan kata kunci, hal ini untuk memberi penekanan lainnya pada kata kunci yang digunakan.

Saya kira inilah cara menulis artikel yang baik dan SEO friendly yang dapat saya tulis kali ini. Tentunya masih banyak terdapat kekurangan. Komentar Anda akan sangat membantu untuk penyempurnaan artikel ini.

Daftar Isi:

  1. Belajar SEO - Tips SEO Gratis Untuk Pemula dalam Menerapkan SEO
  2. Apa itu SEO dan Bagaimana Cara Kerja SEO?
  3. Riset Kata Kunci dan Analisa Peluang di Halaman Pencarian Google Untuk Pemula
  4. On Page SEO: Optimasi Halaman dan Konten Website Untuk Mesin Pencari
  5. Cara Menulis Artikel Yang Baik dan SEO Friendly
  6. SEO Off Page: Meningkatkan Rangking Website dan Popularitas
  7. Domain Authority dan Cara Meningkatkannya