Riset Kata Kunci Dan Analisa Peluang di Halaman Pencarian Untuk Pemula - SEOBlog.id

Riset Kata Kunci Dan Analisa Peluang di Halaman Pencarian Untuk Pemula

3 metode riset kata kunci sederhana ini menjelaskan kepada Anda tentang cara menemukan niche berdasarkan kata kunci yang relevan dengan bisnis atau produk Anda. Caranya adalah dengan menganalisa peluang di halaman pencarian sehingga Anda dapat memahami apa sebenarnya yang dibutuhkan oleh mesin pencari dari sebuah situs.

Riset Kata Kunci

Mengapa sebuah situs dapat bertengger di halaman satu pencarian Google dalam waktu yang cukup lama?

Apa saja faktor yang menyebabkan Google memprioritaskan situs-situs terbsebut?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas kita harus memahami beberapa komponen situs yang yang menjadi faktor tingginya peringkat sebuah situs di mesin pencari. Berikut penjelasan 3 cara riset kata kunci dan anilisa peluang di halaman pencarian:

#1. Melihat Komponen Situs yang Muncul di SERPs.

Perhatikan 3 komponen situs yang muncul di hasil pencarian Google. Perlu dicatat bahwa keberhasilan penerapan SEO pada sebuah situs sangat ditentukan oleh optimalisasi 3 komponen ini.

On Page SEO: Optimasi Halaman dan Konten Website Untuk Mesin Pencari

Salah satu tempat terbaik untuk belajar SEO adalah di halaman hasil pencarian (SERPs) Google sendiri

Dengan melacak komponen-komponen ini, kita dapat mempelajari penggunaan teknik SEO dengan efektif untuk meningkatkan peringkat pencarian.

Catatan...

Setiap kata atau frasa yang Anda gunakan dalam pencarian dan muncul di salah satu dari ketiga komponen ini di hasil pencarian, dicetak tebal?

On Page SEO: Optimasi Halaman dan Konten Website Untuk Mesin Pencari

Google sengaja melakukan ini untuk menarik perhatian kita ke hasil pencarian yang paling relevan.

Manfaatkan informasi kata kunci ini untuk diterapkan di situs Anda guna meningkatkan peringkat pencarian di Google.

Bagaimana caranya?

Simak langkah-langkah berikut:
  1. Buka Google lalu cari frase yang berhubungan dengan bisnis atau niche Anda yang paling akrab di benak pelanggan. Ini bisa berupa 'Rental Mobil Jakarta', 'Kopi Aceh' atau 'Jasa Desain Rumah Jakarta'.
  2. Pilih hasil teratas. Kita akan melihat lebih dekat komponen tersebut lebih lanjut.

Perhatikan 3 komponen berikut dan nantinya kita akan mengoptimasi bagian-bagian ini di situs Anda, berikut ini:

Optimasi Halaman dan Konten Website Untuk Mesin Pencari

1. Title Tag

Title Tag (Judul) berwarna biru, antara 50-60 karakter, dan berada di urutan teratas.

2. URL Situs

Berikutnya adalah URL. Ini adalah alamat web halaman, dan ditampilkan dengan warna hijau.

3. META Description

META Description ditampilkan dengan warna abu-abu, dan biasanya antara 150-160 karakter

Inilah 3 komponen yang dapat kita optimalkan untuk meningkatkan peringkat situs di hasil pencarian Google.

Dengan memanfaatkan kata kunci dari Google tersebut dan menambahkannya ke dalam 3 komponen situs tadi,  kita dengan mudah dapat meningkatkan peringkat pencarian di halaman hasil pencarian Google.

Mengapa demikian?

Karena Google menganggap halaman situs Anda relevan dengan pencarian saat itu.

Dengan kata kunci yang dilekatkan pada komponen-komponen tersebut, pengguna melihat bahwa situs web Anda berisi informasi yang mereka cari dan memberikan kemungkinan lebih besar kepada mereka untuk mengklik situs Anda.

#2. Faktor Apa Saja Yang Mempengaruhi Peringkat Situs di SERPs Google?

Pertanyaan yang tepat adalah bagaimana cara Google Search memberi peringkat kepada sebuah situs?

Jawaban dari pertanyaan ini sebenarnya sangat kompleks dan rumit...

Google sangat tertutup mengenai bagaimana mereka menentukan peringkat halaman situs. Tapi dengan menduga-duga setidaknya kita memiliki pemahaman yang lebih mendekati tentang bagaimana Google Search bekerja.

Lebih jelasnya begini:

Google menggunakan bot bernama Googlebot untuk menjelajah internet.

Bot ini bekerja:
  1. Temukan halaman baru
  2. Update yang sudah ada
Berikut setiap link yang ditemukan ke setiap halaman web, kemudian membuat indeks konten ke dalam database

Algoritma rahasia Google mempertimbangkan relevansi dan popularitas konten (antar puluhan variabel lainnya).

Kemudian, berdasarkan faktor-faktor tersebut mereka menilai dan memberi peringkat setiap halaman sesuai relevansinya dengan setiap frase pencarian dan menyajikan hasilnya dalam bentuk sebuah daftar.

Lebih jelasnya tentang pembahasan ini silakan merujuk ke Apa itu SEO dan Bagaimana Cara Kerja SEO?

Faktor-faktor yang mempengaruhi rangking Google seperti dijelaskan berikut ini:

1. Konten

Apakah atribut konten di halaman, judul, dan elemen lain relevan dengan pencarian yang sedang dilakukan?

2. Authority

Apakah konten layak baca? disukai pengguna? memiliki nilai dan bermanfaat, konten dihormati yang di-link oleh situs otoritas lain dan dibagikan sebagai sumber informasi yang berharga?

3. Performance

Apakah loading situs lebih cepat ketika dibuka, tajam, dan berfungsi dengan baik untuk berbagai perangkat (moblie dan desktop) terhadap pencarian dilakukan.

4. Kepuasan Pengguna

Apakah situs mudah dinavigasi? Menarik perhatian? Apakah mepengaruhi pengguna merujuk ke halaman lain, atau apakah mereka meninggalkan (menutup) situs Anda dan kembali ke hasil pencarian?

Akhirnya situs yang memiliki relevansi paling mendekati dengan frase pencarian akan diberi peringkat.

Halaman yang menerapkan teknik SEO seperti yang dijelaskan di atas dapat mengirim sinyal paling jelas ke Googlebot bahwa ya, situs ini adalah yang dicari oleh pencari.

Akhirnya meningkatkan rating dan meningkatkan posisi dalam pencarian.

#3. Cara Memilih Kata Kunci Yang Tepat Untuk Situs Anda

Kesalahan paling umum dilakukan blogger pemula adalah tidak menargetkan kata kunci. 

Padahal...

Keputusan terpenting yang harus diambil ketika membangun blog atau web adalah memilih kata kunci yang tepat.

Berikut ini akan saya jelaskan 3 cara memilih kata kunci dengan sederhana, mudah dan cepat. Kemudian memutuskan keywords yang cocok untuk blog atau bisnis Anda.

Namun jika ingin memperdalam penggunaan tool Keyword Planner dari Google dapat merujuk ke Cara Riset Kata Kunci Dengan Google Keyword Planner

Inilah 3 cara cepat riset kata kunci dan analisa peluang di halaman pencarian:

Cara ke #1: Melihat kompetitor dan peluang di halaman hasil pencarian Google

Dengan metode ini ada 3 hal yang dapat kita lakukan:

1) Menentukan kata kunci yang lebih akurat untuk situs blog Anda.

2) Competitor Anda beperingkat lebih tinggi pastinya dengan satu alasan, apa saja? ya mereka menggunakan kata kunci yang tepat di semua tempat yang tepat. 

3) Jadi gunakan cara mereka untuk diterapkan pada web / blog Anda.

Begini caranya:

Cari di Google frasa yang berkaitan dengan bisnis Anda, contohnya sebagai berikut:

On Page SEO: Optimasi Halaman dan Konten Website Untuk Mesin Pencari

Catat situs yang bertengger pada posisi 5 besar di halaman pencarian.

On Page SEO: Optimasi Halaman dan Konten Website Untuk Mesin Pencari

Melihat Optimasi On-page Pesaing

Klik salah satu situs dari daftar hasil pencarian, kemudian perhatikan setiap halaman, dan catat kata kunci dan frase yang digunakan di seluruh halaman:
  1. Title Tags
  2. Headings
  3. Di Dalam Content
  4. Di Dalam ALT Tags Gambar
  5. Di Dalam Menu
Klik kanan pada halaman dan pilih 'View Source'. Sekarang cari kata kunci yang digunakan situs ini di dalam Title dan Meta Description

On Page SEO: Optimasi Halaman dan Konten Website Untuk Mesin Pencari

Selesai...

Cara ke #2: Mencari Kata Kunci di Forum-forum 

Tidak ada yang tahu apa yang ada di benak pengguna ketika mencari sesuatu di mesin pencari kecuali si pengguna itu sendiri

Tapi dengan melacaknya di forum-forum dan jejaring sosial, kita dapat menebak dan memperoleh ide kata kunci yang baik untuk diterapkan dalam situs.

Melalui forum kita dapat menemukan kata yang tepat saat mereka berdiskusi tentang layanan, topik blog yang berhubungan dengan bisnis yang Anda tawarkan.

Caranya sangat sederhana. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Buka Google.

Masukkan salah satu istilah pencarian

On Page SEO: Optimasi Halaman dan Konten Website Untuk Mesin Pencari

Klik salah satu forum yang sesuai dengan bisnis atau blog Anda

On Page SEO: Optimasi Halaman dan Konten Website Untuk Mesin Pencari

Catat kata-kata yang digunakan pengguna forum ketika membicarakan bisnis Anda.

On Page SEO: Optimasi Halaman dan Konten Website Untuk Mesin Pencari


Cara ke #3: Menggunakan Tool Ubersuggest.io

Jika masih kesulitan memperoleh ide kata kunci, pertimbangkan penggunaan tool pencari keyword ubersuggest.io

Tool ini dapat membantu menemukan variasi kata kunci untuk topik tertentu.

Cara kerja Ubersuggest yaitu menggabungkan kata kunci yang Anda berikan dengan serangkaian istilah lain yang menghasilkan banyak kata kunci turunan yang mungkin tidak kita duga.

Cara penggunaannya sangat mudah:

Buka ubersuggest.io

On Page SEO: Optimasi Halaman dan Konten Website Untuk Mesin Pencari

Pada search bar masukkan kata kunci dan pilih dari negara mana Anda ingin melacak kata kunci lalu klik suggest

On Page SEO: Optimasi Halaman dan Konten Website Untuk Mesin Pencari

Berikutnya ubersuggest akan menampilkan daftar kombinasi kata kunci turunan untuk Anda.

On Page SEO: Optimasi Halaman dan Konten Website Untuk Mesin Pencari

Tip! Kata kunci dapat berbeda-beda tergantung lokasi atau negara yang dipilih, untuk mendapatkan hasil maksimal perlu mengulangi pencarian dengan menggunakan lokasi negara berbeda.

Sampai di sini Anda sudah dapat memutuskan Topik dan kata kunci yang tepat untuk web atau blog Anda.

Penutup

Cara riset kata kunci dan analisa peluang di halaman pencarian di atas hanyalah metode dasar yang dapat Anda lakukan sebagai pemula. Setidaknya Anda sudah dapat menentukan niche berdasarkan kata kunci yang relevan dengan bisnis atau proeuk yang Anda jual.


#0. Daftar Isi - Belajar SEO

#1. Apa itu SEO?

#2. On Page SEO


SEOBlog.id