Domain Authority dan Cara Meningkatkannya

Domain Authority atau Otoritas Domain, atau seperti Google menyebutnya, 'Otoritas Bisnis Online', merupakan faktor penting untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari. Tingkatkan skor Domain Authority agar website Anda tampil dihalaman pertama Google. Lalu apa itu Domain Authority ?

Gambar Domain Authority | SEOBlog.id

Belum ada yang tau persis indikasi seperti apa yang digunakan Google dalam memberi peringkat dan popularitas, reputasi atau trust (kepercayaan) terhadap sebuah Domain atau Bisnis Online di luar Google. Saya sendiri justru melihatnya kepada situs yang populer, bereputasi dan terpercaya - dimana semuanya itu dapat dipalsukan tentunya.

Simak video berikut:
(Anda bisa klik subtitle untuk melihat terjemahan dalam bahasa Indonesia)



Apa itu Domain Authority?

Domain Authority (DA) adalah skor peringkat sebuah domain di mesin pencari yang dikembangkan oleh Moz untuk memprediksikan seberapa bagus sebuah website muncul di halaman hasil pencarian search engine (SERPs).

Skor Domain Authority ini berkisar antara 1 hingga 100, dengan skor 100 yang terbaik, diperoleh sesuai dengan kemampuan sebuah domain untuk mendapatkan peringkat.

Domain Authority dihitung dengan mengevaluasi hubungan beberapa faktor seperti root domain, jumlah total link, MozRank, MozTrust, dll - yang kesemuanya menghasilkan sebuah nilai tunggal DA.

Skor ini kemudian digunakan untuk menilai sebuah website dengan melacak seberapa baik "kekuatan peringkat" website selama kurun waktu tertentu.

Hanya sebagian kecil situs yang memiliki DA 100, termasuk Facebook, Twitter, dan Wikipedia.

Mengapa Domain Authority Begitu Penting?

Domain Authority adalah standar penilaian domain terbaik tentang seberapa bagus peringkat sebuah situs web di mesin pencari. Sebuah situs dengan DA 45, memiliki kemungkinan lebih besar untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian, dibandingkan sebuah situs dengan DA 25.

Semakin tinggi Otoritas Domain Anda, semakin sulit mencapai tingkat berikutnya.

Blog Indonesia kategori Tutorial Blog dan SEO yang memiliki peringkat tertinggi yang pernah saya kunjungi adalah Sugeng.id dengan nilai DA 49 pada saat artikel ini dibuat.

Biasanya website dengan nilai DA lebih dari 30 adalah dimana situs tersebut mulai mendapatkan arus trafik yang baik dari Google dan mesin pencari lainnya.

Sebagian besar situs pemilik doamain authority / otoritas bisnis online memiliki banyak link ke mereka - hal ini pasti - itulah sebabnya mengapa link building secara tradisional menjadi taktik paling disukai dan populer - dan dengan sejumlah link ini biasanya oleh kebanyakan tool pihak ke-tiga dihitung sebagai skor dan otoritas domain semu belaka.

Di masa lalu otoritas domain dan peringkat 'trust' diberikan secara besar-besaran kepada situs yang sangat sukses dalam artian yang telah mendapatkan banyak link dari sumber yang dapat dipercaya, dan juga dari otoritas bisnis online lainnya.

SEO sendiri lebih sering berbicara tentang domain tepercaya (trust domain) dan domain authority berdasarkan jumlah, jenis dan kualitas link masuk ke situs.

Lihat juga Cara Memilih Nama Domain yang Tepat

Cara Mendapatkan Domain Authority

Bagaimana cara mendapatkan Domain Authority?

Sebenarnya setiap situs juga bisa mendapatkan domain authority yaitu dengan membangun brand atau layanan memuaskan serta banyak dibutukan orang dan biasanya, banyak konten bermanfaat di situs Anda.

Contoh domain authority dan tepercaya diantaranya Wikipedia, W3C dan Apple.

Lihat juga Cara Menulist Artikel Yang Baik dan SEO Friendly

Cara Memanfaatkan Domain Authority

Bagaimana cara memanfaatkan otoritas bisnis online Anda?

Asalkan brand Anda besar... entah  dengan menggunakan cara-cara SEO tingkat dewa atau mengisi situs Anda dengan banyak informasi - misalnya memposting banyak konten berkualitas setiap harinya pada subjek apa saja... Google akan memberi peringkat untuk Anda.

Kecuali... jika apa yang Anda publikasikan dianggap berkualitas rendah dan tidak relevan untuk domain Anda maka jangan berharap akan muncul di hasil pencarian Google.

Quality Score (Skor Kualitas) yang dikembangkan Google bisa menjadi jawaban bagi Google atas penyalahgunaan wewenang domain historis semacam ini.

Dari sini kita dapat melihat dan meniru apa yang telah dilakukan situs-situs besar yang memiliki otoritas domain menurut Google, dan mengapa Google memberi peringkat tinggi dalam hasil pencarian, termasuk dalam memberikan layanan, konten dan pengalaman pengguna.

Tentu hal ini membutuhkan waktu dan sumber daya yang tidak sedikit, walau hanya meniru.

Sebenarnya konten adalah satu-satunya cara agar bisnis online berkelanjutan dan untuk menjangkau kepercayaan pengguna paling tidak di niche lokal.

Harus diakui usaha-usaha membangun backlink yang terfokus dapat membantu meningkatkan peringkat situs, dan tentunya Anda harus berusaha untuk mempromosikan tentang situs Anda kepada orang lain.

Mendapatkan backlink dari domain authority yang relevan dapat mendongkrak peringkat Anda di mesin pencari

Branding Sebagai Solusi

Memiliki konten berkualitas, artikel yang panjang adalah cara yang baik meningkatkan SEO.

Jika 'branding' Anda mendapat kepercayaan tinggi di  niche lokal, atau banyak dirujuk dengan baik oleh situs-situs otoritas lain, Google akan senang hati memberi peringkat yang baik.

Mengapa demikian?

Karena Google percaya Anda tidak akan melakukan spam dan mengisi halaman konten dengan omong kosong dan membuat Google terlihat bodoh di mata pengguna.

Ketika Google memberi wewenang dan kepercayaan yang begitu besar terhadap sebuah domain, maka sebagai pemilik sudah sepatutnya Anda menghargainya dengan sangat tinggi pula, karena  itu artinya 'uang yang akan mengalir ke pundi-pundi Anda'.

Tip - Jaga agar konten tetap relevan dengan topik, kecuali jika Anda menghasilkan konten berkualitas tinggi, tentu saja dan jangan sampai algoritma Google mendeteksi adanya praktik yang tidak wajar.

Mendapat Link dari Domain Authority

Dari mana datangnya backlink berkualitas?

Mendapatkan backlink dari domain otoritas atau situs pagerank tinggi dengan topik relevan itu artinya "Backlink Berkualitas"

Kedengarannya memang gampang tapi mendapatkan backlink berkualitas tidak mudah, inilah poinnya.

Bukankah tujuan kita membuat situs untuk mengangkat brand bisnis secara online?

Apakah Google Lebih Mengutamakan Branding di SERP Organik?

Brand Besar memiliki keunggulan tersendiri dan melekat di ekosistem Google, dan ini sangat menyulitkan situs-situs kecil.

Bila dibandingka ada lebih banyak bisnis kecil daripada situs raksasa dengan brand besar yang dapat memberi keuntungan bagi Google.

Sulit membayangkan bahwa sistem seperti Google dirancang dengan tidak tepat dalam pemberian peringkat di hasil pencarian mereka.

Dan faktanya halaman pertama Google lebih banyak diisi oleh BRAND BESAR dengan peringkat tinggi karena konten mereka berada pada level domain authority.

Untuk situs kecil... apa masih mungkin berhasil?

"Kenapa tidak..."

Usaha kecil masih bisa berhasil jika tetap fokus pada strategi berdasarkan kedalaman, bukan luasnya samudra di internet.

Dengan merajut konten terstruktur dari halaman ke halaman dalam situs atau blog yang dimiliki sedikit demi sedikit akan mendongkrak popularitas Anda di dunia maya.

Lihat juga On Page SEO Optimasi Konten dan Halaman Website Untuk Mesin Pencari

Walau hampir semua kata kunci utama baik untuk produk dan jasa sudah ditempati oleh banyak pemain besar, pasarkanlah produk yang masih sedikit atau belum ada pesaingnya.

Cari saja di Google, masih banyak jenis usaha dan produk yang belum sarat dengan pesaing sehingga walau kita masih kecil dalam luasnya lautan internet, Anda akan terlihat besar dan selalu memenangi hati prospek dan calon pengguna yang datang lewat mesin pencari.

Apakah Usia Domain Mempengaruhi Peringkat Google?

Domain berusia 7 tahun namun tidak dikenali Google sama saja dengan memiliki domain baru.

Tetapi jika website yang selama 7 tahun terus menerus direferensikan dan dilink oleh situs-situs lain akan terlihat lebih berwibawa dan tepercaya.

Tentu Domain seperti ini sangat sangat berharga bukan?

Lihat video berikut:



Namun yang menjadi faktor peringkat di mesin pencari bukan umur website itu sendiri.

Jika domain baru berumur satu tahun namun dereferesnsikan dan dilink oleh situs-situs otoritas akan sama berharganya bahkan lebih berharga dibanding domain yang sudah berusia 7 tahun.

Mungkin umur domain juga ikut berperan jika faktor-faktor lain ikut jadi pertimbangan dalam mempengaruhi rangking di mesin pencari.

Kesimpulannya semua komponen ikut menjadi faktor dan kondisi peringkat sebuah situs di mesin pencari.

Faktor Lain Yang Mempengaruhi Peringkat Domain:

  • Usia domain; (berpengaruh jika bersama dengan faktor-faktor lain)
  • Lamanya pendaftaran domain; (Domain yang berharga dan sah biasanya dibayar untuk beberapa tahun kedepan, sementara domain yang tidak jelas jarang digunakan lebih dari satu tahun) - membayar domain untuk beberapa tahun di muka biasanya untuk menjaga agar domain tidak diambil alih dan digunakan orang lain, hal ini juga menjadi faktor pertimbangan Google untuk otoritas sebuah domain.
  • Informasi Pendaftaran Domain disembunyikan / anonim; (bisa-bisa dianggap domain spam)
  • Domain tingkat atas situs (TLD) (fokus geografis, misalnya com versus co.id); 
  • Domain tingkat atas situs (TLD) lainnya (misalnya .com versus .info); (tergantung)
  • Sub domain atau domain root? (tergantung)
  • Riwayat domain di masa lalu domain (seberapa sering IP berubah); (tergantung)
  • Pemilik Domain sebelumnya (hati-hati jika membeli domain bekas) (tergantung)
  • Kata kunci dalam domain; 
  • IP Domain; (tergantung - untuk sebagian besar, tidak)
  • Setelan penargetan geografis (negara target) di Google Webmaster Tools

Kesimpulan

Tidak ada jaminan website Anda akan memperoleh skor 100, karena kita tahu betapa sulitnya mencapai nilai Domain Authority (DA) 100 seperti Facebook! Namun dengan menerapkan yang ada dalam panduan ini setidaknya dapat mendongkrak posisi Anda di SERPs. Inilah cara agar website tampil dihalaman pertama Google. Hanya ini yang dapat saya tulis kali ini mudah-mudahan ada manfaatnya. Selanjutnya Anda yang menambahkan...

Daftar Isi:

  1. Belajar SEO - Tips SEO Gratis Untuk Pemula dalam Menerapkan SEO
  2. Apa itu SEO dan Bagaimana Cara Kerja SEO?
  3. Riset Kata Kunci dan Analisa Peluang di Halaman Pencarian Google Untuk Pemula
  4. On Page SEO: Optimasi Halaman dan Konten Website Untuk Mesin Pencari
  5. Cara Menulis Artikel Yang Baik dan SEO Friendly
  6. SEO Off Page: Meningkatkan Rangking Website dan Popularitas
  7. Domain Authority dan Cara Meningkatkannya