Cara Mengetahui Pesan yang telah dihapus pada WhatsApp dengan Mudah

Kalian pasti pernah dong mendapat pesan WA tetapi telah di hapus oleh pengirim? Hal ini tentunya bikin penasaran bukan? Nah coba kalian ikuti Cara Mengetahui Pesan WhatsApp yang telah dihapus dengan mudah berikut ini.

Tidak dapat disangkal, WhatsApp telah menjadi messenger paling favorit sepanjang masa. Dengan peningkatan aplikasi yang selalu update selama bertahun-tahun, pada tahun 2017 ia meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengirim menghapus teks mereka dari chat WhatsApp dalam waktu 7 menit setelah mengirimnya.

Fitur ini tidak hanya menghapus pesan teks tetapi juga file media, seperti gambar, video, audio, dll. Tidak diragukan lagi, fitur ini dapat menjadi penyelamat dan membantu kamu menghapus pesan yang terkirim secara tidak sengaja.

Namun, di sisi lain,  ‘Pesan ini telah dihapus’ bisa sangat mmebuat kita penasaran. Tapi tentu saja, kami selalu berhasil menemukan beberapa celah. Fitur ‘hapus untuk semua orang’ tidak begitu solid.

Kami telah menemukan sejumlah cara untuk mengembalikan riwayat pemberitahuan Kamu, termasuk pesan WhatsApp yang dihapus.

4 Cara Mengetahui Pesan WhatsApp yang telah dihapus

cara megetahui pesan yang telah dihapus pada Whats App

1. Backup Chat Whatsapp

Pernah mendengar tentang Backup Chat WhatsApp sebelumnya? Jika tidak, maka izinkan saya memberi kamu penjelasan singkat tentang hal itu. Seharusnya, kamu menghapus pesan penting secara tidak sengaja dan kamu ingin memulihkannya sesegera mungkin, coba lakukan melalui metode backup Chat WhatsApp.

Biasanya, setiap malam jam pagi, Whatsapp membuat backup secara default. Kamu bahkan memiliki tiga opsi berbeda untuk mengatur frekuensi penbackup menurut Kamu, yaitu harian, mingguan, atau bulanan . 

Namun, jika kamu memerlukan penbackup rutin, pilih setiap hari sebagai frekuensi penbackup yang disukai di antara opsi.

Untuk memulihkan chat WhatsApp yang dihapus menggunakan metode backup, ikuti langkah-langkah ini:

  • Pertama, hapus instalan aplikasi WhatsApp yang sudah ada di ponsel Android kamu dengan masuk ke Google Play Store dan cari WhatsApp di dalamnya.
  • Saat kamu menemukan Aplikasi, klik di atasnya, dan tekan opsi Uninstall . Tunggu hingga terinstal.
  • Sekarang, ketuk lagi tombol Instal .
  • Setelah diinstal, luncurkan Aplikasi dan setujui semua Syarat dan Ketentuan.
  • Pastikan kamu memasukkan nomor ponsel yang benar bersama dengan kode negara kamu untuk verifikasi digit Kamu.
  • Sekarang, kamu akan mendapatkan opsi untuk Mengembalikan chat kamu dari backup.
  • Cukup, klik tombol Pulihkan dan kamu akan berhasil memulihkan chat WhatsApp Kamu, begitu saja.

2. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Mencadangkan Chat

Seperti biasa, kamu dapat mengandalkan aplikasi pihak ketiga saat dalam masalah. Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat kamu gunakan untuk membaca pesan yang dihapus di WhatsApp. 

Kamu dapat menemukan banyak aplikasi di Google Play Store seperti WhatsDeleted, WhatsRemoved+, WAMR, dan WhatsRecover, dll.

Untuk mengembalikan pesan WhatsApp yang dihapus baik oleh kamu atau pengirim. Aplikasi semacam itu akan membantu kamu mempertahankan log notifikasi yang teratur seperti halnya register notifikasi sistem Android.

Meskipun, kepercayaan buta pada aplikasi pihak ketiga yang melibatkan pemberian akses penuh ke notifikasi Ponsel Android kamu adalah risiko keamanan yang sangat besar. Jadi, waspadalah terhadap itu! Namun, aplikasi ini memiliki sejumlah kelemahan. Menjadi pengguna Android, kamu hanya dapat memulihkan pesan yang dihapus yang telah berinteraksi dengan Kamu.

Interaksi seperti apa , kamu bertanya? Interaksi di sini termasuk, menggesek notifikasi dari bilah notifikasi atau mungkin pesan mengambang. Dan jika kamu diduga telah me-reboot atau me-restart ponsel Android Kamu, itu dapat menimbulkan masalah. 

Hal ini karena log pemberitahuan akan dihapus dan dihapus sendiri dari sistem Android dan hampir tidak mungkin bagi kamu untuk memulihkan pesan apa pun bahkan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga ini.

Jadi, pastikan kamu memperhatikannya sebelum melakukan tindakan apa pun.

Aplikasi untuk Cara Mengetahui Pesan WhatsApp yang telah dihapus Salah satu Contohnya Adalah Aplikasi WhatsRemoved+

Apakah kamu sudah cukup dengan teks ‘ Pesan ini telah dihapus ‘? Saya tahu pesan seperti itu bisa sangat mengganggu karena sering kali mengingatkan radar kecurigaan kamu dan dapat membuat kamu menggantung di tengah percakapan. WhatsRemoved+ adalah aplikasi yang sangat sederhana dan ramah pengguna. Jangan lewatkan yang satu ini.

Ikuti langkah-langkah ini untuk mempelajari cara menggunakan Aplikasi ini:

  • Buka Google Play Store dan temukan Aplikasi WhatsRemoved+ dan klik tombol Instal .
  • Setelah proses instalasi selesai, luncurkan aplikasi dan berikan izin yang diperlukan untuk mengakses aplikasi.
  • Setelah memberikan izin, kembali ke layar sebelumnya dan pilih aplikasi yang ingin kamu pulihkan notifikasinya.
  • Kamu akan menemukan daftar, pilih WhatsApp dari itu, lalu ketuk  Berikutnya .
  • Kemudian, klik Ya, lalu pilih tombol Simpan File  .
  • Menu popup akan muncul meminta persetujuan Kamu, ketuk Izinkan . kamu telah berhasil menyelesaikan pengaturan aplikasi dan sekarang siap digunakan.
caram menggunakan whats removed

Mulai sekarang dan seterusnya, setiap pesan yang akan kamu terima di WhatsApp, termasuk pesan yang dihapus, akan terlihat di aplikasi WhatsRemoved+.

Kamu hanya perlu membuka Aplikasi dan memilih WhatsApp dari daftar drop-down.

Beruntung bagi Kamu, aplikasi ini hanya tersedia untuk pengguna Android dan bukan untuk iOS. Meskipun, ini dapat mengganggu privasi Kamu, tetapi selama kamu dapat melihat pesan WhatsApp yang dihapus, tidak apa-apa, saya kira.

WhatsRemoved+ adalah salah satu aplikasi terbaik yang tersedia di Google Play Store. Satu-satunya kelemahan adalah terlalu banyak iklan , tetapi hanya dengan membayar 100 rupee, kamu dapat dengan mudah menyingkirkannya. Secara keseluruhan, ini adalah aplikasi yang luar biasa untuk digunakan.

Artikel lainnya:

3. Gunakan Aplikasi Notisave untuk Melihat Pesan yang Dihapus di WhatsApp 

Notisave adalah aplikasi pihak ketiga lain yang berguna untuk pengguna Android. Seperti namanya, aplikasi ini juga akan membantu kamu melacak notifikasi Kamu. 

Ini mungkin atau mungkin bukan pesan yang dihapus; aplikasi ini akan merekam masing-masing dan semuanya. kamu hanya perlu memberikan akses ke pemberitahuan kamu ke aplikasi.

Untuk menggunakan Aplikasi Notisave, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Google Play Store dan temukan Aplikasi Notisave .
  • Ketuk instal untuk mengunduhnya.
  • Setelah proses instalasi selesai, buka App.
  • Akan muncul menu Popup yang mengatakan ‘ Izinkan akses ke notifikasi? ‘ ketuk Izinkan .

Izin atau akses berikut akan menimpa semua aplikasi lain untuk mengumpulkan data notifikasi. Saat kamu meluncurkan aplikasi pada awalnya, cukup berikan izin yang diperlukan agar aplikasi dapat bekerja dengan lancar dan sinkron.

  • Selanjutnya, daftar drop-down akan muncul, temukan WhatsApp dalam daftar dan aktifkan sakelar di sebelah namanya.

Mulai sekarang dan seterusnya, aplikasi ini akan mencatat semua pemberitahuan yang kamu terima, termasuk pesan-pesan yang kemudian dihapus oleh pengirimnya.

Kamu hanya perlu masuk ke log dan melacak notifikasi yang terhapus di WhatsApp. Dan begitu saja, pekerjaan kamu akan selesai. Meskipun pesan tersebut akan tetap terhapus di chat WhatsApp, namun kamu akan dapat mengaksesnya dan membaca notifikasi tersebut.

4. Coba gunakan Notification Log di Ponsel Android

Fitur Notification Log tersedia di semua ponsel Android. Percayalah, itu bekerja dengan sangat baik. Hanya dengan beberapa klik dan kamu memiliki Riwayat Pemberitahuan di depan Kamu. 

Ini adalah proses yang sederhana dan mendasar tanpa kerumitan dan tanpa risiko, tidak seperti aplikasi pihak ketiga lainnya.

Untuk menggunakan fitur Notification Log, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Buka Layar Beranda ponsel Android Kamu.
  • Tekan dan tahan di suatu tempat di ruang kosong di layar.
  • Sekarang, ketuk Widget , dan cari opsi Pengaturan widget pada daftar.
  • Cukup, tekan lama widget Pengaturan dan posisikan di mana saja di layar beranda.
  • Kamu akan melihat daftar beberapa opsi yang tersedia di layar.
  • Gulir ke bawah daftar dan ketuk Notification Log .

Terakhir, jika kamu mengetuk ikon Pengaturan Baru di Layar Utama, kamu akan menemukan semua Notifikasi Android dari masa lalu bersama dengan pesan WhatsApp yang terhapus yang ditampilkan sebagai notifikasi. Riwayat pemberitahuan kamu akan habis dan kamu dapat menikmati fitur baru ini dengan tenang.

Namun ada beberapa kekurangan yang dimiliki fitur ini, seperti:

  • Hanya sekitar 100 karakter pertama yang akan dipulihkan.
  • Kamu hanya dapat mengambil pesan teks dan bukan file media seperti video, audio, dan gambar.
  • Log Pemberitahuan hanya dapat memulihkan informasi yang diterima beberapa jam yang lalu. Jika rentang waktu lebih dari itu, kamu mungkin tidak dapat mengambil notifikasi.
  • Jika kamu me-reboot ponsel kamu atau mungkin menggunakan Pembersih ponsel, kamu tidak akan dapat memulihkan notifikasi karena ini akan menghapus semua data yang disimpan sebelumnya.

Artikel lainnya:

Memang hal ini terkadang suka membuat penasaran jika kalian berada di posisi tersebut, Namun dengan ada Cara Mengetahui Pesan WhatsApp yang telah dihapus diatas, kalian bisa mengetahui semuanya dengan mudah.