Cara Merekam Video HP dengan Stabil Agar Tidak Goyang

Bagaimana sih Cara Merekam Video HP dengan Stabil? biar gak goyang-goyang dan terlihat lebih cinematik dan kekinian seperti videografer professional?

Saat ini memang sudah zamannya serba digital dimana semuanya hampir sudah terpacu membuat konten video digital yang membuat banyak orang terpikat.

Sepertihalnya pada aplikasi-aplikasi video online saat ini yakni tiktok, youtube, instagram, dan juga facebook, banyak sekali orang yang membuat konten video yang menarik dan aestetik.

Dan memang yang paling utama dalam membuat konten video menarik yaitu dari kualitas gambarnya dimana harus smooth dan gak goyang.

Bagaimana Cara Merekam Video HP dengan Stabil?

cara merekam video dengan hp agar tidak goyang

Artikel lainnya:

Memang untuk mendapatkan video yang stabil itu minimal kita harus punya kamera ponsel yang sudah memiliki fitur OIS atau Optical Image Stabilizer.

Dimana fitur ois ini berfungsi agar menyetabilkan gambar video yang direkam meskipun tangan atau posisi pengambilan gambar itu tidak stabil.

Dan fitur ini biasanya terdapat pada kamera ponsel flagship dan menengah dan sudah support 60 hingga 240 fps baik itu 1080p ataupun 4K.

Akan tetapi saat ini HP-HP keluaran terbaru biasanya sudah banyak yang memiliki fitur ini walaupun memang belum ada fitur ois nya.

Lalu bagaimana sih cara membuat video itu stabil? sedangkan kita cuma punya hp kentang? kalian tenang aja gaes, ada banyak cara kok, dan gak melulu harus menggunakan aplikasi?

Berikut adalah tips dan cara agar video yang kita rekam menjadi stabil dengan atau tanpa aplikasi dengan mudah versi seoblog.id.

Tips dan Trik Merekam Video HP dengan Stabil Tanpa Aplikasi

Sebenarnya ada trik tersendiri agar video yang kita rekam itu menjadi stabil tanpa bantuan apapun yang mana kita hanya perlu menyetting di pengaturan kamera ponsel saja.

Dan beberapa triknya bisa kalian lihat dibawah ini.

1. Rekam pada Resolusi 1080p dengan 60 Fps

Cara Merekam Video HP dengan Stabil yang pertama, kalian lihat dulu spek kamrea hp kalian di pengaturan apakah sudah support pada 60fps denganresolusi 1080p.

Karena dengan menggunakan settigan 60 fps, video yang kita rekam itu akanterlihat smooth dan hal itu akan mengurangi guncangan atau ketidak stabilan.

Berbeda halnya dengan sttingan 30fps, yang meskipun terlihat lebih cerah gambarnya, akan tetapi video yang dihasilkan tidak maksimal dan goyang-goyang.

2. Pegang dengan dua Tangan

Kebanyakan orang suka mengambil video itu dengan hanya menggunakan satu tangan saja, hal Ini sering terjadi pada videografer pemula.

Dan kebanyakan hal ini membuat tangan menjadi tremor alias gemetaran, dan hal ini tidak bagus dalam mengambil video apa lagi video cinematic.

Nah, untuk mengatasinya, kalian bisa menggunakan dua tangan dalam memegang kamera baik itu kamera dslr ataupun kamera ponsel

3. Gunakan Tripod

Jika dirasa menggunakan dua tangan masih gemeteran, solusi lainnya kalian bisa menggunakan tripod untuk kamera kalian.

Pasalnya dengan tripod kalian gak perlu lagi memegang kameranya langsung, dan juga kalian bisa bawa alat ini sambil merekam.

Dan ini juga dapat mengurangi goyangan dan guncangan terhadap video yang kita ambil.

4. Kurangi Kecepatan Video

Jika kita hanya memiliki spesifikasi kamrea yang hanya support pada resolusi 1080fps dengan 30fps, ini bisa di akali dengan cara mengurasi kecepatan videonya.

Memang ini hanya bisa dilakukan dengan cara mengeditnya, dimana kalian bisa membuatnya menjadi gerakan lambat dan menguranginya hanya 20 atau 30% saja.

Ini sangat terlihat sekali perbedaannya jika dibandingkan dengan kecepatan normal video yang kita rekam, dan kalian bisa menggunakan aplikasi edit video cinematik atau aplikasi video slow motion.

5. Gunakan Alat Stabilizer

Cara agar Merekam Video HP dengan Stabil selanjutnya, Jika kalian ingin lebih maksimal lagi dalam pengambilan gambar tanpa bantuan aplikasi, kalian bisa menggunakan beberapa alat stabilizer kamera.

Ada banyak sekali alat seperti ini di berbagai toko online shop dengan harga yang terjangkau mulai dari 100ribuan aja kalian bisa membuat video menjadi stabil.

Dan ini sangat worth it sekali jika memang kalian suka membuat video untuk membuat konten video cinematic yang snagat aestetik.

Cara Agar Video Menjadi Stabil dengan Bantuan Aplikasi

Memang kebanyakan videographer yang professional maupun yang baru belajar pastinya mereka menggunakan bantuan aplikasi untuk menyetabilkan videonya agar lebih sempurna.

Selain itu juga dengan aplikasi kita juga dapat mengedit video menjadi lebih indah dan berwarna serta lebih hidup seperti pada video cinematic.

Dan ada beberapa aplikasi edit video yang saat ini lagi viral dan banyak digunakan oleh para konten kreator di berbagai platform video online.

Dan berikut adalah beberapa aplikasi penyetabil video terbaik yang paling banyak digunakan oleh parah videographer professional dan pemula.

Daftar Aplikasi Video Stabilizer Terbaik yang Lagi Viral

aplikasi stabilizer video

1. VN

Yang pertama ada aplikasi VN, yang mana ini adalah aplikasi yang lagi viral di tiktok dan juga di youtube karena banyak sekali konten video yang menarik yang dibuat tutorialnya.

Kebanyak para konten kreator media sosial menggunakan aplikasi ini untuk menyetabilkan videonya dan membuatnya terlihat lebih cinematik.

Kalian juga bisa melihat berbagai hasil yang dibuat oleh para konten kreator di tiktok, dan kalian bisa mencoba menggunakan aplikasi ini gratis di android dan iOS.

2. Kinemaster

Selanjutnya ada aplikasi kinemaster, yang pastinya kalian sudah paham dan kenal banget dengan aplikasi edit video terbaik hingga saat ini.

Ya, aplikasi ini paling banyak digunakan oleh para editor video karena memiliki fitur segudang yang sangat lengkap dan professional banget.

Kinemaster memiliki fitur VideoStabilizer di aplikasinya, dan kalian bisa mendownload dan menggunakannya dengan gratis di ponsel kalian.

3. Filmora

Aplikasi yang bisa digunakan untuk menyetabilkan gambar video lainnya adalah filmora, yang mana aplikasi ini sudah sangat terkenal dan banyak digunakan juga oleh para editor.

Aplikasi ini memiliki fitur yang sengat lengkap mulai dari membuat gerakan lambat, color grading, dan banyak efek gratis yang bisa digunakan.

Aplikasi ini bisa menjadi salah satu pilihan kalian untuk mengedit video kalian menjadi lebih smooth dan lebih aestetik untuk di posting di media sosial.

4. Imovie

Untuk para pengguna iphone, pastinya kalian gak asing lagi dengan aplikasi imovie, ya ini adalah aplikasi khusus iphone yang dikeluarkan oleh apple.

Aplikasi ini memang menjadi aplikasi terfavorit para pengguna iphone, karena memiliki fitur dan fungsi segudang dan sangat professional.

Memang aplikasi ini harus kalian download terlebih dahulu dan ukurannya juga lumayan besar, namun itu sesuai dengan fitur dan fungsi yang diberikan.

5. Power Director

Yang terkahir ada power director yang juga merupakan aplikasi edit video yang sangat terkenal dan banyak digunakan oleh para konten kreator.

Aplikasi ini bisa menjadi pilihan selanjutnya untuk kalian yang ingin membuat video kalian lebih stabil, smoth dan cinematik dengan mudah.

Kalian bisa mencobanya dengan mendownload aplikasinya di playstore ataupun di appstore dengan gratis.

Artikel lainnya:

Kesimpulannya

Untuk membuat video yang stabil, smooth dan gak goyang-goyang memang setidaknya harus memiliki kamera yang memumpuni dan minimal terdapat fitur OIS.

Namun demikian hal itu tidaklah menjadi patokan utama, karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk dicoba tanpa harus menggunakan fitur kamera yang mahal.

Dengan tips dan trik serta penjelasan diatas, harusnya kalian sudah bisa membuat video yang jauh lebih smoth dan stabil tanpa harus banyak alat.

Jadi silahkan kalian coba, dan semoga berhasil ya, terutama kalian yang sedang membangun chanel youtube ataupun tiktok.

Terimakasih.