Belajar SEO

10 Tool SEO Google Gratis Yang Harus Anda Tahu

10 Tool SEO Google Gratis Wajib Anda Gunakan

SEOBlog.ID - Inilah 10 tool SEO Google gratis yang harus Anda pertimbangkan. Anda tahu sebagian besar ahli SEO menggunakan beberapa diantara tool-tool ini secara teratur.

Jika Anda berkecimpung di marketing online saya sarankan untuk menggunakan minimal 2 atau 3 dari tool-tool ini.

Apakah Anda seorang internet marketer, penyedia layanan SEO atau konten marketer, suka atau tidak kepada Google Anda tetap harus pertimbangkan untuk menggunakan tool seo Google ini.

Tool-tool ini dapat membantu meningkatkan marketing digital Anda 

Berikut daftarnya:

1. Google Search Console

Google Search Console (secara resmi dikenal sebagai Webmaster Tool) adalah tool yang paling banyak digunakan oleh pemilik situs. Anda harus jadikan tool ini sebagai pilihan utama.

Mengapa?

Karena Search Console dapat memberikan informasi paling berharga tentang situs Anda. Anda dapat memastikan web Anda berjalan dengan semestinya dan dapat mengetahui dengan cepat jika ada masalah pada situs Anda.

Selain itu kita dapat mengidentifikasi dengan segera jika ada link yang rusak (broken link) atau terjadi masalah dengan perayapan, seberapa banyak halaman yang diindeks, menguji file robots.txt, struktur data dan masih banyak lagi.

Dengan tool ini Anda akan mengetahui cara Google memberi nilai pada elemen-elemen yang terdapat pada situs Anda.

Buka Google Search Console

2. Google Analytics

Dengan Google Analytics Anda dapat dengan mudah mengumpulkan data-data dari situs Anda untuk kemudian menganalisa konten, pengalaman pengguna, keberhasilan marketing Anda dan masih banyak lagi.

Kesimpulannya jika tidak menggunakan Google Analytis, dapat dipastikan Anda akan tertinggal jauh dari para pesaing.

Google Analytics akan tetap menjadi tool yang populer dan terus berkembang, meskipun ada beberapa tool lain yang menjadi pesaing Google Analytics seperti Clicky, Open Web Analytics, WebTrends, Omniture, dan lainnya.

Buka halaman Google Analytics

3. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah yang paling banyak digunakan. Tool ini dapat mengekstrak keyword berdasarkan volume pencarian (meskipun tidak 100% akurat) namun dibandingkan menggunakan tool lain Google Keyword Planner masih tetap yang paling populer.

Namun ada kekurangannya.

Pada pertama sekali menggunakan Google Keyword Planner Anda akan dapat kesan bahwa tool ini tidak dapat diandalkan.

Hal ini terlihat dari fungsinya lebih fokus pada PPC ketimbang tool riset keyword, dan seringkali kata kunci yang disarankan sangat luas.  Namun ada beberapa cara yang biasa digunaka untuk mendapatkan kata kunci yang sangat relevan dengan situs Anda.

Sebaiknya Anda membaca Cara Mencari Keyword yang Tepat dengan Menggunakan Google Keyword Planner

Atau dapat langsung membuka halaman Google Keyword Planner

4. Google Trends

Google Trends masih tetap jadi pilihan yang paling populer dikalangan blogger. Tool ini dapat membandingkan kata kunci berbeda pada lalu lintas pencarian Google, termasuk data riwayat pencarian, geografis, dan kata kunci yang terkait.

Anda dapat memahami apakah suatu topik pencarian sedang naik atau turun. Tentunya informasi berharga ini dapat dimanfaatkan untuk membuat konten menarik dengan topik yang sedang hot.

Google Trends adalah tool gratis dari Google

Anda dapat merinci pencarian paling populer pada tahun sebelumnya. Yang juga patut untuk dicoba adalah Hot Trends,melihat pencarian paling populer saat ini. Ini merupakan sumber inspirasi untuk membuat konten pada waktu yang tepat.

Untuk melihat topik apa yang sedang populer di Indonesia saat ini Anda dapat membuka halaman Pencarian Populer di Google Trends Indonesia Saat Ini di blog ini. Jadi tidak perlu repot-repot lagi melakukan filter di halaman Google Trends.

Buka Google Trends

5. Google Consumer Survey

Memahami audiens adalah kunci sukses untuk membuat situs web. Dengan memahami audiens situs Anda siap melayani kebutuhan mereka.

Anda tahu untuk membuat sebuah survey dapat menghabiskan dana yang tidak sedikit. Namun Google Consumer Survey tersedia secara gratis.

Tersedia 4 pilihan default yang disediakan, namun bila Anda ingin membuat lebih dari itu Anda akan dikenakan biaya.

Namun masih bisa mendapatkan data berharga tentang bagaimana pengguna melihat situs Anda. Ini sangat bermanfaat kala kita ingin menguji desain sebuah situs atau konten baru.

Buka Google Consumer Survey

6. PageSpeed Insights

Pada tahun 2010 Google mengumumkan bahwa kecepatan situs adalah sinyal dalam algoritma peringkat pencarian mereka. Kecepatan situs akan sangat berpengaruh bagi Google untuk memberi peringkat sebuah situs. Sebuah rist juga menunjukkan bahwa kecepatan situs memang berpengaruh pada visibilitas situs Anda di SERPs.

Anda dapat menggunakan tool ini secara gratis untuk menguji sebatas mana kecepatan situs Anda ketika dibuka dengan browser tertentu.

Tool Google PageSpeed mencakup ekstensi browser PageSpeed Insight untuk Chrome dan Mozilla. Dan versi di-browser yang menawarkan detail fitur lebih lanjt.

Apapun pilihan Anda tool ini memberi Anda informasi berharga yang dapat dimanfaatkan untuk mempercepat loading situs Anda.

Buka PageSpeed Insights

7. Content Experiments

Tool ini merupakan salah satu fitur yang dipasang langsung ke antarmuka Google Analytics sebagai tool analisis dan optimasi.

Tool ini memungkinkan kita untuk melakukan pengujian hingga 10 versi penuh pada satu halaman dan memungkinkan untuk menentukan URL konten dan sasaran untuk eksperimen Anda, menganalisis laporan dengan lebih efisien. Adalah sangat penting bagi Anda untuk mengenal Eksperimen Konten GA.

Lihat Manfaat Content Eksperimen

Kita dapat membandingkan bagaimana performa halaman web yang berbeda menggunakan sampel acak dari pengunjung.

Kita juga bisa menentukan berapa persen pengunjung yang ingin dilibatkan dalam pengujian.

8. Google Places for Business

Google Place for Business adalah salah satu fitur gratis yang disediakan Google kepada para pemilik bisnis untuk mempromosikan lokasi dan kegiatan bisnisnya.

Daftar bisnis yang didaftarkkan ke Google Place ditampilkan berdasarkan pencarian nama kota.

Pencarian di Google Place sepertinya lebih spesifik untuk mengoptimasi pencarian lokal. Walau pencarian lokal ini tersedia di beberapa aplikasi lain seperti melalui Apple Maps, Foursquare, situs review seperti Yelp dan Trip Advisor atau direktori online seperti Yellow Pages, namun Google Places ini memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan beberapa aplikas tersebut di ata.

Lihat Keuntungan mendaftarkan bisnis ke Google Places for Business

9. Google Alerts

Google Alerts masih menjadi tool favorit bagi pemilik situs untuk memantau beberapa topik pilihan yang diperbarui Google secara rutin pada daftar indeks mereka.

Alerts (pemberitahuan) akan dikirim ke email tentang topi-topik yang Anda pilih apabila muncul di dalam indeks Google.

Selain itu Anda dapat memilih dan memantau berita terbaru menurut topik tertentu atau info terbaru tentang sebuah perusahaan menurut topik yang diinginkan.

Saya menggunakan beberapa cara inventif dengan layanan Google Alerts untuk mendapatkan info terbaru berdasarkan topik yang dipilih.

Salah satu fitur hebat Google Alerts adalah opsi untuk membuat umpan RSS, cocok untuk mengawasi beberapa lansiran dan menggabungkan dengan sumber lain.

Jika Anda belum pernah membuat feed dengan Google Alerts , dari hasil pencarian Google dalam format RSS Feed Anda dapat mencoba melakukannya dengan cara berikut ini.

Lihat di Membuat Rss Feed Untuk Hasil Pencarian Google Menggunakan Google Alerts

10. Google Tag Manager

Salah satu fitur paling menarik dari Google Analytics adalah Google Tag Manager (GTM). Fitur yang dibuat untuk manajemen tag ini sangat membantu aktivitas marketing online untuk menganalisa kebiasaan pengguna pada suatu website.

Dengan mengatur tag sedemikian rupa Anda dapat mendeteksi seorang user yang menekan tombol beli pada halaman suatu produk, dimana nantinya data tersebut akan dikirim ke Google Analytics (GA) untuk dianalisa kebiasaan para pengguna pada website Anda.

Buka Google Tag Manager

Penutup

Itulah 10 tool SEO Google yang dapat Anda gunakan secara gratis. Jika sudah mahir Anda akan mendapatkan semua kebutuhan SEO untuk website Anda, dimulai dari tool riset keyword hingga optimasi halaman website. Sebenarnya masih banyak yang dapat kita lakukan dengan 10 tool diatas. Tapi Anda tidak perlu pusing, asal rajin mengutak-atik tool-tool ini, lama kelamaan Anda akan menjadi ahli dengan sendirinya.

Jangan lewatkan baca juga 9 Tool SEO Gratisan Terbaik Untuk Mendongkrak Posisi Situs di SERP