Belajar SEO

Keyword Mapping: Pemetaan Kata Kunci dan Cara Menerapkannya

Jika saya bertanya apa tujuan akhir Anda ngeblog? Sebagian besar akan menjawab "Saya ingin situs saya masuk halaman satu hasil pencarian Google" Tahukah Anda bahwa jawaban ini adalah salah satu dari beberapa kesalahpahaman tentang SEO?

Keyword Mapping: Pemetaan Kata Kunci dan Cara Terbaik Menerapkannya

Artikel ini tidak akan fokus pada masalah ini. Sebagai gantinya saya akan terjun lebih dalam ke bagaimana pemetaan kata kunci atau dalam istilah SEO disebut dengan Keyword Mapping.

Apakah yang dimaksud dengan Keyword Mapping? 

Pemetaan kata kunci adalah proses menetapkan kata kunci yang relevan ke halaman yang berbeda di situs web berdasarkan riset kata kunci yang menyeluruh. Bagian ini merupakan aspek penting dari optimasi mesin pencari di halaman situs yang memungkinkan mesin pencari untuk melihat relevansi halaman berdasarkan pencarian pengguna.

Jika Anda mengabaikan proses riset dan pemetaan kata kunci awal, Anda akan meraba-raba saat membuat konten untuk muncul di halaman hasil mesin pencari (SERP).

SEPERTI APA BENTUKNYA?

Tergantung perangkat lunak (tool) yang Anda gunakan, ada beberapa bentuk proses pemetaan kata kunci. Contohnya, jika Anda menggunakan tool dari HubSpot, Anda dapat menentukan relevansi, perkiraan volume pencarian secara keseluruhan, serta seberapa sulit sebuah kata kunci untuk menempati peringkat yang baik di halaman pencarian (SERP).

Namun, cara yang lebih tradisional untuk memetakan kata kunci biasanya dilakukan dengan membangun link (internal link) ke halaman utama dengan tujuan agar mesin pencari tahu bahwa halaman tersebut adalah halaman paling relevan dari sekian banyak halaman yang memiliki target kata kunci yang sama sehingga Anda dapat memastikan setiap elemen selaras dengan tujuan peringkat Anda.

Terlepas dari bagaimana Anda memetakan kata kunci, namun yang perlu dipahami adalah penting untuk memiliki informasi kata kunci ini di satu lokasi terpusat sehingga Anda dapat merujuk kembali ke halaman tersebut, dan melakukan perubahan jika dibutuhkan.

Perlu diingat bahwa hasil optimasi SEO kadang-kadang membutuhkan waktu agar situs Anda memperoleh klik dari halaman hasil pencarian Google. Jadi sabar saja, dan percaya bahwa riset kata kunci yang telah Anda lakukan pasti akan membuahkan hasil.

RISET KATA KUNCI

Riset kata kunci yang menyeluruh akan menentukan dasar dari peta kata kunci yang kuat. Proses ini juga dapat terlihat sedikit berbeda tergantung pada tool yang digunakan. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan selama proses riset kata kunci.

VOLUME PENCARIAN

Angka ini akan memberi informasi kepada Anda tentang perkiraan pencarian rata-rata per bulan berdasarkan kata kunci tertentu. Ini penting karena akan memberi Anda gambaran tentang jangkauan peringkat halaman yang akan Anda dapatkan dari satu kata kunci serta jumlah lalu lintas yang bisa dihasilkan.

TINGKAT KESULITAN KATA KUNCI

Informasi ini akan memberi Anda gambaran tentang seberapa banyak upaya yang harus Anda lakukan untuk menentukan peringkat kata kunci tertentu berdasarkan status situs Anda saat ini. Biasanya, kata kunci yang lebih pendek memiliki tingkat kesulitan yang jauh lebih tinggi daripada kata kunci lebih panjang (long tail keyword), jadi semakin spesifik sebuah kata kunci, maka akan semakin mudah untuk menempati peringkat di halaman pencarian (SERP).

SHORT-TAIL VS. LONG-TAIL

Bisa jadi agak sedikit berlebihan jika Anda fokus pada istilah pencarian yang lebih luas. Misalnya, jika Anda berkecimpung dalam bisnis penjualan sepatu atletik, kata kunci "sepatu olahraga" (short tail) mungkin hampir mustahil untuk mendapatkan peringkat, terutama jika situs Anda masih baru mulai. Lebih baik fokus pada istilah pencarian yang lebih spesifik seperti "sepatu olahraga wanita" atau "sepatu lari jarak jauh" akan lebih sedikit pesaing dan dapat lebih mudah untuk dioptimalkan.

RELEVANSI KATA KUNCI

Relevansi sangat penting selama proses pemetaan konten, karena Google terus berupaya untuk memberikan kualitas terbaik dan konten paling relevan bagi pengguna. Relevansi juga marupakan faktor terpenting untuk peringkat di halaman satu Google.

Salah satu kesalahpahaman paling umum tentang seo adalah berpikir tentang peringkat situs dihalaman pencarian Google. Faktanya, halaman di situs web Andalah yang menentukan peringkat situs di halaman pencarian Google. Penting bagi Anda untuk memiliki beberapa halaman di situs untuk mendapatkan peringkat di halaman pertama. Mengembangkan konten yang relevan dan membangun link internal yang kuat ke halaman pertama Google, hal ini sangat sulit dan biasanya sudah dikuasai oleh situs-situs besar.

Jika ingin situs Anda berada di halaman pertama Google, pastikan Anda memperhatikan relevansi.

KONTEN ANDA BERMANFAAT

Biasanya konten yang bermanfaat tidak begitu diperhatikan dalam proses riset kata kunci. Ini bukan sesuatu yang dapat diukur. Ini adalah aspek alami dari SEO. Dengan update yang terus terjadi pada algoritma Google, mesin pencari semakin berfokus pada tujuan pencarian. Ini artinya pengguna tidak hanya mencari konten yang relevan, tetapi yang lebih penting adalah konten tersebut bermanfaat. Hal ini akan menurunkan rasio pentalan, menambah waktu di situs, dan keterlibatan pengguna secara keseluruhan.

PENUTUP

Mengapa Keyword Mapping begtu penting?

Pemetaan Kata Kunci merupakan salah satu faktor penting agar situs muncul di halaman pertama mesin pencari. Jangan lewati proses pemetaan kata kunci untuk situs Anda. Proses ini sangat membantu untuk memahami bagaimana halaman situs dilihat oleh mesin pencari dan kita dapat mengidentifikasi setiap peluang untuk secara lebih efektif menjangkau audiens yang tertarget.

Lihat juga:

  1. Riset Kata Kunci Dan Analisa Peluang di Hasil Pencarian
  2. Belajar SEO: Tips Untuk Pemula dalam Menerapkan SEO