Anda Harus Baca Ini Jika Ingin Memulai Menjalankan Program Afiliasi

SeoBlog.id – Langkah paling mudah untuk memulai bisnis online adalah dengan mengikuti program afiliasi. Mengapa afiliasi? Program afiliasi menawarkan penghasilan di internet tanpa Anda harus memiliki website lebih dahulu. Artinya Anda sudah dapat menjalankan program afiliasi ini tanpa harus mengeluarkan modal yang begitu besar.

Program afiliasi itu sendiri merupakan kerja sama antara pemasar dengan pemilik usaha. Dimana Anda dapat menjual produk orang lain dengan tawaran komisi dari hasi penjualan tersebut.

Anda tidak harus memiliki produk sendiri untuk dapat menjual sebuah produk dan menghasilkan uang di internet. Hal ini tentunya merupakan kemudahan bagi siapa saja karena kita dapat menghasilkan komisi dengan menjual produk orang lain.

Program afiliasi juga menawarkan keuntungan bagi kedua belah pihak, yaitu si penjual akan memperoleh komisi dari sejumlah produk yang berhasil dijual melalui link yang disediakan, sedangkan bagi pemilik usaha produknya akan lebih mudah dikenal di pasar lokal maupun dunia tanpa harus mengeluarkan beban biaya besar untuk iklan.

Cara Kerja Program Afiliasi

Menjalankan Program Afiliasi

Cara kerja program afiliasi pada dasarnya Anda hanya mempertemukan si pembeli dengan penjual, tentu saja secara online. Di sini Anda tidak harus melakukan follow up agar transaksi berhasil. Baca Juga : Produk Fashion Paling Laris Untuk Bisnis Jualan Online

Caranya Anda akan diberikan sebuah link keanggotaan berupa referesnsi yang berisi kode khusus untuk menandai bahwa produk tersebut terjual atas nama Anda. Link ini disebut juga link afiliasi.

Untuk itu Anda harus menggunakan link afiliasi tersebut untuk menyebarkan dan memperkenalkan produk agar Anda mendapat komisi dari barang yang berhasil terjual.

Anda dapat menyebarkan link afiliasi tersebut baik melalui media sosial, melalui email, pasang iklan gratis maupun pasang link afiliasi pada blog atau website kita. Dan jika ada yang mengklik link tersebut dan melakukan pembelian produk dan sebagainya, maka otomatis Anda akan mendapatkan komisi.

Jika Anda sudah mendalami program afiliasi ini lebih dalam di bisnis online dengan sendirinya Anda akan tahu bahwa menjalankan program afiliasi merupakan pilihan tepat untuk menghasilan uang di internet.

Hal ini mengacu kepada penghasilan dari komisi yang cukup menjanjikan baik afiliasi lokal maupun luar negeri.

Anda hanya butuh kerja keras di awal-awal saja, jika link afiliasi sudah Anda pasang pada website, blog, atau pada jasa iklan baik gratis maupun berbayar. Baca Juga : Cara Menjadi Reseller Baju

Anda hanya tinggal menunggu hasinya saja, yaitu menunggu pengguna internet melakukan klik dan bertransaksi melalui link afiliasi yang Anda pasang, dan Anda dapat komisi secara terus menerus.

Ada beberapa jenis pendapatan yang dapat Anda peroleh dari program afiliasi diantaranya ialah:

1. PPS (Pay Per Sale)

Pay Per Sale yaitu Anda akan memperoleh komisi bila transaksi telah dilakukan.

2. PPL (Pay Per Lead)

Pay Per Lead yaitu Anda akan memperoleh komisi bila ada pengguna yang Ada referensikan mendaftarkan diri menjadi member (biasanya Free Member) dan Anda akan memperoleh penghasilan berdasarkan PPS oleh orang yang Anda referensikan.

3. PPC (Pay Per Click)

Anda akan memperoleh penghasilan dari Pay Per Click jika pengguna internet mengklik link afiliasi berupa iklan yang Anda pasang, seperti Program Google Adsense pada situs Anda, dan Anda akan memperoleh komisi ketika orang lain mengklik iklan. Khusus untuk Google Adsense Anda harus memiliki blog atau website yang rutin Anda posting setiap harinya.

Sementara itu untuk memasarkan atau menyebarkan link afiliasi Anda dapat melakukannya dengan memanfaatkan beberapa media di internet, diantaranya dengan memasang link afiliasi tersebut melalui email, blog ataupun website.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menjalankan program afiliasi ini, diantaranya dengan Cloaking URL.

Cloaking merupakan cara untuk melindungi kode member Anda agar calon prospek Anda tidak akan melepaskan kode member afiliasi Anda, salah satunya dengan cara memendekkan URL. Anda dapat menggunakan penyedia layanan tersebut misalnya goo.gl, adf.ly atau tinyur.com.

Mengunakan layanan Google Adword. Google Adwords merupakan layanan iklan berbayar dari Google yang berfungsi untuk mempromosikan website Anda atau iklan Anda,

dengan fasilitas yang amat canggih ini Anda akan memperoleh keuntungan luar biasa. Anda dapat menggunakan fitur ini jika sudah mahir karena untuk yang satu ini kita harus mengeluarkan biaya. Baca Juga : Pekerjaan Sampingan Untuk Menambah Penghasilan

Menggunakan Email Autoresponder. Autoresponder berguna untuk menyimpan database email Anda. Layanan ini tersedia dalam dua pilihan, gratis dan berbayar, namun disarankan menggunakan autoresponder yang berbayar.

Penutup

Untuk menjalankan program afiliasi Anda harus menyebarkan link afiliasi ke seluruh pengguna internet. Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara seperti yang telah disebutkan diatas yaitu email, blog atau website dan tentu saja dengan memanfaatkan media sosial.

Anda dapat membuat blog atau situs gratisan yang menarik sebagai media untuk mempromosikan program afiliasi Anda, seperti di blogger.com, wordpress.com dan lain-lain.

Dan selanjutnya sangat disarankan juga untuk belajar marketing di internet atau lebih dikenal dengan internet marketing.

Itulah sedikit ulasan tentang program afiliasi, semoga artikel ini dapat membawa manfaat khususnya bagi Anda pemula dan mau coba-coba terjun ke bisnis-online ini.