Cara Mengatasi Wifi Tidak Ada Internet | Wifi No Internet di Android dan Ios

Cara Mengatasi Wifi Tidak Ada Internet – Masalah yang sangat umum dengan ponsel Android adalah tidak dapat terhubung ke internet atau no internet meskipun terhubung ke WiFi. Ini sangat membuat frustrasi karena mencegah kalian online. 

Internet telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita dan kita merasa tidak berdaya ketika kita tidak memiliki koneksi internet. Bahkan lebih membuat frustrasi ketika meskipun router WiFi terpasang, seoblog.id dilarang dari konektivitas internet. 

Seperti disebutkan sebelumnya, ini adalah masalah umum dan dapat dengan mudah diselesaikan. 

Pada artikel ini, seoblog.id akan memberikan panduan cara mengatasi masalah yang mengganggu ini. 

Seoblog.id akan mencantumkan serangkaian solusi untuk menghilangkan pesan mengganggu “WiFi tidak memiliki akses internet”.

Cara Mengatasi Wifi Tidak ada Internet (No Internet) di Smartphone

Cara Mengatasi Wifi Tidak Ada Internet

Artikel Seoblog lainnya:

Lupakan Jaringan WiFi dan Hubungkan Lagi

Cara lain untuk mengatasi masalah ini adalah dengan Lupakan WiFi dan sambungkan kembali. Langkah ini mengharuskan kalian memasukkan kembali kata sandi untuk WiFi, jadi pastikan kalian memiliki kata sandi yang benar sebelum mengklik opsi Lupakan WiFi. 

Ini adalah solusi yang efektif dan sering memecahkan masalah. Melupakan dan menghubungkan kembali ke jaringan memberi kalian rute IP baru dan ini sebenarnya dapat memperbaiki masalah tidak adanya konektivitas internet. Untuk melakukan ini:

  1. Seret menu tarik-turun dari panel notifikasi di bagian atas.
  2. Selanjutnya tekan lama simbol WiFi untuk membuka daftar jaringan WiFi .
  3. Selanjutnya cukup ketuk nama Wi-Fi yang terhubung dengan Kalian.
  4. Klik opsi ‘Lupakan’ .
  5. Setelah itu, cukup ketuk lagi WiFi yang sama dan masukkan kata sandi dan klik sambungkan.

Dan periksa apakah kalian dapat memperbaiki Android Terhubung ke WiFi tetapi tidak ada masalah akses Internet. Jika tidak, maka lanjutkan dengan metode selanjutnya.

Cek Apakah Router terhubung ke Internet

Mungkin terdengar bodoh tetapi pada saat masalah ini muncul karena sebenarnya tidak ada internet. Alasannya karena router WiFi kalian tidak terhubung ke internet. 

Untuk memeriksa apakah masalahnya sebenarnya pada WiFi Kalian, cukup sambungkan ke jaringan yang sama dari beberapa perangkat lain dan lihat apakah kalian dapat mengakses internet. Jika tidak maka itu berarti masalahnya berasal dari router Kalian.

Untuk memperbaiki masalah ini, pertama-tama periksa apakah kabel ethernet terhubung dengan benar ke router dan kemudian restart router. Jika masalah belum teratasi, buka perangkat lunak perute atau kunjungi situs web penyedia layanan internet untuk memeriksa apakah kalian masuk. Pastikan kredensial masuk kalian benar. 

Jika ada kesalahan, perbaiki dan coba sambungkan kembali. Juga, coba kunjungi situs web yang berbeda untuk memastikan bahwa masalahnya bukan karena kalian mencoba mengakses situs web yang diblokir.

Matikan Data Seluler

Pada kesempatan tertentu, data seluler dapat menyebabkan gangguan pada sinyal Wi-Fi . Ini mencegah kalian menggunakan internet bahkan setelah terhubung ke WiFi. 

Ketika opsi WiFi atau data seluler hadir, Android secara otomatis memilih WiFi. Namun, beberapa jaringan WiFi mengharuskan kalian untuk masuk sebelum dapat menggunakannya. Ada kemungkinan bahwa bahkan setelah kalian masuk, sistem Android tidak dapat mengenalinya sebagai koneksi internet yang stabil. 

Karena alasan ini, ia beralih ke data seluler. Untuk menghindari komplikasi ini, cukup matikan data seluler kalian saat menghubungkan ke jaringan WiFi. Cukup seret ke bawah dari panel notifikasi untuk mengakses menu tarik-turun dan klik ikon data seluler untuk mematikannya.

Pastikan Tanggal dan Waktunya Benar

Jika tanggal dan waktu yang ditampilkan di ponsel kalian tidak sesuai dengan zona waktu lokasi, maka kalian mungkin menghadapi masalah koneksi ke internet. 

Biasanya, ponsel Android secara otomatis mengatur tanggal dan waktu dengan memperoleh informasi dari penyedia jaringan Kalian. Jika kalian telah menonaktifkan opsi ini, maka kalian perlu memperbarui tanggal dan waktu secara manual setiap kali kalian berpindah zona waktu. Alternatif yang lebih mudah untuk ini adalah kalian mengaktifkan pengaturan Tanggal dan Waktu Otomatis.

  1. Buka pengaturan .
  2. Klik pada tab Sistem .
  3. Selanjutnya pilih opsi Tanggal dan Waktu .
  4. Setelah itu, cukup aktifkan sakelar untuk pengaturan tanggal dan waktu otomatis .

Pastikan Router tidak memblokir IP Perangkat

koneksi wifi

Ada kemungkinan besar bahwa router kalian mungkin memblokir perangkat kalian dari menggunakan internet. Ini mencegah ponsel kalian terhubung ke jaringannya untuk mengakses internet. 

Untuk memastikan kalian perlu mengunjungi halaman admin router dan memeriksa apakah id MAC perangkat kalian diblokir. Karena setiap router memiliki cara yang berbeda untuk mengakses pengaturannya, lebih baik kalian mencari model kalian di Google dan mempelajari cara mengakses halaman admin. 

Kalian dapat memeriksa bagian belakang perangkat untuk alamat IP dari halaman admin /portal. Setelah kalian sampai di sana, masuk dengan nama pengguna dan kata sandi kalian dan periksa apakah kalian dapat menemukan informasi tentang perangkat Kalian.

Artikel Seoblog lainnya:

Ubah DNS

Ada kemungkinan ada masalah dengan server nama domain Penyedia Layanan Internet Kalian. Untuk memeriksa ini, coba akses situs web dengan mengetikkan alamat IP mereka secara langsung. 

Jika kalian dapat melakukannya maka masalahnya terletak pada DNS (server nama domain) dari ISP Kalian. Ada solusi sederhana untuk masalah ini. Yang perlu kalian lakukan hanyalah beralih ke Google DNS (8.8.8.8; 8.8.4.4).

  1. Seret menu tarik-turun dari panel notifikasi di bagian atas.
  2. Selanjutnya tekan lama simbol Wi-Fi untuk membuka daftar jaringan Wi-Fi .
  3. Selanjutnya ketuk nama Wi-Fi dan tahan terus untuk melihat menu lanjutan.
  4. Klik opsi Ubah Jaringan.
  5. Selanjutnya pilih pengaturan IP dan ubah ke statis .
  6. Selanjutnya tinggal isi IP static, DNS 1, dan IP address DNS 2 .
  7. Klik tombol Simpan dan selesai.

Ubah Settingan Internet di Router

Router WiFi memiliki mode nirkabel yang berbeda. Mode ini sesuai dengan bandwidth operasi. Ini adalah 802.11b atau 802.11b/g atau 802.11b/g/n. Huruf yang berbeda ini mewakili standar nirkabel yang berbeda. Kemudian secara default, mode nirkabel diatur ke 802.11b/g/n. 

Ini berfungsi baik dengan sebagian besar perangkat dengan pengecualian beberapa perangkat lama. Mode nirkabel 802.11b/g/n tidak kompatibel dengan perangkat ini dan mungkin menjadi penyebab masalah “Tidak Ada Akses Internet”. Untuk menyelesaikan masalah secara sederhana:

  1. Buka perangkat lunak untuk router Wi-Fi kalian .
  2. Buka pengaturan Nirkabel dan pilih opsi untuk mode Nirkabel.
  3. Kemudian kalian akan melihat menu drop-down, klik di atasnya, dan dari daftar pilih 802.11b dan kemudian klik simpan.
  4. Kemudian restart router Nirkabel dan coba sambungkan kembali perangkat Android Kalian.
  5. Jika masih tidak bisa juga bisa coba ganti mode ke 802.11g .

Restart Router

router wifi tidak terhubung

Jika metode di atas gagal menyelesaikan masalah Kalian, maka kemudian saatnya kalian me-reboot WiFi Kalian. kalian dapat melakukannya hanya dengan mematikannya lalu menyalakannya kembali. 

Kalian juga dapat melakukannya melalui halaman admin atau perangkat lunak router kalian jika ada opsi untuk me-reboot WiFi Kalian.

Jika masih tidak berhasil maka saatnya untuk reset. Menyetel ulang router WiFi kalian akan menghapus semua pengaturan dan konfigurasi ISP yang tersimpan. Ini pada dasarnya akan memungkinkan kalian untuk mengatur jaringan WiFi kalian dari yang bersih. 

Opsi untuk mengatur ulang WiFi kalian umumnya ditemukan di bawah Pengaturan lanjutan tetapi mungkin berbeda untuk router yang berbeda. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kalian mencari secara online tentang cara hard reset router WiFi Kalian. 

Setelah reset selesai, kalian harus memasukkan kembali kredensial login untuk terhubung ke server penyedia layanan Internet Kalian.

Atur Ulang | Reset Pengaturan Jaringan Android

Opsi selanjutnya dalam daftar solusi adalah mengatur ulang Pengaturan Jaringan di perangkat Android Kalian. Ini adalah solusi efektif yang menghapus semua pengaturan dan jaringan yang disimpan dan mengkonfigurasi ulang WiFi perangkat Kalian. Untuk melakukan ini:

  1. Buka Pengaturan telepon Kalian.
  2. Kemudian klik pada tab Sistem .
  3. Klik tombol Atur Ulang .
  4. Kemudian pilih Reset Network Settings .
  5. Kemudian kalian akan menerima peringatan tentang hal-hal apa saja yang akan direset. Klik pada opsi “Setel Ulang Pengaturan Jaringan” .
  6. Kemudian coba sambungkan ke jaringan WiFi lagi dan lihat apakah kalian dapat memperbaiki Android Terhubung ke WiFi tetapi tidak ada masalah akses Internet. 

Lakukan Reset Pabrik Pengaturan Awal Ponsel

Ini adalah upaya terakhir yang dapat kalian coba jika semua metode di atas gagal. Jika tidak ada yang berhasil, kalian dapat mencoba mengatur ulang telepon kalian ke pengaturan pabrik dan melihat apakah itu menyelesaikan masalah. 

Memilih reset pabrik akan menghapus semua aplikasi Kalian, datanya, dan juga data lain seperti foto, video, dan musik dari ponsel Kalian. Karena alasan ini, disarankan agar kalian membuat cadangan sebelum melakukan reset pabrik. 

Sebagian besar ponsel meminta kalian untuk mencadangkan data saat kalian mencoba menyetel ulang ponsel ke setelan pabrik. kalian dapat menggunakan alat bawaan untuk mencadangkan atau melakukannya secara manual, pilihan ada di tangan Kalian.

  1. Buka Pengaturan telepon Kalian.
  2. Ketuk pada tab Sistem .
  3. Kemudian jika kalian belum mencadangkan data Kalian, klik opsi Cadangkan data kalian untuk menyimpan data kalian di Google Drive.
  4. Setelah itu klik tab Reset .
  5. Kemudian klik opsi Reset Phone .

Ini akan memakan waktu, jadi biarkan ponsel kalian diam selama beberapa menit.

Setelah telepon restart lagi, coba gunakan keyboard Kalian. Jika masalah masih berlanjut, kalian perlu mencari bantuan profesional dan membawanya ke pusat layanan.

Artikel Seoblog lainnya:

Nah itulah beberapa langkah untuk Cara Mengatasi Wifi Tidak Ada Internet di ponsel pintar baik android maupun iPhone, cara ini juga berlaku untuk kalian para pengguna pc yang sering wifian.