Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android atau Bloatware Tanpa Root

Mungkin sebagian dari kalian banyak yang bertanya” Bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan android yang tidak bisa dihapus? nah sebenarnya mudah untuk mengatasinya, simak dibawah ini aja.

Bloatware mengacu pada aplikasi pra-instal di ponsel pintar Android Kamu. Saat Kamu membeli perangkat Android baru, Kamu menemukan banyak aplikasi yang sudah terpasang di ponsel Kamu. Aplikasi ini dikenal sebagai bloatware. 

Aplikasi ini dapat ditambahkan oleh produsen, penyedia layanan jaringan Kamu, atau bahkan perusahaan tertentu yang membayar produsen untuk menambahkan aplikasi mereka sebagai promosi. 

Ini bisa berupa aplikasi sistem seperti cuaca, pelacak kesehatan, kalkulator, kompas, dll. Atau beberapa aplikasi promosi seperti Amazon, Spotify, dll.

Apakah Aplikasi bawaan Android Pelru di hapus?

cara uninstal aplikasi google atau bawaan android

Pada pemikiran pertama, Aplikasi bawaan tampaknya tidak berbahaya. Tetapi pada kenyataannya, itu lebih berbahaya daripada kebaikan. Sebagian besar aplikasi bawaan ini bahkan tidak pernah digunakan oleh orang-orang, namun mereka menempati banyak ruang berharga. 

Banyak dari aplikasi ini bahkan terus berjalan di latar belakang dan menghabiskan sumber daya dan memori. Mereka membuat ponsel Kamu lambat. 

Tidak masuk akal menyimpan banyak aplikasi di perangkat Kamu yang tidak akan pernah Kamu gunakan. Sementara beberapa aplikasi ini dapat dengan mudah dihapus, yang lain tidak bisa. Karena alasan ini, kami akan membantu Kamu menyingkirkan aplikasi bawaan yang tidak perlu.

Artikel lainnya:

3 Cara Menghapus Aplikasi Android (Bloatware) yang tidak bisa dihapus

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android atau Bloatware dengan Mudah

Hapus dari Pengaturan

Cara termudah dan termudah untuk menyingkirkan Aplikasi bawaan adalah dengan menghapus instalannya. Seperti disebutkan sebelumnya, beberapa perangkat lunak pra-instal dapat dihapus tanpa menimbulkan masalah. 

Aplikasi sederhana seperti pemutar musik atau kamus dapat dengan mudah dihapus dari pengaturan. Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk menghapus instalannya.

1. Buka Pengaturan telepon Kamu.

2. Sekarang klik pada opsi Aplikasi .

3. Ini akan menampilkan daftar semua aplikasi yang terpasang di ponsel Kamu . Pilih aplikasi yang tidak Kamu inginkan dan klik aplikasi tersebut.

4. Sekarang jika aplikasi ini dapat di-uninstall secara langsung maka Kamu akan menemukan tombol Uninstall dan itu akan aktif (tombol tidak aktif biasanya berwarna abu-abu).

5. Kamu juga dapat menemukan opsi untuk menonaktifkan aplikasi alih-alih Uninstall. Jika aplikasi bawaan adalah aplikasi sistem maka Kamu hanya dapat menonaktifkannya.

6. Jika tidak ada opsi yang tersedia dan tombol Copot Pemasangan/Nonaktifkan berwarna abu-abu, artinya aplikasi tidak dapat dihapus secara langsung. Catat nama aplikasi ini dan kami akan kembali lagi nanti.

Hapus melalui Google Play

Cara efektif lain untuk menghapus instalan aplikasi bawaan adalah melalui Google Play store. Itu memudahkan untuk mencari aplikasi dan membuat proses penghapusan aplikasi menjadi lebih sederhana.

1. Buka Play Store di ponsel Kamu.

2. Sekarang klik pada tiga garis horizontal di sudut kiri atas layar.

3. Ketuk opsi Aplikasi dan Game Saya .

4. Sekarang buka tab Terpasang dan cari aplikasi yang ingin Kamu hapus dan klik di atasnya.

5. Setelah itu, cukup klik tombol Uninstall .

Satu hal yang perlu Kamu ingat adalah bahwa untuk beberapa aplikasi sistem, menghapus instalannya dari Play Store hanya akan menghapus instalan pembaruan. Untuk menghapus aplikasi, Kamu masih harus menonaktifkannya dari pengaturan.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada berbagai aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Play Store yang dapat membantu Kamu menyingkirkan Aplikasi bawaan. Namun, untuk menggunakan aplikasi ini, Kamu harus memberi mereka akses root. Ini berarti Kamu perlu melakukan root pada ponsel Android Kamu sebelum melanjutkan dengan metode ini. 

Rooting perangkat Kamu akan menjadikan Kamu pengguna super perangkat Kamu. Kamu sekarang dapat membuat perubahan pada Linux asli kode tempat perangkat Android Kamu bekerja. 

Ini akan memungkinkan Kamu untuk mengotak-atik pengaturan telepon yang disediakan hanya untuk produsen atau pusat layanan. 

Ini berarti Kamu dapat memilih aplikasi mana yang Kamu inginkan dan aplikasi mana yang tidak. Kamu tidak harus berurusan dengan aplikasi pra-instal yang tidak dapat dipindahkan. 

Rooting perangkat Kamu memberi Kamu izin tidak terbatas untuk membuat perubahan apa pun yang Kamu inginkan di perangkat Kamu.

Untuk menghapus Bloatware dari ponsel Kamu, Kamu dapat menggunakan sejumlah perangkat lunak yang berguna. Berikut daftar aplikasi yang bisa Kamu coba:

NoBloat Free

NoBloat Free adalah aplikasi pintar yang memungkinkan Kamu untuk menonaktifkan aplikasi sistem dan jika perlu juga menghapusnya secara permanen. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi untuk membuat cadangan untuk berbagai aplikasi dan memulihkan/mengaktifkannya saat diperlukan nanti. 

Ini memiliki antarmuka dasar dan sederhana dan sangat mudah digunakan. Ini pada dasarnya adalah perangkat lunak gratis tetapi versi premium berbayar juga tersedia yang bebas dari iklan dan memiliki fitur tambahan seperti aplikasi sistem daftar hitam, pengaturan ekspor, dan operasi batch.

Titanium Bckup

Ini adalah aplikasi yang sangat berguna dan efektif untuk menghapus aplikasi yang tidak diinginkan dari perangkat Kamu. Terlepas dari sumber asalnya, pra-instal atau sebaliknya, Titanium Backup dan membantu Kamu menghapus aplikasi sepenuhnya. 

Ini juga merupakan solusi ideal untuk membuat data cadangan untuk aplikasi yang ingin Kamu hapus. Ini membutuhkan akses root untuk bekerja dengan baik. 

Setelah Kamu memberikan izin yang diperlukan untuk aplikasi tersebut, Kamu dapat melihat daftar aplikasi yang diinstal pada perangkat Kamu. Kamu sekarang dapat memilih aplikasi mana yang ingin Kamu hapus dan Titanium Backup akan menghapusnya untuk Kamu.

System App Remover

Ini adalah aplikasi sederhana dan efisien yang membantu Kamu mengidentifikasi dan menghapus Aplikasi bawaan yang tidak digunakan. Fitur terbaik dari aplikasi ini adalah menganalisis berbagai aplikasi yang diinstal dan mengklasifikasikannya sebagai aplikasi penting dan tidak penting. 

Ini membantu Kamu mengidentifikasi aplikasi mana yang penting untuk kelancaran fungsi sistem Android dan karenanya tidak boleh dihapus. 

Kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk memindahkan aplikasi ke dan dari kartu SD Kamu . Ini juga membantu Kamu menangani berbagai APK . Yang terpenting itu adalah freeware dan dapat digunakan tanpa pembayaran tambahan.

Artikel lainnya:

Jadi silahkan kalian coba salah satu teknik diatas jika kalian mengalami masalah penuhnya memory atau aplikasi sistem yang selalu berjalan.

Selamat mencoba.

You May Also Like