Pengertian Nfc | Cara Kerja, Manfaat dan Cara Menggunakannya

Apa itu NFC?  Mungkin kalian banyak yang bertanya-tanya tentang Pengertian Nfc Cara Kerja, Manfaat dan Cara Menggunakannya, nah disini seoblog.id akan membahasnya secara lengkap.

NFC adalah versi terbaru dari teknologi RFID. Dan teknologi menarik ini pertama kali diperkenalkan ke dunia oleh produsen ponsel legendaris merek NOKIA pada tahun 2006 silam.

Meskipun teknologi ini tidak begitu populer di era Nokia, perlahan tapi pasti NFC semakin populer mengikuti angin kemajuan teknologi. Beberapa sumber yang solid menyatakan, pada tahun 2015 total ukuran pasar NFC adalah sekitar 4,6 miliar dolar AS . 

Pada tahun 2021, pasar yang sama telah meningkat sebesar 25,5 miliar dolar AS. Dan diperkirakan pada tahun 2024 jumlah ini akan meningkat sebesar 47,3 miliar dolar AS!

Data ini menunjukkan, seberapa banyak kegilaan yang diciptakan oleh teknologi ini secara diam-diam dan dapat membuktikan kegunaan dari teknologi yang menarik ini.

Pengertian dan Fungsi NFC pada Smartphone

Pengertian Nfc Cara Kerja, Manfaat dan Cara Menggunakannya

Nah, itulah salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para pengguna smartphone. Bentuk lengkap NFC adalah Near Field Communication. Jadi, dengan menggunakan teknologi ini Anda dapat berbagi data antara dua perangkat berkemampuan NFC dengan kecepatan sangat cepat.

Dan seperti yang kami sebutkan sedikit tentang apa itu NFC di smartphone – ini adalah teknologi yang ditingkatkan dari teknologi RFID tradisional. Tetapi ia memiliki beberapa fitur berguna yang memungkinkan Anda membuat hidup Anda sedikit lebih mudah.

Namun kini muncul pertanyaan, ketika semua smartphone memiliki fitur berbagi data seperti Bluetooth atau Wi-Fi direct, lalu mengapa kita harus menggunakan NFC?

Sehat! Jawabannya adalah, jika Anda ingin berbagi data menggunakan ini, Anda harus memasangkan perangkat Anda terlebih dahulu dengan perangkat sekunder. Dan proses ini sedikit mengganggu terutama saat Anda sedang bepergian, rapat, atau di tempat lain.

Dalam hal menggunakan NFC, Anda dapat menghubungkan dua perangkat hanya dengan satu sentuhan, bukan penyandingan manual. Dan itu akan memungkinkan Anda untuk mentransfer data berukuran besar dalam hitungan detik!

Bagaimana NFC Bekerja?

cara kerja nfc

Mari kita memahaminya dengan mudah. Untuk menjelaskan prosedurnya, kita harus memiliki beberapa diskusi dasar tentang medan elektromagnetik . Jangan khawatir! Kami tidak akan menjelaskan secara detail apa itu NFC di smartphone dan prinsip kerja yang membuat Anda bosan. Tetapi kami ingin memastikan bahwa Anda dapat memahami semuanya.

Oke, mari kita bicara tentang pengaturan dasar yang wajib untuk menikmati layanan NFC. Kami membutuhkan dua hal untuk memastikan.

  • Harus mengumpulkan dua ponsel berkemampuan NFC
  • Ponsel harus disentuh untuk memulai proses transfer data

Jadi, apa yang sebenarnya terjadi ketika kedua perangkat ini bersentuhan. Untuk memahami keseluruhan proses, beri nama ponsel ini. Sebut saja ponsel pertama dengan nama Primary Device. Dan yang lainnya bisa kita sebut dengan nama Secondary Device.

Teori Fisika dari Nfc

Jangan salah paham, kami tidak akan mengambil kelas fisika di sini! Itu hanya teori sederhana yang perlu dimasukkan ke dalam diskusi. Ini adalah teori garis tunggal –

Ketika listrik melewati konduktor listrik, itu menciptakan medan elektromagnetik di sekitar konduktor.

Dengan menerapkan teori ini, kita dapat membuat seluruh elektromagnet yang akan memiliki dua kutub terpisah bernama  N dan S. Dalam hal ini, kita perlu mengubah konduktor menjadi bentuk spiral. Setelah itu, jika kita melewatkan listrik melalui kawat, elektromagnet padat akan dibuat.

Di sini satu hal yang terlihat, kami telah melewati arus melalui konduktor berbentuk spiral. Tapi apa yang akan terjadi ketika Anda melewati konduktor kumparan berbentuk datar? Nah, ini akan menciptakan medan elektromagnet juga, tetapi dengan cara yang sedikit berbeda.

Dan yang menarik adalah ketika Anda akan membawa kumparan ini ke kumparan lain yang sejenis yang tidak terhubung ke listrik, medan elektromagnetik yang dihasilkan dari kumparan pertama akan menginduksi kumparan sekunder dan membuat jenis pulsa listrik yang serupa.

Kami pikir sekarang Anda sudah mendapat gambaran tentang apa itu NFC di smartphone dan cara kerjanya. 

Perangkat Primer dan Sekunder Nfc

Kami pikir sekarang Anda dapat dengan mudah mengasumsikan bagaimana NFC sebenarnya bekerja. Di semua perangkat berkemampuan NFC, jenis kumparan berbentuk datar yang serupa digunakan. 

Saat Anda mengaktifkan NFC di Perangkat Utama Anda untuk mengirim data apa pun yang ingin Anda kirim , koil ponsel itu akan diaktifkan. Jadi itu menghasilkan medan elektromagnetik.

Ketika Anda akan membawa telepon dekat ke Perangkat Sekunder , itu akan menginduksi kumparan perangkat sekunder dan menghasilkan pulsa listrik. Menggunakan prinsip ini, ponsel dapat berbagi data menggunakan NFC.

Jadi, begitulah cara kerja NFC! Satu hal yang menarik. Perangkat pengisian nirkabel bekerja menggunakan prinsip yang sama. Namun dalam hal ini, kumparan harus lebih kuat dari kumparan NFC.

Beberapa Poin yang Valid

Seperti yang Anda ketahui apa itu NFC di smartphone, sebelum menggunakan NFC, Anda perlu mengingat beberapa hal terlebih dahulu. 

  • Jangkauan NFC hanya 4cm
  • Kecepatan NFC sekitar 106 kbps hingga 402 kbps

Jadi, tidak ideal untuk mentransfer file besar menggunakan NFC. Dalam hal ini, ada banyak aplikasi berbagi file seperti Shareit, Xender yang dapat Anda gunakan. Lalu apa saja aplikasi NFC? Nah, mari kita diskusikan juga.

Fungsi Penggunaan NFC

Meskipun kecepatan transfer relatif rendah, penerapan teknologi ini tidak terbatas. Diskusi berikut mengenai hal ini pasti akan membuat Anda berpikir!

Pada dasarnya ada tiga jenis penggunaan NFC

  • Berbagi data
  • Menggunakan tag NFC
  • Pembayaran seluler

Berbagi Data Menggunakan NFC

Ada 6 jenis data utama yang dapat dibagikan oleh teknologi NFC. Sebelum membahas prosedur berbagi data, izinkan kami menyebutkan jenis-jenis ini. Anda sudah tahu apa itu NFC di smartphone. Dan Anda harus tahu kekuatannya juga!

Berbagi video YouTube

Ini memungkinkan Anda untuk berbagi halaman video yang tepat dengan pengirim. Itu tidak akan membagikan seluruh video seperti transfer file Bluetooth. Sebagai gantinya, itu akan membuka aplikasi YouTube penerima dan langsung mengarahkan ke video

Berbagi Aplikasi

Fitur ini bekerja persis seperti fitur berbagi video YouTube. Anda dapat mengarahkan penerima Anda ke halaman Google Play Store yang tepat dari aplikasi yang Anda inginkan 

Berbagi foto

NFC akan memungkinkan Anda untuk berbagi foto juga. Anda hanya perlu membuka foto yang Anda inginkan di aplikasi galeri. Kemudian Anda harus menyentuhkan telepon Anda ke telepon penerima Anda. Foto akan langsung dikirimkan.

Berbagi Konten

Ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan konten yang Anda inginkan dengan receiver Anda secara instan. Dan penerima akan mendapatkan konten yang dipancarkan di layarnya secara bersamaan.

Berbagi Info Kontak

 NFC akan memungkinkan Anda untuk membagikan detail kontak Anda secara instan dengan penerima. Nama dan nomor telepon Anda (info yang Anda masukkan) akan ditampilkan di layar penerima.

Berbagi Konten Web

Anda dapat berbagi halaman web tertentu dengan receiver Anda. Setelah berbagi, penerima Anda akan dialihkan ke halaman yang sama persis dengan yang Anda kunjungi

Apa itu Tag NFC? Bagaimana cara menggunakannya?

cara menggunakan Nfc

Anda sudah tahu pengertian dari NFC di smartphone dan penggunaannya. Tapi apa itu tag NFC? Dengan kata sederhana, tag NFC adalah stiker! Jangan bingung, biar kami jelaskan.

Misalkan Anda memiliki jaringan Wi-Fi aktif di rumah Anda. Teman-teman Anda sering datang ke rumah Anda dan sering menanyakan kata sandi Wi-Fi Anda. Atau Anda telah mengatur pesta di rumah Anda. Anda ingin semua orang menggunakan jaringan Wi-Fi Anda. Tetapi tidak ingin mengungkapkan kata sandi Anda. Dalam hal ini, tag NFC dapat membantu.

Tugas Anda adalah mengonfigurasi tag NFC Anda dengan aplikasi konfigurasi NFC (alat NFC adalah salah satu aplikasi populer dan tersedia di Google Play Store). Setelah konfigurasi, Anda harus menempelkan tag NFC di dinding (atau di mana pun Anda ingin menempelkannya) seperti stiker setelah mengelupas kertas seperti  system TCASH telkomsel.

Sekarang tugas Anda selesai. Mulai sekarang, ketika teman Anda akan meminta kata sandi Wi-Fi Anda, Anda akan meminta mereka untuk menyentuh perangkat berkemampuan NFC mereka dengan tag ini. Ledakan! Mereka akan terhubung dengan jaringan Wi-Fi secara instan!

Penggunaan Tag NFC

Tidak hanya untuk menyimpan kata sandi Wi-Fi Anda, tetapi NFC juga memiliki kemampuan untuk membuat hidup Anda lebih mudah dengan melakukan lebih banyak tugas untuk Anda! Penggunaan teknologi ini secara ekstensif memperluas pasar NFC secara perlahan tapi pasti.

Mari kami tunjukkan beberapa aplikasi praktis dari tag NFC- 

  • Melakukan panggilan telepon secara instan : Anda dapat memanggil nomor tertentu tanpa mengunjungi direktori telepon Anda
  • Kontrol multimedia: Anda dapat memutar/menjeda/berikutnya/sebelumnya konten multimedia apa pun sambil menikmati
  • Buka aplikasi tertentu: Memungkinkan Anda untuk langsung membuka YouTube, Facebook, Instagram, atau aplikasi lainnya
  • Pesan teks: Anda dapat membuka opsi ” tulis pesan baru, kotak masuk pesan” dll secara instan
  • Buka URL tertentu: Anda dapat mengatur URL tertentu seperti Google, YouTube, atau konten web tertentu untuk dibuka secara instan
  • Alarm: Anda dapat mengatur alarm atau timer secara instan
  • Menghidupkan/mematikan GPS: Fitur ini berguna saat Anda mengemudi
  • Peralihan mode: Anda dapat mengubah ponsel Anda dari satu mode ke mode lain secara instan hanya dengan satu ketukan
  • Perintah IOT: Jika rumah Anda mengaktifkan IOT, Anda dapat mengatur perintah khusus apa pun untuk mengontrol perangkat yang ditautkan
  • Layanan Bluetooth dan WiFi: Anda dapat mengatur perintah untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Bluetooth atau WiFi

Dan untuk menikmati semua fitur, Anda hanya perlu menyentuh ponsel berkemampuan NFC dengan tag NFC. Di sisi lain, Anda juga dapat menggunakan tag yang berbeda untuk tugas yang berbeda.

Lihat juga:

Akhir Kata

Jika Anda sudah membaca keseluruhan pembahasannya, maka kami yakin selama ini Anda sudah mengerti apa itu NFC di smartphone? Mengapa pasar NFC booming perlahan, dan apa saja aplikasi praktis NFC. 

Dan itulah mengapa di smartphone kontemporer, pabrikan menyertakan NFC. Meskipun fitur ini masih termasuk dalam smartphone beranggaran tinggi, mudah-mudahan para pengguna juga akan mendapatkan fitur ini di smartphone kelas menengah/bawah.