Tips Seo Membangun Website dan Membuat Ranking Google 2023

Ingin belajar tentang seo? Nah coba lihat dulu Tips Seo Membangun Website dan Membuat Ranking Google 2023 berikut ini.

Banyak konten SEO yang akan Anda baca di internet didasarkan pada pengalaman dan desas-desus pribadi.

Sayangnya, Google agak samar tentang saran SEO, sehingga Anda harus lebih mengandalkan eksperimen yang dilakukan oleh para ahli SEO di komunitas.

Jadi, terkadang banyak informasi yang meragukan, salah, atau hanya berdasarkan data yang tidak akurat.

Apa yang kami maksudkan di sini adalah, setiap kali Anda mendengar beberapa saran SEO baru, ambillah dengan sebutir garam.

Google untuk memeriksa ulang sumber lain, dan benar-benar memahami apa yang menjadi dasar saran SEO ini (bukan hanya menganggapnya begitu saja).

Nah disini seoblog.id akan membahas beberapa poin penting buat kalian yang ingin belajar seo dengan lebih baik dari pada mengikuti dari kelas berbayar yang belum tentu memberikan dampak yang besar.

Trik dan Tips Seo Membangun Website dan Membuat Ranking Google Terbaru 2023

Tips Seo Membangun Website dan Membuat Ranking Google

1. SEO Membutuhkan Waktu

SEO sangatlah membutuhkan waktu, jadi pastikan anda benar-benar harus tahan dan mencoba mendalaminya terlebih dahulu.

Ini bisa memakan waktu sekitar 6 bulan sampai 2 tahun (tergantung pada kompetisi di niche Anda) sebelum Anda mulai melihat beberapa hasil yang serius.

Jadi, jangan kecewa jika Anda tidak melihat hasil apa pun dalam waktu 3 bulan setelah konten dipublikasikan.

2. SEO Bukan Hal Terbaik untuk Semua Orang

Yang mengatakan, jika Anda membutuhkan hasil untuk bisnis Anda besok , Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali SEO sama sekali.

Jika Anda baru saja memulai bisnis Anda, misalnya, dan mencoba untuk mencapai titik impas secepatnya, SEO adalah ide yang buruk – Anda akan berhenti bahkan sebelum Anda mulai melihat hasil apa pun.

Jika itu masalahnya, fokuslah pada saluran pemasaran lain yang dapat memberikan hasil lebih cepat seperti pemasaran konten, PPC, penjangkauan, dll.

3. Gunakan PPC untuk Memvalidasi Kata Kunci

Tidak yakin apakah SEO tepat untuk bisnis Anda? Lakukan ini: siapkan iklan Penelusuran Google untuk kata kunci dengan maksud paling tinggi di niche Anda. Lihat seberapa baik lalu lintas dikonversi dan kemudian putuskan apakah layak untuk fokus pada SEO (dan memberi peringkat pada kata kunci ini secara organik).

4. Gunakan GSC untuk Melihat Apakah SEO Berfungsi

Meskipun butuh beberapa saat untuk melihat hasil SEO, mungkin untuk melihat apakah Anda menuju ke arah yang benar. Setiap bulan, Anda dapat menggunakan Search Console untuk memeriksa apakah artikel Anda diindeks oleh Google dan apakah posisi rata-ratanya meningkat dari waktu ke waktu.

5. Posting Banyak Konten

Semakin banyak konten yang Anda publikasikan di blog Anda, semakin baik. Kami merekomendasikan minimal 10.000 kata per bulan dan optimal 20.000 – 30.000 (terutama jika situs web Anda baru).

Jika agen menawarkan Anda kesepakatan “4 artikel 500 kata per bulan” yang khas, menjauhlah.

Tidak ada yang pernah mendapatkan hasil dalam SEO dengan artikel pendek sekali seminggu.

6. Tingkatkan Penulis

Punya penulis yang berkinerja baik? Pekerjakan mereka sebagai editor dan minta mereka untuk mengawasi operasi konten / mengedit konten penulis lain.

Kemudian, tingkatkan editor terbaik Anda menjadi Head of Content dan minta mereka untuk mengelola seluruh operasi editor/penulis.

7. Gunakan Data Backlink untuk Memprioritaskan Konten

Saat melakukan riset kata kunci, kumpulkan data backlink dari 3 artikel peringkat teratas dan tambahkan ke notepad.

Kemudian, gunakan data tersebut untuk membantu Anda memprioritaskan kata kunci mana yang harus difokuskan terlebih dahulu.

Kami biasanya memprioritaskan kata kunci yang memiliki persaingan lebih rendah , lalu lintas tinggi , dan niat pembeli sedang hingga tinggi .

8. Lakukan Riset Kata Kunci Mendalam

Buat riset kata kunci awal Anda sekomprehensif mungkin. Ini akan memberi Anda pandangan yang jauh lebih realistis tentang niche Anda dan memungkinkan Anda untuk memprioritaskan konten dengan cara yang benar.

Kami biasanya menargetkan 100 hingga 300 kata kunci (tergantung pada niche) untuk penelitian kata kunci awal ketika kami mulai bekerja dengan klien.

9. Mulailah Dengan Analisis Kompetitif

Mulai setiap penelitian kata kunci dengan analisis kompetitif. Ekstrak kata kunci yang diperingkat oleh 3 pesaing teratas Anda.

Kemudian, gunakan mereka sebagai inspirasi dan bangun di atasnya. Gunakan alat seperti UberSuggest untuk membantu menghasilkan ide kata kunci baru.

10. Gunakan SEMrush dari Ahrefs

Anda membutuhkan SEMrush atau Ahrefs, tidak diragukan lagi. Meskipun sekilas mungkin tampak mahal (99 USD per bulan ditagih setiap tahun), mereka akan menghemat banyak tenaga untuk melakukan tugas-tugas SEO kasar.

11. Jangan Berlebihan Dengan SEO Tools

Jangan berlebihan dengan alat SEO . Ada ratusan dari mereka di luar sana, dan jika Anda adalah tipe yang menyukai SaaS, Anda mungkin tergoda untuk bermain-main dengan lusinan sekaligus.

Dan ya, agar adil, sebagian besar alat ini membantu dengan satu atau lain cara.

Namun, untuk melakukan SEO organik secara efektif , Anda tidak benar-benar membutuhkan banyak alat.

Dalam kebanyakan kasus, Anda hanya perlu yang berikut:

  • SEMrush / Ahrefs
  • Katak Berteriak
  • RankMath/Yoast SEO
  • Alat penjangkauan apa pun yang Anda inginkan

12. Coba Beberapa Alat Opsional

Selain alat yang kami sebutkan sebelumnya, Anda juga dapat mencoba 2 alat berikut yang cukup berguna & populer di komunitas SEO:

  • Surfer SEO – membantu dengan SEO di halaman dan membuat ringkasan konten untuk penulis.
  • KeywordCupid- alat yang membantu menyederhanakan penelitian kata kunci & menghemat waktu.

13. Perbanyak Penulis

Ingin membawa produksi konten Anda ke level selanjutnya? Anda harus mempekerjakan lebih banyak penulis.

Namun, ada satu hal yang membuat ini sangat, sangat sulit: 95 – 99% penulis yang melamar pertunjukan Anda tidak akan relevan.

Hingga 80% akan buruk dalam menulis, dan sisanya tidak akan relevan untuk niche Anda.

Jadi, untuk meningkatkan skala tim penulisan Anda, kami sarankan untuk mencari sumber secara konstan , dan tidak hanya sekali setiap beberapa bulan.

14. Buat Filter untuk Penulis

Seperti yang baru saja kami sebutkan, ketika mencari penulis, Anda akan mendapatkan banyak pelamar, tetapi sebagian besar tidak memenuhi syarat.

Fakta menyenangkan – setiap kali kami memasang iklan pekerjaan di ProBlogger, kami mendapatkan sekitar 300 – 500 lamaran (sebagian besar sama sekali tidak relevan ).

Percayalah pada kami, Anda tidak ingin menghabiskan waktu Anda untuk melihat daftar yang begitu besar dan memeriksa sampel penulis.

Jadi, sebagai gantinya, kami sarankan Anda melakukan ini:

  1. Sewa asisten virtual untuk memiliki proses evaluasi dan daftar pendek penulis.
  2. Buat proses untuk mengevaluasi penulis. Kami merekomendasikan untuk mengevaluasi penulis dengan:
    1. Tingkat bahasa penulis . Jika sampel mereka tidak lancar, mereka tidak relevan.
    2. Kualitas Sampel . Apakah sampelnya menarik/konten bentuk panjang, atau apakah mereka menyalin-tempel 500 kata yang membosankan?
    3. Pengetahuan Teknis . Apakah penulis pernah menulis tentang topik yang sulit dijelaskan sebelumnya? Siapa pun dapat menulis tentang topik sederhana seperti bepergian – Anda ingin mencari seseorang yang tahu cara meneliti topik baru dan menjelaskannya dengan cara yang sederhana dan mudah dibaca. Jika seseorang menulis tentang cara membuat surat lamaran yang sempurna, mereka mungkin dapat menulis tentang bepergian, tetapi sebaliknya tidak.
  3. Terus mengevaluasi pelamar baru dan meneruskan yang relevan ke editor.
  4. Editor melewati penulis terpilih dan memberi mereka tugas percobaan dan mempekerjakan orang-orang yang berkinerja baik.

15. Gunakan Situs Web yang Tepat untuk pada Penulis

Tentu saja, ada banyak penulis yang mengatakan bisa dan paham mengenai seo, tetapi dari pengalaman kami, penulis itu sedikit dan jauh di antara keduanya.

Dan untuk mencari penulis memang harus benar-benar mengerti akan alasisis dan logika agar penulisannya sangat relevan dengan apa yang kita inginkan.

16. Pekerjakan Penulis dengan Cara yang Benar

Jika Anda ingin secara serius meningkatkan produksi konten Anda, pekerjakan penulis Anda secara penuh waktu. Ini (terutama) masuk akal jika Anda adalah agen pemasaran konten yang membuat TON konten untuk klien sepanjang waktu.

Namun, jika Anda melakukan SEO hanya untuk blog Anda sendiri, biasanya lebih masuk akal untuk menggunakan pekerja lepas.

17. Otoritas Topik Penting

Google selalu mengingat otoritas situs web Anda. Artinya, jika Anda memiliki 100 artikel tentang pemasaran digital, Anda mungkin lebih menguasai topik tersebut daripada seseorang yang hanya memiliki 10 artikel.

Oleh karena itu, Google jauh lebih mungkin untuk memberi Anda peringkat yang lebih baik.

Ini juga sebagian mengapa volume konten sangat penting: semakin sering Anda mempublikasikan konten, semakin cepat Google akan melihat Anda sebagai otoritas.

18. Tips Seo : Fokus pada Satu Niche Website

Katakanlah blog Anda mencakup topik berikut: penjualan, akuntansi, dan manajemen bisnis.

Anda lebih mungkin untuk menentukan peringkat jika Anda memiliki 30 artikel tentang satu topik (misalnya akuntansi) daripada jika Anda memiliki 10 artikel untuk masing-masing topik.

Jadi, kami sarankan Anda menggandakan satu niche daripada menyebarkan tim konten Anda tipis-tipis dengan topik yang berbeda.

19. Jangan Khawatir dengan Detailnya

Meskipun SEO teknis itu penting, Anda tidak boleh terlalu terpaku padanya.

Tentu, ada ribuan tips teknis yang dapat Anda temukan di internet, dan kebanyakan dari mereka penting.

Kenyataannya, bagaimanapun, adalah bahwa Google tidak akan menghukum Anda hanya karena situs web Anda tidak dimuat dalam 3 milidetik atau ada deskripsi meta yang hilang pada satu halaman.

Terutama jika Anda memiliki dasar-dasar SEO yang dilakukan dengan benar:

  • Buat situs web Anda berjalan secepat mungkin.
  • Buat banyak konten SEO yang bagus .
  • Dapatkan backlink untuk situs web Anda secara teratur.

Anda akan tetap mendapat peringkat, meskipun situs web Anda tidak dioptimalkan 100%.

20. Google Bukan Segalanya

Sementara Google ADALAH mesin pencari yang dominan di sebagian besar dunia, ada negara-negara dengan mesin pencari populer lainnya .

Jika Anda ingin meningkatkan SEO Anda di China, misalnya, Anda harus lebih memperhatikan peringkat di Baidu.

Menargetkan Rusia? Fokus pada Yandex.

21. SEO Tidak Mati

SEO tidak mati dan masih akan relevan beberapa dekade ke depan. Setiap tahun, ada artikel sensasional yang membicarakan hal ini.

22. Melakukan SEO Lokal dan Fokus pada Halaman Layanan

Jika Anda melakukan SEO lokal, fokuslah pada pembuatan halaman arahan berbasis layanan daripada konten.

Misalnya, jika Anda memiliki kantor atau usaha yang menginginkan peningkatan pada marketing atau jasa.

Masalahnya, Anda tidak benar-benar perlu memberi peringkat pada istilah pencarian global – Anda tidak akan mendapatkan arahan dari sana. Bahkan jika Anda memberi peringkat pada istilah “akuntansi keuangan”, itu tidak akan terlalu penting untuk keuntungan Anda.

23. Pelajari Lebih Lanjut tentang SEO Lokal

Berbicara tentang SEO lokal, kami pasti tidak melakukan keadilan topik dalam panduan ini. Masih banyak lagi yang perlu Anda ketahui untuk melakukan SEO lokal secara efektif dan beberapa di antaranya bertentangan dengan saran SEO umum yang kita bicarakan di artikel ini.

24. Hindari Metrik Kesombongan

Pada akhirnya, Anda harus peduli tentang bagaimana lalu lintas Anda memengaruhi laba Anda. Grafik naik dan banyak lalu lintas bagus dan semuanya, tetapi tidak masalah jika lalu lintas tidak memiliki maksud pencarian yang tepat untuk dikonversi ke produk/layanan Anda.

25. Rekrut Pakar Seo

Gagal membuat SEO bekerja untuk bisnis Anda? Jika ragu, sewalah konsultan SEO organik atau agensi SEO .

Manfaat #1 dari menyewa agen atau konsultan SEO adalah mereka pernah ke sana dan melakukannya – lebih dari sekali. Mereka mungkin dapat menangkap masalah yang tidak bisa dilakukan oleh SEO yang tidak berpengalaman.

26. Ikuti Grup yang membahas Seo

Dengan mengikuti grup seo, kalian dapat mengajukan beberapa pertanyaan SEO dan akan banyak dijawab oleh para pakar.

Bergabunglah dengan berbagai grup Facebook seo dan ajukan pertanyaan Anda – Anda akan mendapatkan sekitar selusin jawaban yang bermanfaat.

27. Selalu Update dengan Tips Seo Website

SEO selalu berubah – Google terus-menerus mengeluarkan pembaruan baru yang berdampak signifikan pada cara permainan dimainkan.

Pastikan untuk selalu mengikuti tren SEO terbaru dan pembaruan Google dengan mengikuti blog Pusat Pencarian Google .

28. Tingkatkan CTR Organik Dengan PPC

Ingin mendapatkan hasil maksimal dari peringkat Anda? Jalankan iklan PPC untuk kata kunci terbaik Anda. Karyawan Google yang pertama kali melihat iklan Anda cenderung mengeklik cantuman organik Anda .

Lihat juga:

Itulah beberapa poin penting yang bisa dijadikan Tips Seo dalam membangun website agar kalian tidak frustasi akan ranking website kalian di pencarian google saat ini.

Masih ada banyak Tips Seo website lainnya yang bisa kalian dapatkan di seoblog.id, dan nantikan update selanjutnya ya.