AMP Project Kini Mendukung Embed Form

Awal bulan ini AMP Project mengumumkan telah meluncurkan fitur baru yang mendukung embed form pada halaman AMP HTML. Jenis embed form yang didukung pada halaman AMP berkisar dari form e-mail sederhana, jajak pendapat interaktif, hingga ke form-form lain yang lebih kompleks seperti memilih warna, contohnya adalah untuk memilih warna suatu produk di halaman e-commerce.

AMP Project Kini Mendukung Embed Form pada Halaman AMP HTML

"Dengan ekstensi "amp-form" elemen <form> dan unsur-unsur terkait seperti <input/> dapat digunakan untuk membangun form dalam halaman AMP."
Ekstensi amp-form mendukung navigasi reguler  dan pengiriman form XHR, dan disebut sebagai perbaikan pada keseluruhan pengisian form.

Kegunaan embed form di halamanAMP dibandingkan form halaman biasa meliputi:

Mengubah halaman ketika formulir dikirimkan menggunakan atribut "on".
Atribut "on" dapat digunakan untuk mengubah halaman tergantung pada apakah form berhasil dikirimkan atau tidak.

Bagian informasi form setelah form dikirimkan dengan menggunakan respon render yang telah diformat.

Gunakan fitur ini untuk memberikan umpan balik dalam bentuk kontekstual terhadap beberapa erorr atau kesalahan pengisian form.

Bidang Style berdasarkan status validasi menggunakan CSS pseudo-class untuk membolehkan pengguna memberikan umpan balik real-time untuk validasi form apakah diisi dengan benar atau tidak.

Untuk rincian lebih lanjut tentang cara embed form halaman AMP, dapat dilihat pada dokumentasi resmi AMP Project. Dalam dokumentasi tersebut Anda dapat menemukan beberapa contoh penggunaan form untuk halaman AMP yang disediakan oleh pengembang.

Pihak pengembang AMP Project mengatakan akan terus memperluas fungsi form, berdasarkan masukan dari pengguna. Selain itu, salah satunya adalah akan meninjau penambahan dukungan untuk validasi form lebih lanjut.

"Pengaturan awal dukungan form ini merupakan satu bagian kecil dari pengembangan AMP HTML, dan merupakan suatu pengalaman berharga di mana kita dapat melihat bagaimana AMP secara bertahap dikembangkan. Hal ini hanya butuh waktu kurang lebih setahun sejak AMP Project pertama sekali diperkenalkan. Pada saat itu, fungsinya hanya sebatas pada versi artikel berita yang dimuat langsung pada perangkat mobile.

Tidak sampai 4 bulan setelah peluncuran, di Februari 2016 halaman AMP bahkan muncul dalam hasil pencarian. Ketika itu, AMP HTML dalam FORMAT dedicated carousel AMP yang biasanya hanya menampilkan berita dari top publisher.

Fast forward ke hari ini kita menemukan beberapa tonggak utama telah tercapai. Dengan fungsionalitas tambahan diperkenalkan oleh AMP Project sepanjang tahun, teknologi ini sudah tidak hanya untuk penerbit berita lagi. AMP saat ini sudah menjadi satu solusi serbaguna untuk berbagai jenis situs.

Mungkin tonggak terbesar dalam pencapaian AMP adalah pengindeksan halaman AMP di hasil pencarian Google . Tidak butuh waktu lama sebelum carousel AMP dihapus, dan Accelaratade Mobile Page mulai muncul di halaman reguler hasil pencarian organik. Hal ini memberikan pengguna kesempatan akses lebih luas ke konten AMP, dan pemilik situs memiliki lebih banyak eksposur ke halaman AMP mereka.

Dalam waktu hanya satu tahun pencapaian-pencapaian AMP telah berkembang jauh lebih pesat, padahal AMP masih dalam masa pertumbuhan. Ini akan menarik untuk melihat bagaimana hal itu terus tumbuh dan berkembang pada tahun 2017 ini. Dan embed form amp merupakan salah satu bagian kecil dari perkembangan AMP dapat kita lihat saat ini.

Lihat juga: Cara Memasang Iklan di Halaman AMP HTML