SEO Off Page: Membangun Reputasi dan Popularitas

Harus diakui pentingnya mendapatkan traffic dari Google. Dan ini hanya dapat diperoleh jika Adna memiliki rangking yang baik di halaman hasil pencarian (SERP).  Berbagai upaya dapat kita lakukan baik dengan optimasi di halaman web maupun optimasi yang dilakukan dari luar situs. Sayangnya sebagian besar orang masih lebih fokus mengoptimalkan website dari dalam saja dan mengabaikan sisi luarnya atau dikenal dengan SEO Off Page.

SEO Off Page: Meningkatkan Rangking Website dan Popularitas | SEOBlog.id

Salah? Tentu tidak...

Untuk diketahui, masih banyak faktor lain yang mempengaruhi tingkat visibilitas sebuah situs di laman hasil pencarian.

Salah satunya reputasi dan popularitas. Prinsipnya sama dengan selebritis.

Coba saja ketikkan sebuah nama di pencarian Google. Semakin populer sebuah nama semakin banyak jumlah halaman web yang merujuk ke nama tersebut.

Seperti halnya produk atau selebritis, demikian halnya dengan web, harus mampu merebut hati pengguna, popularitas juga faktor penting untuk meningkatkan rangking website di laman hasil pencarian (SERP).

SEO tidak hanya untuk mendapatkan pengunjung berkualitas dari mesin pencari namun juga optimalisasi web agar lebih dikenal dan populer.

Pada dasarnya SEO dikategorikan dalam dua bagian:
  1. SEO On Page
  2. SEO Off Page

SEO On Page menjadikan situs Anda search engine friendly sementara SEO Off Page meningkatkan popularitas website dari luar.

9 dari 10 blogger fokus pada optimasi on-page, berusaha mengoptimalkan situs mereka agar lebih search engine friendly dan mengabaikan SEO Off Page.

Jika Anda termasuk salah satunya, mulailah memusatkan perhatian pada SEO Off Page. Mengapa demikian? Simak ulasan berikut:

Apa itu SEO Off Page?

SEO Off Page adalah proses optimalisasi yang dilakukan dari luar website untuk mempengaruhi rangking di halaman hasil pencarian (SERPs). Tindakan ini mempengaruhi persepsi pengguna agar situs lebih populer, relevan, tepercaya dan memiliki otoritas.

Lihat juga Domain Authority dan Cara Meningkatkannya

Proses dilakukan di tempat-tempat terkemuka lainnya di Internet (halaman situs, media sosial, dll.) yang terhubung ke atau mempromosikan situs Anda dan secara efektif.

Berdasarkan link yang dimiliki web Anda, mesin pencari beranggapan bahwa Anda memiliki konten yang berkualitas. Hal ini memberitahu Google apa pendapat orang lain tentang situs Anda.

Backlink memang sangat penting untuk SEO. Sayangnya, sebagian besar orang beranggapan backlink adalah segalanya.

Padahal masih banyak faktor lain yang mempengarui peringat website di SERP diantaranya sebagai berikut:
  • Metrik media sosial (like Facebook, pin Pinterest, Tweet dll)
  • Keterlibatan pengguna (komentar)
  • Social Bookmark
  • Forum posting dan banyak faktor lainnya.

Jika ingin meningkatkan peringkat pencarian dengan menggunakan SEO Off Page, panduan ini dapat Anda jadikan acuan untuk menerapkannya.

Mari selami lebih dalam optimasi SEO Off Page untuk membangun reputasi dan popularitas website di SERP:

1. Bangun Backlink Ke Situs Anda

Tahukah Anda 99% situs yang berada di peringkat teratas pada hasil pencarian Google setidaknya memiliki 1 backlink yang mengarah ke mereka?

Backlink yang merujuk ke nama domain web Anda merupakan faktor penting yang mempengaruhi ranking di halaman hasil pencarian.

Mendapatkan Backlink Berkualitas | SEOBlog.id

Tanpa backlink, tidak mungkin untuk mendapatkan peringkat di halaman satu hasil pencarian. Bergantung dari banyaknya, seberapa berkualitas, dan relevansi konteksnya antara backlink yang merujuk ke halaman web Anda.

Ketika Google merambah halaman-halama web, Google akan mengindeks setiap halaman baru dan menyimpan dalam database mereka untuk ditampilkan ketika ada pencarian yang relevan.

Lebih lanjut Anda dapat pelajari topik ini di artikel apa itu seo dan bagaimana cara kerja seo

Google menggunakan algoritma pencarian untuk menentukan halaman mana yang akan diberi peringkat.

Ini yang disebut dengan faktor peringkat Google dalam terminologi SEO.

Berikut faktor penting yang menjadi pertimbangan Google untuk menentukan peringkat:
  • Jumlah domain. Jumlah domain yang melink ke domain Anda.
  • Backlink dari halaman situs peringkat tinggi. Backlink dari halaman web pagerank tinggi lebih banyak daripada link dari laman PR rendah. Usahakan untuk mendapatkan link dari halaman PR tinggi.
  • Jumlah halaman yang me-link ke situs Anda. Usahakan untuk memiliki banyak backlink dari banyak domain bukan dari satu domain.
  • Backlink dari Domain Authority. Satu backlink dari halaman situs Pagerank tinggi lebih baik dari pada banyak link dari halaman Pagerank rendah.
  • Jumlah link dofollow. Google secara resmi menyatakan bahwa tidak akan menghitung link nofollow.
  • Link dengan anchor teks. Link kontekstual dari dalam laman konten lebih diutamakan.
  • Link dari laman beranda. Link dari beranda domain lebih bernilai daripada yang ada di salah satu halaman situs.
  • Link Yang Relevan. Link dari halaman yang relevan dengan topik halaman Anda lebih diutamakan mesin pencari.

Google melihat situs Anda lebih layak diberi peringkat jika memiliki banyak backlink dari domain otoritas.

Google menganalisa link yang merujuk ke situs Anda seperti sumber backlink, kualitas backlink, dan berapa umur backlink dan lain-lain.

Lihat juga Cara Google Melihat Backlink Situs

2. Maksimalkan Penggunaan Media Sosial

Media Sosial adalah teknik baru untuk meningkatkan SEO.  Penggunaan media sosial yang efektif tidak hanya mendongkrak popularitas namun juga kualitas SEO.

Google mendeteksi seberapa sering Anda membagikan konten ke media sosial, berapa banyak orang berinteraksi dan membagikan konten Anda.

Dan yang paling penting apakah tersedia fitur sharing ke media sosial di website Anda?

Cari target audiens dan bergabung dalam grup-grup komunitas yang relevan dengan niche Anda di media sosial seperti Facebook, lingkedin atau pinterest.

Pengguna relevan adalah pengguna yang memiliki minat sesuai dengan topik yang dijual. Hal ini akan sangat membantu Anda terhubung langsung dengan pengguna potensial.

Dengan berkontribusi secara teratur dalam diskusi sedikit demi sedikit akan mengangkat brand Anda di dunia online.

Belakangan orang tidak hanya menggunakan Google, mereka juga menggunakan media sosial untuk mencari apa yang diinginkan.

Saat ini jika orang ingin mengetahui lebih banyak tentang sebuah brand, mereka akan mencari kehadiran brand tersebut di Twitter, Facebook dan media sosial lainnya.

Oleh karena itu perlu dipertimbangkan untuk memanfaatkan pencarian yang dilakukan lewat media-media sosial.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh comScore, Twitter menangani 19 miliar kueri pencarian per bulan pada tahun 2010, Google mengumpulkan sekitar 88 miliar kueri pencarian per bulan dan menghasilkan 4,1 miliar kueri penelusuran per bulan. Pada tahun 2012, Facebook menyebutkan bahwa pihaknya mendapatkan 1 miliar kueri penelusuran per hari.

Studi tersebut membuktikan kehadiran media sosial menjadi faktor penting bagi berkembangnya sebuah bisnis, dan ini akan memberikan nilai tambah yang cukup bermanfaat bagi Anda.

Web adalah tentang membangun hubungan, mengekspresikan dan berbagi gagasan, saling membantu dengan informasi bermanfaat.

Jadi maksimalkan penggunaan media sosial untuk mendongkrak popularitas dan SEO Anda.

3. Fokus Pada Keyword

Riset kata kunci merupakan faktor penting untuk meningkatkan SEO.

Jika salah mebidik kata kunci, akan mengundang link yang salah dari situs lain yang tidak relevan.

Ingat relevansi link adalah faktor SEO Off Page

Jika ingin optimasi halaman situs Anda maksimal, bidik kata kunci yang tepat.

Bidik kata kunci yang relevan dengan topik. Kemudian gunakan kata kunci pada tempat yang benar dalam situs Anda.

Lihat Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan SEO Friendly

Misalnya, Anda ingin menulis tentang "cara memakai jilbab".

Anda dapat mengunakan tool gratis Google Keyword Planner untuk mendapatkan ide kata kunci, seperti terlihat di bawah ini:

Google Keyword Tool Gratis | SEOBlogid

Sesuaikan kata kunci dengan mengetahui frasa dan istilah pencarian yang digunakan pengguna Anda.

Gunakan kata kunci utama Anda dalam tag judul, sedangkan dalam artikel cukup dengan menempatkan kata kunci LSI.

Untuk Anda yang masih baru dapat merujuk cara riset kata kunci untuk pemula.

Jangan pernah gunakan kata kunci utama berulang-ulang di dalam artikel Anda. Google menganggap itu sebagai optimasi berlebihan.

LSI atau Latent Semantic Indexing Keyword adalah daftar kata kunci yang relevan dengan kata kunci utama. Kata kunci tersebut dapat berupa sinonim atau bisa jadi beberapa kata yang memiliki topik yang sama terkait dengan kata kunci utama.

Bagaimana cara mendapatkan kata kunci LSI?

Ada banyak tool untuk mengetahui kata kunci LSI untuk topik utama Anda. Salah satunya adalah https://app.kwfinder.com/ .


Cara menggunakan kwfinder ini cukup mudah, masukkan kata kunci utama kemudian pilih negara dan bahasa kemudian klik tombol Search.

Selanjutnya Anda akan melihat daftar yang berisi ratusan kata kunci yang dapat Anda gunakan untuk membuat artikel ideal untuk pengguna Anda.

Terlepas dari kata kunci LSI, Anda dapat membuat artikel pada kata kunci turunan untuk meningkatkan jumlah pencarian di mesin pencari.

4. Pastikan Situs Anda Aman Dari Penalti Google

Backlink benar-benar penting dan memiliki dampak paling kuat untuk mempertahankan posisi situs di SERP.

Backlink dapat mempengaruhi kinerja pencarian dengan cara yang lebih baik atau malah sebaliknya memperburuk keadaan.

Yaitu jika backlink Anda berasal dari situs-situs berkualitas rendah dan bahkan bisa dianggap spam. Salah-salah situs Anda akan masuk dalam Google Sandbox.

Sangat penting untuk membuat situs aman dari penalti Google karena jika sudah kena black list Google akan sangat sulit untuk mengembalikan reputasi website Anda.

Bagaimana cara menjauh dari intaian penalti Google?

Lakukan full analisis pada backlink sehingga Anda mengetahui mana link yang bagus dan berbahaya bagi situs Anda.

Berikut cara memastikan bahwa situs Anda bebas dari sanksi penalti Google:

#1. Audit situs Anda

Gunakan tool seo dari SEMRush untuk melakukan audit SEO. Tool ini dapat menganalisa dan melaporkan semua masalah dalam situs Anda mengapa tidak memiliki peringkat yang baik di SERP Google. Tool ini gratis dalam fitur terbatas namun Anda harus memiliki akun untuk dapat menggunakan fitur-fitur dari situs ini.

#2. Optimalkan Konten Anda

Content is King. Iya. Slogan ini berlaku hingga sekarang. Karena apalah arti sebuah web tanpa konten, dan konten berkualitas adalah senjata ampuh sebuah web. Jadi bantu mesin pencari dengan membuat konten berkualitas dan bermanfaat.

Biasanya konten berkualitas juga menggunakan visual dalam artikel. Data berupa statistik juga memiliki nilai tambah tersendiri.

Website dengan konten bagus akan menjadi prioritas. Pengunjung situs akan mencoba mengetahui lebih jauh tentang Anda jika Anda benar-benar memberi mereka konten bermanfaat dan berharga.

Semakin bagus suatu konten, semakin sering pengunjung memberi rekomendasi berupa link ke konten yang ada dalam web Anda.

# 3. Kata Kunci Dalam Backlink 

Mesin pencari menganggap anchor text dalam backlink sebagai kata kunci. Penggunaan kata kunci sebagai anchor text pada setiap backlink dianggap oleh Google sebagai link natural.

Link natural biasanya diberikan karena memang situs Anda layak direkomendasikan dengan suka rela bukan dengan melakukan spam atau submit otomatis.

Salah satu tipnya adalah mempopulerkan nama brand Anda yang akan digunakan orang-orang sebagai anchor text ke dalam link untuk merekomendasikan konten Anda.

Backlink beragam dengan anchor text yang mewakili merek atau brand Anda di banyak situs berbeda merupakan backlink alami.

Google menjadikan link ini sebagai salah faktor yang mempengaruhi peringkat. Google menganggap link Anda wajar.

Jika ingin membuat link internal antar halaman situs hindari penggunaan anchor text yang sama berulang-ulang dalam satu halaman.

Yang terakhir pastikan selalu mempublikasikan konten baru dan segar untuk meningkatkan popularitas brand Anda di internet.

5. Menjadi Blogger Tamu

Di dunia SEO, menjadi blogger tamu sudah sangat umum tapi memiliki banyak tantangan.

Namun jika dengan blogging tamu Anda mendapatkan backlink berkualitas hal ini tidak menjadi masalah karena akan sangat membantu SEO Anda.

Apa yang Anda dapatkan dengan berkontribusi ke situs lain?
  • membantu membangun otoritas Anda.
  • bisa membawa banyak lalu lintas rujukan.
  • membantu dalam membangun link.

Ketika menulis guest posting disarankan untuk tidak terlalu banyak menaruh link ke situs Anda. Hal ini dapat merusak hubungan dengan pemilik situs.

Gunakan tata bahasa yang bagus, artikel bermanfaat dan membawa keuntungan bagi tuan rumah.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat sebelum posting tamu Anda di situs lain:
  • Kumpulkan daftar semua situs yang menerima blogger tamu yang terkait dengan niche Anda .
  • Buat sebuah file excel untuk mengisi daftar situs otoritas domain dengan masing-masing (DA).
  • Gunakan pencarian Google untuk mencari situs yang menerima blogger tamu dengan pencarian "kata kunci" + "blogger tamu" atau "intitle:blogger tamu".
  • Kunjungi similarweb.com, dan masukkan domain dari situs di mana Anda ingin menulis guest posting. Situs ini memberi gambaran umum tentang popularitas situs.
  • Untuk mengetahui apakah situs tersebut aktif atau tidak Anda dapat melihat pada tanggal artikel serta komentar pada blog mereka di setiap posting.
  • Kunjungi  blog social analyzer, untuk mengetahui aktivitas situs tersebut di media-media sosial. Kirimkan feed RSS dari situs target Anda. Jika situs tersebut memiliki banyak tweet atau sharing artikel, ada kemungkinan artikel Anda juga akan ikut serta ada dalam tweet situs tersebut.
  • Kini saatnya untuk mengirim posting tamu. Jika artikel sudah dikirimkan, periksa posting tamu Anda di linktally.com, situs ini akan memberi gambaran seberapa bagus artikel Anda mendapat tanggapan di media-media sosial.
  • Cara lain untuk melacak topik posting tamu Anda adalah dengan mengecek halaman mana yang memiliki lebih banyak backlink. Untuk ini buka open site explorer, dan masukkan URL situs. Klik menu "Top Pages" dan periksa halaman mana yang memiliki Page Authority (PA) tinggi.

Topik artikel yang mengulas tentang "studi kasus" dan "panduan" memiliki tingkat penerimaan yang baik.

6. Submit ke Direktori dan Forum

SEO Off Page membantu membuat situs web Anda lebih populer. Banyak media baik gratis maupun berbayar yang dapat digunakan untuk mempromosikan konten. Diantaranya adalah dengan mengirimkan produk atau konten blog Anda ke direktori dan forum-forum.

Semakin tinggi tingkat promosi yang Anda lakukan akan semakin besar tingkat visibilitas situs Anda di mesin pencari.

Berikut daftar yang dapat Anda gunakan untuk mengirim konten blog:
  • Situs Social Bookmark: Submit ke situs social bookmarking untuk konten yang Buat. Beberapa situs social bookmark yang dapat Anda manfaatkan seperti stumbleupon, slashdot, digg, technorati  lokal. Untuk social bookmark lokal misalnya klofo.com .
  • Mendaftar ke forum: Pastikan Anda berpartisipasi dalam setiap forum yang berhubungan dengan niche Anda dan membangun koneksi dengan audiens. Manfaatkan forum do-follow sebaik mungkin. Beberapa situs forum yang bisa Anda kirimkan adalah: juragancipir.com, ads.id, bersosial.com dan lain-lain.
  • Submit ke direktori blog: Ini membantu membangun backlink yang berkualitas. Butuh waktu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik tapi pasti membantu dalam jangka panjang. Pilih kategori yang tepat di bawah setiap direktori dan mulailah mengirimkan posting Anda. Networkedblogs, elecdir adalah direktori blog yang bagus untuk mengirimkan posting.
  • Article Submission Sites: Kirimkan artikel ke direktori yang memiliki pagerank tinggi. Jika Anda mengirimkan konten ke situs berkualitas rendah dengan banyak kata kunci di dalamnya, biasanya artikel Anda akan ditolak. 
  • Situs Tanya Jawab: Anda akan mendapatkan lalu lintas dengan jumlah yang tinggi dari situs tanya jawab. Bergabunglah dengan situs tersebut dan telusuri pertanyaan yang terkait dengan niche Anda, berikan jawaban yang membantu untuk pertanyaan apa pun. Jangan lupa berikan link blog anda di akhir jawabannya. Anda bisa menggunakan situs seperti Yahoo Answers, Quora, Blurtit dll.
  • Bagikan video Anda: Jika Anda memiliki video Anda dapat mengirim ke beberapa situs pengelola video seperti Youtube, Vimeo, Vine dan Ustream. Ini merupakan salah satu cara untuk mendapatkan backlink berkualitas. 
  • Bagikan Gambar Anda: Pastikan Anda mengoptimalkan gambar Anda dengan URL yang benar, beri tag pada judul sebelum mengirimkan ke situs-situs ini. Flickr, Instagram, picasa, tumblr, imgur.
  • Kirimkan infografik Anda: Infografis membantu mendapatkan backlink. Buat infografis yang mengesankan dan kirim ke situs-situs submit infografis. Jangan lupa meninggalkan link referensi ke situs Anda. Berikut daftar situs submit infografis: visual.ly, reddit, submitinfographics.com, infographicsarchive.com.
  • Bagikan ke situs pengelola dokumen: Buat dokumen yang terkait dengan niche Anda. Pastikan Anda membuat pdf yang unik dan bermanfaat atau ppt. Upload ke situs berikut ini: issuu, slideshare, scribd dan academia.edu.

Semua situs yang disebutkan di atas memiliki Page Authority (PA) dan Domain Authority (DA) yang tinggi.

7. Promosi Offline

Tidak hanya online promosi secara offline juga dapat dimanfaatkan untuk menampilkan produk atau website online Anda, misalnya dengan menjual kaos bertuliskan alamat website, stiker, gantungan kunci dengan logo dan alamat situs, bahkan dengan memasang iklan pada billboard, majalah, suratkabar, TV atau membuat e-card yang mewakili brand.

Kesimpulannya SEO Off Page dapat meningkatkan pagerank Anda ke posisi yang lebih baik di SERP Google.

Penutup

SEO off page tidak hanya tentang backlink seperti yang dipikirkan banyak orang. SEO Off Page melibatkan banyak faktor, otoritas, sinyal sosial, kepercayaan terhadap situs dan banyak hal lainnya.

Panduan SEO Off Page di halaman ini ditulis untuk membahas beberapa faktor penting yang dapat meningkatkan otoritas situs web Anda secara keseluruhan pada pencarian Google.

Jangan hanya mengandalkan SEO On Page jika ingin peringkat lebih tinggi. Kapan pun Anda mempublikasikan artikel baru, pastikan untuk mengikuti teknik SEO Off page seperti dalam panduan ini.

Hanya ini yang dapat saya tulis kali ini, tentu artikel ini masih jauh dari sempurna jika Anda punya ide lain Anda dapat memberi komentar di bawah ini.

Daftar Isi:

  1. Belajar SEO - Tips SEO Gratis Untuk Pemula dalam Menerapkan SEO
  2. Apa itu SEO dan Bagaimana Cara Kerja SEO?
  3. Riset Kata Kunci dan Analisa Peluang di Halaman Pencarian Google Untuk Pemula
  4. On Page SEO: Optimasi Halaman dan Konten Website Untuk Mesin Pencari
  5. Cara Menulis Artikel Yang Baik dan SEO Friendly
  6. SEO Off Page: Meningkatkan Rangking Website dan Popularitas
  7. Domain Authority dan Cara Meningkatkannya