Belajar SEO

5 Ide Pekerjaan Sampingan Untuk Menambah Penghasilan

Sudah tidak aneh lagi jika ada orang yang memiliki lebih dari satu jenis pekerjaan. Alasannya tentu karena kebutuhan sehari-hari yang kian melambung dan tidak sebanding dengan pengeluaran bulanan. Konon lagi jika dibebani cicilan yang memang harus dibayarkan setiap bulannya.


Dari pada cari pekerjaan baru dengan penghasilan lebih tinggi yang belum tentu tersedia setiap waktu, akhirnya pekerjaan sampingan jadi jalan keluarnya.

Umpamanya jika di hari biasa Anda bekerja sebagai karyawan kantor, nanti di akhir pekan menjadi seorang freelance. 

Sebenarnya hampir 100% pegawai atau karyawan ingin punya usaha sampingan... termasuk Anda pastinya. 100 persen!

Namun hanya sebagian kecil yang menjalankannya... setelah diteliti lebih lanjut ada 3 alasan utama:

pertama tidak adanya informasi tentang usaha apa yang menguntungkan, stabil dan terjamin ketimbang kerja kantoran...

kedua, modal kecil atau bahkan tidak punya modal sama sekali...  

ini yang biasa terjadi, menganggap semua usaha membutuhkan modal atau harus memiliki modal yang besar akhirnya mereka bekerja dulu sambil mengumpulkan modal





ketiga sudah terlanjur bekerja dan berkeluarga

tragis.. karena sibuk bekerja dan mengurus keluarga maka mereka tidak memulai bisnis. Jika mereka resign dari pekerjaannya resikonya besar!

Bagi Anda yang mengalami 3 permasalahan di atas informasi berikut ini adalah solusinya.

Gak usah khawatir jika jeli melihat peluang, masih banyak pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan yang dapat dilakukan secara online, tidak menyita waktu.

Bahkan beberapa pekerjaan ini dapat dikerjakan dari rumah hanya menggunakan laptop dan internet:

Lihat juga: 5 Cara Menjadi Reseller Baju Sukses Untuk Pemula


1. Penulis lepas

Hobi menulis ternyata bisa menghasilkan pundi-pundi tambahan bila dimanfaatkan dengan baik, salah satunya dengan menjadi seorang penulis lepas. Ya, sekarang sudah banyak media online hingga website perusahaan yang merekrut penulis lepas atau freelance writer untuk mengisi kolom beritanya.  


Menjadi seorang penulis lepas juga punya banyak keuntungan, seperti waktu yang fleksibel, bisa dikerjakan dari rumah, hingga modal sedikit karena hanya mengandalkan perangkat laptop dan koneksi internet. Bila kamu sudah terjun sebagai seorang penulis lepas profesional, pendapatannya juga tidak kalah menggiurkan daripada pekerjaan formal lainnya. 

Lihat juga: Meningkatkan Penjualan Online Dengan Mobile Marketing


2. Penerjemah

Menguasai beberapa bahasa tidak hanya membuat kita jadi cas cis cus saat ngobrol dengan teman dari negara lain, tapi juga bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan. Apalagi sekarang bahasa merupakan salah satu skill yang cukup diperhitungkan untuk terjun di dunia kerja maupun saat ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.  


Saat memutuskan terjun menjadi penerjemah, kamu bisa memulainya dengan bergabung ke dalam grup atau komunitas bahasa sesuai yang kamu kuasai. Jangan sungkan untuk menawarkan jasamu sambil memberikan tips dan trik menulis dalam bahasa asing sebagai bentuk promosi agar calon konsumen makin percaya dengan kemampuanmu.   

Lihat juga: Anda Harus Baca Ini Jika Ingin Memulai Menjalankan Program Afiliasi


3. Social media specialist

Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi dan media sosial, profesi seorang social media specialist kini juga makin dicari. Social media specialist dibutuhkan untuk mempromosikan produk dengan memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, hingga LinkedIn.  


Meski kelihatannya hanya bertugas mengunggah gambar, menulis caption, atau membalas komentar, tugas seorang social media specialist cukup vital agar konten yang ditawarkan bisa diterima pembaca. Seorang social media specialist juga harus bisa membuat konten yang menarik, kreatif, dan out of the box. Nah, tertarik mencoba pekerjaan ini?  

Lihat juga Mengapa Google? Mengapa Bukan Mesin Pencari Lain?


4. Menjual produk di pasar online (market place)

Oke..jika Anda tidak mau ribet apalagi kalau masih pemula Anda dapat saja langsung berjualan produk secara online. 


"Ya! Saya ingin langsung berjualan! Sekarang juga!"

Solusinya adalah: Berjualan di pasar online atau marketplace.

Yang penting Anda tahu apa yang ingin dijual. Anda langsung dapat berjualan dalam 5 menit ke depan.

 Mungkin ini solusi yang tepat buat Anda.

Konon lagi di pasar online orang sudah ramai berkunjung ke sana, jadi Anda langsung bisa mendapatkan pembeli.

Ada yang menarik di sini, berjualan di pasar online itu free alias gratis. 

Anda dapat memajang barang-barang di pasar online untuk dijual dalam hitungan menit dan tanpa biaya

Tapi ada kekurangannya:

Anda menjual produk bukan di website milik sendiri, tentunya akan banyak keterbatasan. Dengan demikian Anda tidak dapat membangun brand sendiri karena tergantung dengan website pasar online tersebut. 





Terus jalan keluarnya gimana?

Hemat saya jika Anda baru memulai bisnis online, market place dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan pembeli dan penghasilan. Perlahan-lahan jika sudah berjalan Anda dapat membuat website sendiri dan ajak calon pembeli Anda di marketplace untuk berkunjung ke website sendiri.

Tidak mudah memang, namun jika ini dilakukan secara serius dan fokus perlahan-lahan usaha Anda akan besar juga.

Di bawah ini beberapa marketplace besar yang dapat anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis online Anda:

  1. Bukalapak
  2. Tokopedia
  3. OLX
  4. Kaskus FJB
  5. eBay (internasional)
  6. Alibaba

5. Menjadi publisher iklan Google Adsense

Anda tahu mengapa diinternet banyak sekali informasi gratis.


Orang rela menulis artikel bagus kemudian dipublikasikan secara terbuka secara gratis karena mereka mendapatkan uang dari iklan.

Bagi Anda yang suka menulis dan berbagi ilmu pengetahuan ini adalah peluang pekerjaan sampingan populer yang dapat menambah penghasilan.

Caranya cukup mudah dan modalnya pun kecil. Anda membuat blog kemudian memasang kod iklan, selanjutnya iklan muncul secara otomatis, pengunjung melihat atau mengklik iklan, Anda mendapatkan komisi.

Bukan hanya itu, bahkan bisnis ini dapat dijalankan hanya dengan menggunakan blog gratisan seperti blogger.com dari Google.

Yang perlu Anda lakukan hanya membuat konten website yang berkualitas, memancing orang lain agar berkunjung ke website Anda dan membaca artikelnya.