Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google

Membangun blog yang dikhususkan untuk mendapatkan penghasilan dari Google Adsense haruslah memenuhi syarat-syarat yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Salah satunya adalah Niche Blog. 



Blog Niche biasanya hanya membahas satu topik saja dan juga mudah terindex oleh Search Engine. Keuntungan lainnya dari blog niche ini adalah punya kompetitor yang sedikit, dan juga publisher adsense punya kesempatan lebih besar untuk memperoleh pendapatan yang sangat tinggi. Kenapa? Karena adsense lebih menyukai blog yang memiliki satu topik saja.

Sebagai contoh, Anda memutuskan untuk membuat blog dengan tema "Car Insurance".

Lakukanlah riset dengan Google Keyword External Tools mengenai anak-anak dari kata "Car Insurance" untuk mendapatkan niche. Niche merupakan pasar ceruk dengan persaingan dan kompetitor yang relatif lebih sedikit.

Setelah mendapatkan niche, tentunya dalam niche tersebut ada persaingan. Selalu ada bloger lain yang menulis konten yang sama dengan konten situs atau blog Anda.

Anda harus mengetahui pesaing dan mencari alasan mengapa orang membaca blog pesaing Anda. Buat riset apa yang dapat Anda lakukan, dan dapatkah Anda memberikan nilai lebih kepada para pembaca dalam blog yang akan Anda buat.

Agar artikel cepat terindex Google berarti bisa menyediakan konten yang berisi informasi yang lebih baik, lebih berguna, lebih lengkap, dan lebih bersahabat.

Cek Apakah Blog Sudah Terindex di Mesin Pencari?

Jika situs web anda sudah beberapa minggu atau beberapa bulan belum juga ada dalam database situs pencari, atau kalaupun sudah ada, belum semua halaman web anda terindeks, ada beberapa hal yang harus anda lakukan, diantaranya adalah dengan men-submit situ web anda.

Setelah situs anda jadi, beri tahu situ pencari bahwa ada web baru. Tindakan seperti ini disebut "pendaftaran" web ke situs pencari.

Anda tidak perlu mendaftarkan web ke banyak situ pencari, cukup ke tiga situs pencari terbesar dunia, Kalau sudah terdaftar di 3 situ pencari terbesar, otomatis situs pencari lainnya akan meng-indeks web anda. Situs pencari terbesar itu, tentunya adalah:

1. Google (https://www.google.com/webmasters/#?modal_active=none)

2. Yahoo! Search (http://search.yahoo.com/info/submit.html)

3. Bing (http://www.bing.com/toolbox/submit-site-url)

Bila situs web anda sudah terdaftar, kebanyakan situs pecari lain akan mendapat umpan dari ketiga situs pencari terbesar ini.

Apakah submit ulang diperlukan?

Ada beberapa hal yang menyebabkan anda harus men-submit ulang situs anda ke situ pencari:

1. Situs pencari belum menempatkan web anda pada indeksnya, atau

2. Anda telah melakukan perombakan atau meng-optimisasi halaman web tertentu dan ingin segera diindeks dengan cepat.

Namun jangan sekali-kali melakukan pendaftaan ulang untuk halaman web yang sudah diindeks apalagi jika halaman itu sudah muncul di urutan atas.

Mendapatkan posisi di urutan atas tidak ada hubungannya dengan sudah berapa kali anda melakukan pendaftaran ulang (resubmit). Berkali-kali melakukan pendaftaran ulang justru bisa membuat anda terlempar jauh atau semakin "tenggelam" di dalam. (Apakah teori ini benar atau tidak saya juga belum yakin, lagi pula siapa yang suka jika dikilik-kilik terus).