17 Cara Meningkatkan Hasil Pencarian Google

Volume hasil pencarian di halaman mesin pencari biasanya tidak bertahan lama karena Google mengkaji dan memperbarui kembali kelayakan kata kunci yang digunakan. Namun seiring berjalannya waktu popularitas konten Anda kian hari kian terus bertambah, sedikit banyaknya peningkatan ini akan bertahan dalam beberapa waktu.

Cara Meningkatkan Hasil Pencarian Google

Tidak masaalah, karena peningkatan ini akan menambah ruang lingkup hasil pencarian menjadi lebih luas lagi dengan hasil pencarian yang relevan dengan situs Anda, sehingga Anda akan tetap berada pada posisi pertama halaman hasil pencarian. Dengan demikian terjadi peningkatan luar biasa terhadap popularitas Anda. Tidak mustahil  jutaan hit akan tetap menjadi milik Anda dan kualifikasi Anda terus meningkat tajam.

Bagaimana cara meningkatkan hasil pencarian di Google ? Berikut langkah-langkahnya:
  1. Buat nama brand atau personal brand yang unik dan mudah diingat, pastikan Anda tidak akan merubah atau mengganti brand tersebut pada masa-masa yang akan datang. Prilaku merubah-rubah brand sangat buruk untuk membangun stabilitas web Anda di mesin pencari.
  2. Tambahkan kata kunci yang menjadi personal brand Anda pada artikel (hasil pencarian dengan kata kunci yang relevan dengan self brand akan meningkatkan hasil pencarian secara signifikan)
  3. Submit web Anda pada Google
  4. Gunakan kata kunci yang terkait dengan self brand Anda
  5. Gunakan kata kunci yang umumnya sudah populer dan bertahan lama, misalnya tokoh dunia, karya tertentu yang mendunia. Pastikan tokoh dan karya tersebut memiliki keunikan dan mudah ditemui dengan menggunakan mesin pencari tanpa harus berbaur dengan informasi atau konten lainnya.
  6. Jika mungkin buat artikel yang mengulas perihal pribadi terkait tokoh-tokoh dunia atau suatu karya populer, bahkan membuat resensi untuk buku best-seller.  
  7. Tulisan harus bersifat pribadi dan asli, tidak menyadur atau mengambil konten milik pihak lain dengan kata lain konten harus orisinil, sehingga tidak ada alasan bagi siapa saja mengkomplain  relevansi artikel Anda.
  8. Gunakan gambar sebagai penunjang, misalnya foto Anda bersama buku best seller yang diulas sebagai bahan referensi, pastikan pula ada nama Anda atau personal brand Anda tertera dalam artikel tersebut
  9. Selalu sertakan konten gambar atau video, bahkan audio pada konten tulisan, karema memiliki konten video manjadi keunggulan tersendiri karena konten Anda sudah unggul dari konten lain yang tidak mengandung konten video.
  10. Distribusikan konten gambar, video, audio pada beberapa media sosial, self portfolio atau berbagai layanan untuk layanan file sharing
  11. Update blog setiap harinya, Google meyukai web yang aktif, penambahan konten baru akan membuat Google mengindeks kembali informasi website Anda, dari sinilah hasil pencarian meningkat.
  12. Gunakan judul, meta data, gunakan deskripsi, kata kunci, atl teks, penulisan judul konten yang relevan, feature image, trackbaks jika ada, mengaktifkan kolom komentar termasuk juga konten gambar dan mengikuti penulisan konten blog yang benar. 
  13. Ikuti standar penulisan konten yaitu 500 kata per halamannya
  14. Bangun eksternal link ke website resmi dan diakui keberadaanya. Jika website Anda dirujuk oleh website resmi bereputasi baik, popularitas dan rating web akan melonjak drastis.
  15. Gunakan gambar pada konten web dengan ukuran yang pantas (72 dpi), berukuran kecil dan tidak mengurangi kualitas tampilan web, sehingga tidak membebani proses loading web oleh browser ketika pengguna mengakses halaman web Anda.   
  16. Gunakan Yahoo Answer sebagai sarana mempromosikan website atau konten Anda. Pengunjung website akan bertambah secara signifikan, komentar Anda pada Yahoo Answer pun akan menambah popularitas dan keberadaan online situs Anda.
  17. Selalu aktif dalam komunitas online, seperti milis dan berkontribusi  dalam setiap diskusi.

Lihat juga:
On Page SEO: Optimasi Halaman dan Konten Website Untuk Mesin Pencari