Belajar SEO

4 Trik Content Marketing untuk Meningkatkan Traffik Blog Anda (Dan Bagaimana Cara Menerapkannya)

Menghasilkan konten berkualitas tinggi untuk setiap postingan blog memang terasa sulit. Sebagai seorang blogger, mengetahui beberapa trik content marketing dapat sangat membantu membuang-buang waktu.

Content Marketing untuk Meningkatkan Traffik Blog

Strategi content marketing sebenarnya cara yang sangat efektif digunakan untuk menumbuhkan blog Anda karena itu dapat megurangi biaya mempromosikan konten berbayar di sosial media.

Jika Anda mencari cara untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari upaya content marketing Anda, berikut adalah beberapa trik yang harus Anda ikuti.

1. Tetapkan Tujuan Tertentu

Semua upaya content marketing Anda akan sia-sia jika Anda tidak punya tujuan atau arah tertentu. Untuk mengembangkan blog Anda secara konsisten, Anda perlu bekerja untuk mencapai tujuan yang tepat.

Misalnya, pilih serangkaian tujuan yang mempromosikan pertumbuhan, bukan pencapaian. Buat konten yang menghasilkan 1000 prospek per bulan.

Kunci untuk mencapai sasaran-sasaran ini dan mempertahankan pertumbuhan blog Anda adalah mengukur ROI content marketing (laba atas investasi) kampanye Anda. Dan ya, bahkan ROI dari posting blog Anda dapat diukur.

Kumpulkan dan analisis ROI content marketing Anda dan tingkatkan sasaran rencana konten Anda setidaknya setiap tiga bulan untuk menjaga blog Anda tumbuh sepanjang tahun.

2. Kembalikan Konten Lama

Setelah menghabiskan berjam-jam membuat posting blog yang bagus, jangan hanya menerbitkannya dan lupakan saja. Ada banyak lagi yang dapat Anda lakukan dengan posting blog itu. Manfaatkan setiap bagian dari konten yang Anda buat dengan membuat berbagai jenis konten dari mereka.

Gunakan posting blog Anda untuk membuat video pendek YouTube, infografis, dan posting media sosial. Publikasi ulang posting blog Anda di platform lain seperti LinkedIn untuk menjangkau pemirsa baru.

Cara lain yang bagus untuk menggunakan kembali posting blog Anda adalah dengan membuat tayangan slide yang menyoroti poin-poin penting dari artikel Anda. Kemudian Anda dapat membagikan tayangan slide pada platform seperti Slideshare (https://www.slideshare.net/), yang menghasilkan lebih dari 80 juta pengunjung per bulan, untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda.

Daripada membuat 5 posting blog setiap minggu, mengapa tidak membuat 2 posting blog yang bagus dan mengubahnya menjadi 5 format konten yang berbeda? Ini akan membantu Anda menghemat waktu untuk menghasilkan konten baru dan memaksimalkan konten yang Anda buat.

3. Gunakan Alat Otomatisasi yang Tepat

Ketika berbicara tentang content marketing, hal pertama yang muncul di pikiran Anda adalah alat otomatisasi. Alat-alat seperti Buffer (https://buffer.com/) dan HootSuite (https://hootsuite.com/) memungkinkan bahkan orang tersibuk untuk menjaga jadwal posting aktif di saluran media sosial mereka. Tapi, alat apa yang terbaik untuk blog Anda?

Menemukan alat otomatisasi yang sempurna untuk menjadwalkan posting untuk akun media sosial Anda akan membantu Anda memaksimalkan uang dan upaya Anda. Misalnya, beberapa alat otomatisasi seperti CoSchedule (http://coschedule.com/) secara otomatis menjadwal ulang posting Anda untuk mengirimnya ke halaman Twitter dan Facebook Anda berulang kali untuk jangkauan yang lebih baik.

Juga, ingatlah untuk menjadwalkan posting Anda pada waktu yang tepat untuk mendapatkan hasil terbaik. Lebih penting lagi, jangan biarkan alat otomasi Anda melakukan semua pekerjaan. Masuk ke akun sosial Anda setidaknya sekali sehari untuk membalas pengikut setia Anda dan terhubung dengan audiens Anda.

4. Temukan Narasi Anda Sendiri

Saat memproduksi konten, apakah itu posting blog atau Tweet, selalu gunakan pendekatan Anda sendiri. Buat menjadi unik yang membuat audiens Anda langsung mengenali konten Anda di mana pun artikel kamu muncul.

Menggunakan narasi Anda sendiri untuk menceritakan kisah hebat yang dapat Anda gunakan untuk terhubung dengan audiens Anda melalui konten Anda sangat berpengaruh dalam strategi content marketing. Anda tidak harus selalu lucu juga. Empati sebenarnya jauh lebih kuat daripada humor. Gunakan kapan pun sesuai untuk membuat konten yang lebih menarik.

Kesimpulan

Tentu saja, ada banyak trik dan strategi lain untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari content marketing. Anda dapat menggunakan alat online seperti Canva (saya pribadi sangat menyukainya) untuk dengan cepat membuat grafik untuk posting media sosial Anda sebagai magnet utama.

Yang penting untuk diingat adalah untuk tidak pernah berhenti bereksperimen dengan strategi baru. Juga, kumpulkan data dan pelajari tentang audiens Anda. Ini satu-satunya cara untuk membuat konten yang lebih baik untuk audiens Anda.

-Tomy Saputra (iamtomys.web.id)