Aplikasi Penghemat Baterai dan Cara Menghemat Baterai yang sudah Boros

Diupdate Pada

Trik cara memperbaiki penggunaan baterai yang boros dengan menggunakan Aplikasi Penghemat Baterai terbaik untuk android dan ios 2022.

Di dunia digital ini, smartphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Kita tidak mungkin berharap untuk menjalankan hidup kita tanpanya. 

Dan jika kalian kecanduan dengan smartphone Kalian, hampir tidak mungkin untuk hidup tanpanya. Namun, baterai ponsel ini tidak bertahan selamanya, seperti yang kalian ketahui. 

Itu bisa menjadi masalah besar kadang-kadang, jika tidak setiap saat. Gue di sini hari ini untuk membantu kalian dengan itu. Pada artikel ini,

gue akan membagikan kepada kalian 7 aplikasi penghemat baterai terbaik untuk Android dengan peringkat. kalian akan tahu setiap detail kecil tentang mereka juga. Jadi, tanpa membuang waktu lagi, mari kita lanjutkan. Baca bersama.

Apakah Aplikasi Penghemat Baterai benar-benar dapat berfungsi?

Singkatnya, ya, aplikasi penghemat baterai tentunnya dapatberfungsi, dan membantu memperpanjang masa pakai baterai kalian hingga menjadi 20% lebih hemat.

Sebagian besar aplikasi penghemat baterai mematikan proses latar belakang dan membantu mengatur aplikasi apa yang diizinkan berjalan di latar belakang. 

Aplikasi ini juga mematikan Bluetooth, meredupkan kecerahan, dan beberapa penyesuaian lain yang membantu memperpanjang masa pakai baterai.

Kumpulan Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik untuk Android di Tahun 2022

Aplikasi Penghemat Baterai

Di bawah ini adalah beberapa aplikasi penghemat baterai terbaik untuk Android. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.

Battery Doctor

Aplikasi penghemat baterai pertama yang akan gue bicarakan dalam artikel ini adalah Battery Doctor. Dikembangkan oleh Cheetah Mobile, ini adalah salah satu aplikasi yang kaya akan fitur. Aplikasi ini ditawarkan secara gratis oleh pengembang. 

Beberapa fitur yang paling berguna dari aplikasi ini adalah profil berbeda yang mencakup hemat energi, hemat daya, dan monitor baterai. Aplikasi ini memungkinkan kalian menentukan dan menjadwalkan profil ini sendiri.

Dengan bantuan aplikasi ini, kalian dapat memeriksa status level baterai ponsel kalian dengan mudah. Selain itu, kalian juga dapat melacak aplikasi tertentu serta fungsi yang menghabiskan masa pakai baterai ponsel Kalian.

 Tidak hanya itu, kalian dapat menyesuaikan beberapa pengaturan yang menguras baterai kalian seperti Wi-Fi, kecerahan, data seluler, Bluetooth, GPS, dan banyak lagi.

Aplikasi ini hadir dalam berbagai bahasa – lebih dari 28 bahasa tepatnya. Selain itu, kalian dapat mengoptimalkan daya baterai dalam satu sentuhan.

Kelebihan:

  • Kemampuan untuk mengoptimalkan masa pakai baterai sesuai dengan jenis aplikasi Kalian
  • Menyesuaikan pengaturan tertentu
  • Antarmuka pengguna (UI) yang sederhana dan ramah pengguna
  • Mendukung lebih dari 28 bahasa

Kekurangan:

  • Aplikasi ini cukup berat, terutama jika dibandingkan dengan aplikasi lain.
  • Aplikasi menjadi lambat setiap kali menjalankan animasi
  • Kalian akan membutuhkan banyak izin sistem

Avast Battery Saver

Avast Battery Saver adalah aplikasi luar biasa untuk mengelola konsumsi daya serta untuk menghentikan tugas yang tidak perlu. Aplikasi ini kaya akan fitur, menambah manfaatnya. 

Dua fitur aplikasi yang paling berguna adalah pembunuh tugas dan lima profil konsumsi daya. Lima profil yang dapat kalian konfigurasikan adalah mode rumah, kantor, malam, pintar, dan darurat. Fitur seperti penampil aplikasi dan notifikasi dalam profil juga tersedia.

Aplikasi ini dilengkapi dengan satu sakelar utama. Dengan bantuan sakelar ini, kalian dapat menghidupkan atau mematikan aplikasi penghemat baterai dengan satu sentuhan jari. 

Teknologi cerdas internal menganalisis bagian mana dari masa pakai baterai yang tersisa dan mengomunikasikannya kepada kalian tentang hal yang sama, memastikan kalian tahu tindakan mana yang harus diambil.

Kelebihan:

  • Mengoptimalkan ponsel kalian sesuai kebutuhan jam dan sesuai dengan cadangan baterai Kalian
  • Antarmuka pengguna (UI) sederhana serta mudah digunakan. Bahkan seorang pemula tanpa latar belakang teknis dapat menguasainya dalam hitungan menit
  • Kalian dapat mengonfigurasi profil dengan mengoptimalkan baterai serta berdasarkan masa pakai baterai, lokasi, dan waktu.
  • Ada alat konsumsi aplikasi yang menemukan aplikasi yang paling banyak menghabiskan baterai dan menonaktifkannya secara permanen

Kekurangan:

  • Tidak semua fitur tersedia di versi gratis
  • Versi gratisnya juga terdiri dari iklan
  • Kalian akan membutuhkan cukup banyak izin sistem untuk menggunakan aplikasi

Monitor Baterai GSam

Aplikasi penghemat baterai berikutnya yang dapat kalian pertimbangkan adalah penghemat baterai GSam. Namun, aplikasi tidak akan melakukan apa pun untuk menghemat masa pakai baterai ponsel kalian sendiri. Sebaliknya, apa yang akan dilakukannya adalah memberi kalian detail spesifik mengenai penggunaan baterai Kalian. 

Selain itu, ini juga akan membantu kalian mengidentifikasi aplikasi tertentu yang paling menghabiskan masa pakai baterai Kalian. Dengan informasi yang baru ditemukan ini, kalian dapat dengan mudah mengambil tindakan pencegahan dan meningkatkan masa pakai baterai smartphone Kalian.

Beberapa data berguna yang ditampilkan adalah waktu bangun, penguncian layar, data CPU dan sensor, dan banyak lagi. Tidak hanya itu, kalian juga dapat melihat statistik penggunaan, penggunaan sebelumnya, perkiraan waktu pencarian untuk status baterai kalian saat ini, dan interval waktu.

Aplikasi ini tidak berfungsi dengan baik di versi Android terbaru. Namun, untuk mengimbanginya, ia hadir dengan pendamping root yang dapat kalian gunakan untuk mengumpulkan lebih banyak informasi.

Kelebihan:

  • Data untuk menunjukkan aplikasi mana yang paling menguras baterai smartphone Kalian
  • Memberi kalian akses ke banyak informasi, membantu kalian membuat keputusan yang tepat
  • Grafik untuk membantu kalian memvisualisasikan penggunaan baterai

Kekurangan:

  • Cukup memantau aplikasi dan tidak memiliki kendali apa pun atas mereka sama sekali
  • Antarmuka pengguna (UI) rumit dan membutuhkan waktu untuk membiasakannya
  • Mode yang dioptimalkan tidak tersedia pada versi gratis

Greenify

Aplikasi penghemat baterai berikutnya yang akan gue bicarakan adalah Greenify. Aplikasi ini ditawarkan secara gratis oleh pengembangnya. Apa yang dilakukannya adalah menempatkan semua aplikasi yang menguras baterai smartphone ke mode hibernasi. 

Ini, pada gilirannya, tidak memungkinkan mereka mendapatkan akses ke bandwidth atau sumber daya apa pun. Tidak hanya itu, mereka bahkan tidak dapat menjalankan proses latar belakang. Namun, kejeniusan aplikasi ini adalah setelah dihibernasi, kalian masih dapat menggunakannya.

Jadi, ini adalah pilihan kalian kapan pun kalian ingin menggunakan semua aplikasi dan saat kalian ingin menidurkannya. Yang paling penting seperti email, messenger, dan jam alarm, aplikasi lain yang memberi kalian informasi penting dapat tetap berjalan seperti biasa.

Kelebihan:

  • Tidak memakan banyak sumber daya ponsel, yaitu CPU/RAM
  • Kalian dapat mengubah pengaturan sesuai dengan setiap aplikasi yang berbeda
  • Kalian tidak perlu memberikan informasi pribadi apa pun
  • Kompatibel dengan sistem operasi Android dan iOS

Kekurangan:

  • Terkadang, sulit untuk mengetahui aplikasi yang paling membutuhkan hibernasi
  • Menangani aplikasi ini agak rumit dan membutuhkan waktu dan usaha
  • Dalam versi gratis, aplikasi tidak mendukung aplikasi sistem

AccuBattery

Aplikasi penghemat baterai lain yang harus kalian pertimbangkan adalah AccuBattery. Muncul dengan versi gratis maupun berbayar. Dalam versi gratis, kalian akan mendapatkan fitur seperti memantau kesehatan baterai ponsel Kalian. 

Selain itu, aplikasi ini juga meningkatkan masa pakai baterai, berkat fitur-fitur seperti alarm pengisian daya dan keausan baterai. kalian dapat memeriksa kapasitas baterai smartphone kalian secara real-time dengan bantuan alat accu-check baterai. Fitur ini memungkinkan kalian melihat waktu pengisian daya dan waktu penggunaan yang tersisa.

Datang ke versi PRO, kalian akan dapat menyingkirkan iklan yang sering mengganggu di versi gratis. Tidak hanya itu, kalian juga akan mendapatkan akses ke informasi real-time terperinci tentang baterai serta penggunaan CPU. Selain itu, kalian juga cenderung mencoba banyak tema baru.

Aplikasi ini juga memiliki fitur yang memberi tahu kalian tentang tingkat pengisian baterai yang optimal – 80 persen menurut aplikasi. Pada titik ini, kalian dapat mencabut telepon kalian dari port pengisian daya atau stopkontak.

Kelebihan:

  • Monitor serta memperpanjang masa pakai baterai
  • Informasi mendetail tentang baterai dan penggunaan CPU
  • Alat baterai accu-check memeriksa kapasitas baterai secara real-time
  • Memberi tahu kalian tentang tingkat pengisian baterai yang optimal

Kekurangan:

  • Versi gratis dilengkapi dengan iklan
  • Antarmuka pengguna cukup ribet dan mungkin agak sulit untuk ditangani pada awalnya.

Servicely

Jika kalian mencari aplikasi penghemat baterai hanya untuk root, Servicely adalah yang kalian butuhkan. Aplikasi menghentikan semua layanan yang terus berjalan di latar belakang, sehingga memperpanjang daya baterai. 

Selain itu, kalian juga dapat mencegah aplikasi jahat merusak ponsel Kalian. Tidak hanya itu, aplikasi juga menghentikan mereka dari sinkronisasi setiap saat. Fitur ini sangat berguna jika kalian ingin memiliki aplikasi tertentu di ponsel Kalian, tetapi tidak ingin menyinkronkannya. 

Aplikasi ini juga kompatibel dengan aplikasi pendeteksi wakelock. kalian dapat menyesuaikan aplikasi secara ekstensif dan ada banyak fitur agar aplikasi berfungsi dengan baik. Namun, kalian mungkin mengalami keterlambatan dalam notifikasi. Aplikasi ini hadir baik versi gratis maupun berbayar.

Kelebihan:

  • Menghentikan layanan yang berjalan di latar belakang, memperpanjang daya baterai
  • Mencegah aplikasi jahat merusak ponsel Kalian
  • Tidak membiarkan aplikasi ini disinkronkan otomatis
  • Sangat dapat disesuaikan dengan banyak fitur

Kekurangan:

  • Terdapat keterlambatan notifikasi

Penghemat Baterai 2022

Selanjutnya ada aplikasi Penghemat Baterai 2022. Aplikasi ini menggunakan beberapa pengaturan dan fitur sistem untuk menghemat masa pakai baterai Kalian. Selain itu, ini juga berfungsi untuk memperpanjang masa pakai baterai. 

Di layar utama, kalian akan menemukan opsi seperti sakelar mode penghemat daya, status baterai, statistik tentang baterai, waktu pengoperasian, dan matikan untuk beberapa pengaturan.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan mode tidur dan kustom. Mode ini memungkinkan kalian untuk menonaktifkan radio perangkat. Bersamaan dengan itu, kalian juga dapat mengonfigurasi pengaturan profil penggunaan daya kalian sendiri.

Fitur berguna lainnya adalah kalian sebenarnya dapat menjadwalkan mode hemat daya pada waktu yang berbeda di siang atau malam hari termasuk bangun, tidur, bekerja, dan banyak waktu penting lainnya sesuai pilihan Kalian.

Kelebihan:

  • Memungkinkan kalian mengontrol aplikasi yang menguras baterai dengan mudah
  • Memantau serta menonaktifkan perangkat yang menghabiskan daya baterai
  • Mode hemat daya yang berbeda untuk berbagai kebutuhan
  • Gratis dengan antarmuka pengguna (UI) yang sederhana dan mudah digunakan

Kekurangan:

  • Iklan satu halaman penuh cukup menjengkelkan
  • Keterlambatan pada animasi

Cara Menghemat Baterai Tanpa Aplikasi

cara menghemat baterai yang sudah boros

Selain menggunakan aplikasi, memang ad acara mudah lainnya yang bis akita lakukan agar ponsel kita tetapi bisa optimal terutama pada penggunaan baterai, terlebih lagi disaat kita sedang berpergian atau berada diluar dan tidak membawa charger ponsel.

Beberapa tips dan trik yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut:

  • Copot pemasangan aplikasi yang tidak kalian gunakan lagi
  • Kurangi kecerahan layar Kalian
  • Gunakan WiFi alih-alih (jika tersedia)
  • Matikan Bluetooth & GPS saat tidak digunakan
  • Nonaktifkan getaran atau umpan balik haptic
  • Jangan gunakan Wallpaper Animasi
  • Jangan main-main
  • Gunakan mode hemat baterai

Rekomendasi Artikel seoblog.id:

Ahir Kata

Ini adalah setiap informasi yang perlu kalian ketahui tentang aplikasi penghemat baterai terbaik untuk Android di tahun 2022 ini. Gue benar-benar berharap artikel ini memberi kalian banyak nilai. 

Sekarang setelah kalian dilengkapi dengan pengetahuan yang diperlukan, gunakanlah sebaik mungkin. Hemat baterai smartphone Android kalian agar dapat digunakan selama berjam-jam.

Originally posted on March 1, 2022 @ 3:56 pm