Penyebab Android Lebih Lemot dari iPhone (Apple VS Android)

Udah tau belum kalian bahwa ada banyak sekali Penyebab Android Lebih Lemot dari iPhone dan ini menjadi banyak perdebatan netizen dari seluruh dunia.

Banyak para pengguna android memang lebih membangga-banggakan ponselnya dari para pengguna iphone, dan bergitu juga sebaliknya.

Namun faktanya benar adanya bahwa keunggulan iphone itu bisa lebih smooth dan juga lebih kencang saat digunakan dalam menjalankan apapun.

Sebenarnya ini masalah yang sudah lama, dan disini kami bermaksud akan meluruskan hal tersebut, karena ini sangat membuat kami ingin menjelaskan mengapa iphone lebih ngebut dari pada android.

Meskipun memang tidak fair jika di bandikan dengan harganya, namun disini kami mengambil studi kasus dengan perangkat yang memang setara spesifikasinya.

Kalau untuk masalah harga, memang iphone terlampau jau lebih mahal dari pada android dan itulah yang membuat ini tergolong tidak adil.

Akan tetapi memang saat ini sudah banyak toh hp android yang lebih mahal dan hampir setara harganya dengan iphone.

Maka dari itu kalian simak dulu penjelasan dari kami tentang Penyebab Android Lebih Lemot dari iPhone yang perlu kalian pahami.

Faktor Penyebab Android Lebih Lemot dari iPhone dari segala Sisi

Penyebab Android Lebih Lemot dari iPhone

Artikel lainnya:

Berikut adalah berbagai sebab dan juga jawaban mengapa iphone lebih kencang dari hp android yang ada di pasaran.

1. OS (System Operasi)

Yang pertama dan paling membedakan adalah os atau sistem operasinya yang sangat jauh berbeda dari android dan iphone.

IOS dirancang hanya untuk perangkat buatan apple saja dan salah satunya di iphone yang sangat terasa lebih simpel dan elegan.

Sedangkan android os nya itu bermacam-macam dan di di buat untuk berbagai macam merek dan jenis ponsel.

Hal itulah yang membuat mengapa apple jauh lebih bisa menyaingi android meskipun spesifikasinya sudah jadul di perangkat model lamanya.

2. Manajemen RAM

Di iphone, memang dirancang agarsistem operasinya bisa menjalankan aplikasi dan sistem lainnya tanpa banyak memakan penggunaan ram.

Ini wajar jika kita lihat rata-rata iphone memiliki ram yang kecil dan sering dianggap remeh oleh para pengguna android.

Jauh berbeda dengan android yang mengusung ram yang besar-besar mulai dari 4gb, 6gb, 8gb bahkan belum lama ini muncul ponsel android yang mengusung ram hingga 18 gb.

Dan seketika itu banyak yang kaget dengan kapasitas ram yang besarnya itu berkali-kali lipat dari iphone seri teratas sekalipun.

Meskipun demikian hal itu tidak membuat para apple fanboy pengguna seri terbaru merasa tersaingi, karena iphone masih bisa menyamakan kedudukannya dan performanya dengan android tersebut.

Dan karena manajemen ram dari ios sendiri yang sangat optimal dan tidak perlu mengusung ram besar sehingga ini dapat dikatakan iphon jauh lebih baik.

3. Perbandingan Ram iphone dengan Android

Untuk perbandingan ram iphone dengan android itu memang sangat jauh berbeda, dan kami telah mendapatkan data dari para pengembangnya.

Berikut adalah perbandingan memori ram iphone dengan android:

  • 1 gb ram di iphone setara dengan 3 gb Ram di android
  • 2 gb ram di iphone setara dengan 6 gb Ram di android
  • 3 gb ram di iphone setara dengan 8 gb Ram di android
  • 4 gb ram di iphone setara dengan 12 gb Ram di android

Begitupun seterusnya, inilah perbandingan yang sangat jelas dan sangat terasa.

Dan untuk saat ini ram iphone yang terbesar hanya 6gb, kita tunggu saja nanti setelah update seri iphone terbarunya lagi.

4. Jenis Memori

Yang selanjutnya adalah perbedaan yang dapat membuat iphone jauh lebih unggul ketimbang android terletak pada jenis memori penyimpanannya.

Dimana di iphone mengusung jenis NVME yang mana ini terkenal dengan kecepatan baca/tulis tercepat saat ini.

Dan iphon mulai dari ponsel lamanya sudah mengusung jenis memori NVME yang membuatya terasa cepat dan performanya kencang.

Beda halnya dengan perangkat android yang hanya mengusung jenis memori UFS 3.1 yang masih dirasa belum bisa menyaingin teknologi NVME yang dimiliki iphone.

Jadi ini sudah bisa terlihat dengan data yang dihasilkan oleh jenis memorinya sendiri dan inilah penyebab apple lebih cepat.

5. Procesor

Yang selanjutnya adalah jenis teknologi prosesor yang diusung oleh android dan apple ini adalah salah satu yang paling terasa.

Apple kini telah mengeluarkan teknologi terbaru dimana mereka membuat procesor sendiri dengan jenis atau seri M chip.

Dimana jenis procesor ini terbukti jauh berkalikali lipat kencangnya dari pada seri sebelumnya yang kini tertanan pada iphone seri terbaru.

Dan chip terbaru ini mampu menyaingin procesor andalan para pengguna android seperti snapdragon dan sebagainya.

Dan selain jauh lebih cepat, procesor ini memiliki kehematan daya dan juga lebih efisien sehingga apple hanya mengusung baterai yang jauh lebih kecil namun dapat menyaingin baterai usungan android yang kini mencapai lebih dari 5000 mah.

Artikel lainnya:

Kesimpulan

Memang secara harga ini tidak bisa di bandingkan, dimana apple memang terkenal lebih mahal dari pada android.

Akan tetapi jika di bandingkan dengan ponsel android yang sudah menyentuh angka puluhan juta, apple masih belum bisa tersaingi.

Jadi itulah beberapa alasan yang sangat logis dan memang fakta yang kami rasakan setelah mencoba kedua ponsel andalan dari masing-masing ponsel.

Memang untuk masalah fungsi itu tidak bisa dibandingkan dan itu tergantung keinginan masing-masing dari kalian.

Namun disini kami lebih setia menggunakan iphone untuk kebutuhan sehari-hari sedangkan android lebih untuk pekerjaan.

Jadi bagaimana menurut kalian? tim apple atau tim android ? semuanya sama-sama bagus kok hehe.