Cara Menghidupkan HP Android Tanpa Tombol Power

Cara Menghidupkan Hp Android yang Rusak tanpa tombol power tidak perlu ke tukang service (untuk semua merek dan type hp android.

Setiap ponsel dibuat dan didesain untuk bekerja dan tahan untuk waktu yang lama. Tetapi ada salah satu masalah yang sering sekali didapati pada HP yang kita miliki dan salah satunya ialah masalah pada tombol power yang tidak normal atau rusak.

Tombol power yang tidak berfungsi dengan baik atau rusak dapat menyebabkan banyak masalah dan dapat membuat HP Kalian tidak dapat digunakan. 

Namun, tombol power yang tidak rusak bukanlah satu-satunya alasan mengapa seseorang mungkin tidak ingin menggunakannya.

Bagi sebagian orang, menekan tombol power setiap kali untuk menghidupkan layar HP terasa tidak nyaman. Tidak masalah mengapa Kalian ingin menyalakan layar HP tanpa menggunakan tombol power, Kalian dapat menggunakan cara mudah untuk mencapainya.

Disini kami akan membagikan berbagai cara untuk menghidupkan hp Kalian tanpa menggunakan tombol power yang akan saya sebutkan sepenuhnya gratis. 

Jadi, jika Kalian ingin membuka kunci atau menghidupkan HP Android tanpa tombol power, kalian simak saja postingan ini untuk mempelajari berbagai cara melakukannya.

Note: Untuk mengikuti cara di bawah ini, pastikan Kalian harus sudah membuka kunci HP Kalian. Jika tidak, maka isi daya telepon dan layar akan secara otomatis menyala. 

Karena Ini bukan untuk digunakan dalam jangka panjang, tetapi ini akan membantu menyelesaikan masalah yang sering terjadi pada HP yang tombol powernya rusak.

3 Cara Menghidupkan HP Android Tanpa Tombol Power 100% Work

Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power

Artikel Lainnya:

Cara ke 1: Aktifkan gerakan ketuk dua kali untuk menghidupkan layar ponsel

Salah satu cara termudah dan tercepat untuk menghidupkan HP Android Kalian tanpa menggunakan tombol power adalah dengan mengaktifkan gerakan ketuk dua kali di pengaturan. 

Sekarang tergantung pada merek Ponsel pintar yang Kalian miliki, lokasi pengaturan ini mungkin berbeda. Pada beberapa perangkat, Kalian dapat menemukan opsi Smart Assistance di menu pengaturan utama. 

Namun, di sebagian besar HP pintar Android China seperti xiaomi dan Samsung lainnya, fitur ini mungkin tersedia dalam pengaturan Lanjutan atau Tambahan.

Setelah berada di menu Motion Control atau Motions and Gesture , cari opsi Double Touch dan aktifkan.

cara menghidupkan hp tanpa tombol power

Sekarang Kalian dapat mengetuk dua kali layar terkunci untuk menghidupkan layar HP Android Kalian.

Cara ke 2: Rubah Tata Letak Tombol Power HP Android Kalian (Remap)

Jika Kalian tidak dapat menemukan fitur ketuk dua kali untuk menghidupkan layar di pengaturan HP Android Anda, ada cara alternatif untuk menghidupkan layar tanpa menggunakan tombol power.

Beberapa aplikasi tersedia di Google Play Store yang memungkinkan Kalian memetakan kembali tombol power HP Android Kalian ke tombol kontrol volume.

Saya sarankan menggunakan Button Mapper untuk memetakan kembali tombol power Android Kalian karena tidak perlu me-rooting HP Kalian. 

Button Mapper persis seperti namanya. Aplikasi kecil namun berguna ini memungkinkan Kalian untuk memetakan kembali tombol power HP Android Kalian sehingga Kalian dapat menggunakan tombol volume untuk menghidupkan layar yang terkunci. 

Bagian terbaik dari aplikasi ini adalah aplikasi ini benar-benar gratis dan Kalian tidak perlu me-root HP Kalian untuk memetakan kembali tombol-tombolnya.

Saat Kalian mendownload Button Mapper, ini menunjukkan semua tombol yang tersedia di perangkat Android Kalian yang dapat Kalian gunakan sebagai tombol power.

Misalnya, jika Kalian ingin menggunakan tombol volume sebagai tombol power, Kalian dapat mengetuk opsi Tombol Volume yang tersedia di daftar tombol dan mengatur tombol volume untuk menyalakan layar. 

menghidupkan hp yang tombol powernya rusak

Jadi sekarang, ketika Kalian menekan tombol volume yang dipetakan ulang, itu akan berfungsi sebagai tombol power. Kalian bahkan dapat menggunakan tombol volume untuk mematikan layar.

Cara ke 3: Gunakan Sensor Sidik Jari HP

Jika tombol power HP tidak berfungsi, Kalian selalu dapat menggunakan sensor sidik jari HP untuk menghidupkan layar dan membuka kuncinya secara bersamaan.

Jika Kalian belum mengatur verifikasi biometrik di HP Android Anda, Kalian dapat melakukannya dengan mudah dari pengaturan.

Buka menu Pengaturan dan temukan opsi Sidik Jari di pengaturan untuk mengatur verifikasi biometrik. Kalian harus terlebih dahulu menyiapkan kunci layar sebelum membuat kunci sidik jari. 

Sekarang, setiap kali Kalian meletakkan ujung jari Kalian pada sensor sidik jari, HP Kalian akan secara otomatis menyalakan layar dan membuka kuncinya secara bersamaan.

Ini mungkin bukan perbaikan permanen, tetapi ini memungkinkan Kalian untuk tetap menggunakan HP hingga tombol power diperbaiki.

Cara ke 4: Gunakan Aplikasi Untuk Mematikan Layar Kunci

Jika tombol power HP Kalian berhenti berfungsi alias rusak, Kalian mungkin tidak dapat mematikan layar saat diperlukan. Ini dapat berubah menjadi mimpi buruk privasi karena Kalian tidak ingin membiarkan HP Kalian tidak terkunci untuk waktu yang lama.

Selain menyetel durasi penguncian layar otomatis yang lebih pendek, Kalian dapat mendownload aplikasi untuk mengunci layar tanpa menggunakan tombol power.

Screen Off and Lock adalah aplikasi gratis yang dapat Kalian unduh di HP Android Anda, dan ini menunjukkan tombol di layar Kalian yang dapat Kalian ketuk untuk mengunci layar HP Kalian kapan saja.

Artikel Lainnya:

Kesimpulan 

Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa satu-satunya cara untuk mengatasi tombol power yang rusak adalah dengan memperbaikinya dari counter service ponsel terdekat.

Karena untuk perbaikan tombol power itu sebenarnya tidaklah mahal, untuk beberapa smartphone mungkin kalian hanya harus mengeluarkan uang sekitar 50 hingga 100rb rupiah saja.

Namun untuk cara yang disebutkan di atas hanya akan membantu Kalian sampai Kalian dapat membawa telepon Kalian untuk diperbaiki.

Untuk cara yang paling saya sukai disini adalah dengan menggunakan fitur gerakan bawaan HP. Karena cara ini tidak mengharuskan Kalian mendownload dan menjalankan aplikasi tambahan apa pun di latar belakang, menghemat masa pakai baterai.

Silahkan dicoba ya, semoga membantu.